“WAJAH” LAIN BALI

Indonesia masih memiliki banyak tempat wisata alam yang masih alami seperti pantai, air terjun, gunung berapi dan pegunungan, serta laut yang biru jernih. Lombok adalah salah satu tempat di mana Anda bisa melihat semua itu.

Lombok berada di timur Bali dan menjadi tetangga terdekat dengan pulau yang dijuluki “Pulau Dewata” tersebut. Berbeda dengan Bali, Lombok menawarkan sesuatu yang berbeda, yaitu keaslian alami daerah tersebut dan pergerakan kehidupan yang terasa lebih lambat. Ini tentu saja menjadi adalah daya tarik pulau ini. 

Meski demikian, Lombok pun memiliki kesamaan dengan Bali, yaitu atmosfernya. Pulau seluas total 4.514 km² tersebut mengembalikan ingatan pengunjung pada Bali beberapa tahun yang lalu. Kesamaan ini pun dikuatkan pada sejarah dan budaya kedua pulau tersebut. Lombok dan Bali memiliki kedekatan layaknya saudara kandung. Tidak mengherankan jika Lombok sering disebut-sebut sebagai “wajah” lain Bali.

Lombok memiliki banyak ruang terbuka yang luas, pantai yang masih alami, dan lalu lintas serta polusi yang jauh lebih sedikit. Dengan pantai-pantai untuk selancar di bagian selatan, teluk yang luas dan perairan yang tenang di pantai barat dan barat laut, serta daerah pegunungan, Lombok menawarkan berbagai destinasi bagi para wisatawan yang berjiwa petualang. Mendaki Gunung Rinjani yang spektakuler, mengunjungi Desa Senaru atau Sembalun Lawang, menikmati sejuknya kaki bukit Tetebatu dan Sapit yang kecil, atau bermain di pantai-pantai Lombok yang masih alami, hanyalah beberapa kegiatan yang bisa dilakukan oleh para wisatawan di pulau ini.

Perjalanan seharian ke salah satu dari tiga Pulau Gili yang terletak di lepas pantai barat laut juga menjadi tujuan favorit yang mesti diwujudkan. Pulau-pulau ini menawarkan perairan berwarna biru kehijauan seperti surga yang melingkari pantai-pantai putihnya. Kendaraan bermotor tidak diperbolehkan masuk ke 3 pulau ini, yaitu Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air, yang mendukung pelestarian keindahan alam

Mataram, yang merupakan ibukota provinsi Nusa Tenggara Barat, dan Senggigi, merupakan daerah terpadat di Lombok. Senggigi terkenal dengan pantainya yang menghadap ke barat yang indah dan merupakan pusat wisata di pulau ini. Wilayah yang bisa dijangkau sekitar 15-20 menit ke utara Mataram ini memiliki hotel dan restoran yang bernilai tinggi, serta menawarkan kehidupan malam. Banyak wisatawan memanfaatkan Senggigi ini sebagai tempat untuk menginap, melakukan perjalanan sehari ke air terjun, Kepulauan Gili, dan menjelajahi desa-desa autentik, pura, dan habitat hutan yang semuanya dapat dicapai dalam beberapa jam perjalanan.

Tiga tahun lalu, pilihan wisata di Lombok pun bertambah seiring dibukanya Kawasan Ekonomi Khusu (KEK) Mandalika. Kawasan ekonomi khusus untuk pariwisata dengan luas 1.035 hektare tersebut menawarkan potensi wisata alam baru, yaitu Pantai Kuta, Pantai Serenting, Tanjung Aan, Pantai Kelieuw, dan Pantai Gerupuk. KEK Mandalika merupakan satu dari 10 destinasi super prioritas di Indonesia.

Lombok kini mendapat pengakuan intenasional sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di dunia. Situs travel terbesar dunia TripAdvisor telah merilis daftar Best of The Best in Travel, Travelers Choice Awards 2024. Dalam daftar yang berkategori Best Nature Destinations in the World 2024, Bersama Halong Bay, Vietnam, Lombok menjadi 2 perwakilan Asia yang menduduki 5 besar sebagai destinasi terbaik. Halong Bay menempati posisi kedua dan Pulau Lombok berada di posisi ke 5.

TripAdvisor bahkan menegaskan bahwa popularitas Lombok sebenarnya bisa lebih besar dari pencapaiannya saat ini seandainya lokasi tidak berada di sebelah Bali. Nama Lombok seakan kalah gaungnya jika dibandingkan dengan Pulau Dewata tersebut. Meski demikian, mereka yang pernah berkunjung ke sana tentunya akan mengakui bahwa Lombok adalah “Pulau Bali”, tetapi dengan vibe yang berbeda.

KAPAN WAKTU YANG TEPAT KE SANA

Lombok lebih kering dibandingkan dengan pulau tetangganya, Bali. Jadi, bahkan selama musim hujan dari Oktober hingga April, Lombok tetap menjadi tujuan wisata yang menarik. Ketika hujan turun, biasanya hujan akan reda dalam waktu satu atau dua jam saja. Puncak musim turis di Lombok adalah Mei hingga Agustus. Di waktu itu, hotel, pantai dan objek wisata di wilayah itu menjadi lebih sibuk.

 

DESTINASI FAVORIT: 

PULAU-PULAU GILI 

Pantai di Gili Trawangan, credit: iStock

Bagi para pelancong, pulau-pulau Gili adalah tujuan yang wajib dikunjungi dari Lombok. Ketiga pulau tersebut, Gili Air, Gili Trawangan dan Gili Meno, terletak di lepas pantai utara Lombok. Pantai berpasir putih, pohon kelapa, dan laut biru kehijauan adalah surga yang ditawarkan di pulau-pulau ini. Setiap pulau memiliki gayanya sendiri: Gili Air menawarkan karakter lokal; Gili Trawangan, yang merupakan pulau terbesar dan paling banyak dikunjungi dari ketiga pulau tersebut, dikenal sebagai pulau pesta; dan Gili Meno adalah pulau gurun yang sebenarnya, sempurna untuk menyepi dari segalanya. Pulau-pulau Gili sangat populer untuk menyelam dan snorkeling, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk sekadar bersantai, berenang, atau berpesta.

GUNUNG RINJANI 

Gunung Rinjani, credit: iStock

Gunung Rinjani adalah gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Rinjani mendominasi lanskap Pulau Lombok. Di dalam kaldera seluas 50 km² terdapat danau kawah yang disebut Segara Anak, yang berarti Anak Laut. Selain mendaki di Gunung Rinjani, pengunjung juga bisa menikmati flora dan fauna tropis di taman nasionalnya.

Desa Sembalun

Desa Sembalun, credit: iStock

Sembalun sebenarnya adalah nama sebuah kecamatan di Lombok Timur. Berjarak sekitar 2,5 jam dari kota Mataram, Sembalun memiliki 6 desa, yang salah satunya memiliki nama sama dengan kecamatan tersebut, dan hanya berjarak 250 meter dari ibu kota kecamatan.

Desa yang terletak di kaki gunung Rinjani tersebut menyodorkan beberapa destinasi yang menraik perhatian para wisatawan yang berkunjung. Ada beberapa objek wisata yang akan Anda temui di Desa Sembalun,  yaitu

Desa adat Belek Suku Sasak, yang hanya berjumlah 7 rumah dengan 7 tangga ke rumah dan dan 7 para (tempat penyimpanan barang-barang), kebun strawberry Desa Sembalun, Rumah Tenun Sembalun, Bukit Selong, dan Bukit Siswa.

AIR TERJUN SENDANG GILE & TIU KELEP  

Air Terjun Sendang Gile di Lombok, credit: iStock

Di Air Terjun Sendang Gile, Anda dapat mandi di bawah air dingin yang segar, atau berendam dan berenang di kolam alami di Tiu Kelep. Setelah mengunjungi air terjun, lakukan perjalanan ke desa tradisional Senaru di dekatnya untuk melihat suku asli Lombok.

PANTAI-PANTAI DI LOMBOK 

Pantai Senggigi, credit: iStock

Lombok memiliki begitu banyak pantai. Selain pantai Senggigi yang terkenal, Kuta Selong Belanak, Mawun, Tanjung Aan, dan Sire, ada juga banyak pantai terpencil dan masih asri yang menunggu untuk disambangi.

Bukit Merese

Bukit Merese, credit: iStock

Bukit Merese merupakan bukit yang mengelilingi Pantai Tanjung Aan. Karena itu, ketika berkunjung ke Pantai Tanjung Aan, sebaiknya bertandang pula ke bukit yang populer di kawasan itu. Anda dapat menikmati pemandangan langit dan laut, serta bahkan menyaksikan keindahan sunset saat sore hari. 

 

(Penulis: Yulius Martinus | OB Golf)

Share with

More News

Pemenang Open Championship 2024 akan Terima US$3,1 Juta!

Berburu Emas di Padang Le Golf National

Celebrity Pro-Am: Upaya Combiphar Tularkan “Virus” Golf di Kalangan Selebritas

Kompetisi The Indonesia Pro-Am akan Digelar untuk Kedua Kalinya

Digital Edition

COVER JUN JUL 2024
June - July 2024

Berburu Emas di Padang Le Golf National

Screenshot 2024-04-05 131223
April - May 2024

Kunjungan Ke Dua Destinasi Major

Screenshot 2024-02-05 at 13.13.38
February - March 2024

Pemain Terbaik Indonesia Musim 2023

Cover
December 2023 - January 2024

Juara Sejati di Jagat Golf Indonesia