Untaian Pulau-pulau Nirwana

Maladewa, atau dikenal dengan nama asing Maldives, merupakan surga bagi para pelancong wisata bahari. Terletak di barat daya Sri Lanka dan India, Maladewa adalah sebuah rantai pulau-pulau cantik di Samudra Hindia-Laut Arab yang terdiri dari 26 atol.

Rangkaian pulau-pulau cantik ini menggambarkan nama Maldives sesungguhnya, yang dalam bahasa Sinhala bermakna “untaian pulau-pulau”. Berlokasi di tengah Samudra Hindia-Laut Arab ini, Maladewa dikenal sebagai destinasi diving kelas dunia, dan juga tempat wisata yang menyodorkan keindahan pantai-pantainya yang berbalut pasir putih dengan laut yang berwarna biru kristal berhiaskan beragam kehidupan laut. Tidak mengherankan jika negara terkecil di benua Asia ini menyediakan berbagai akomodasi, dari bungalow dan resor privat, cottage, apartemen, hingga guest house bagi para backpacker, yang memanjakan para turis untuk melupakan sejenak rutininas sehari-hari.

Ketika menginjakkan kaki di Maladewa, Male menjadi tempat perhentian pertama. Kota yang merupakan ibu kota negara ini merupakan pusat kebudayaan Maladewa. Terletak di ujung selatan Atol Male Utara, kota seluas 1,95 km2 ini menampilkan lusinan bangunan pastel berwarna-warni dan restoran lokal yang ramah di lidah para wisatawan.

Kehidupan masyarakat lokal Male terasa lebih berwarna, dipengaruhi budaya negara-negara yang berdekatan seperti India, Thailand, dan kawasan Timur Tengah. Atmosfer ini akan terasa saat Anda menjajal masakan lokal, jalan-jalan berkeliling desa, mengunjungi pusat kerajinan lokal, mengunjungi situs warisan, ataupun menonton pertunjukan budaya. Sayangnya, di luar itu, Male tidak menyodorkan banyak area untuk cuci mata.

Photography : iStock

Daya tarik wisata Maladewa yang bisa dieksplorasi justru berada di luar Male. Selain Male, beberapa pulau yang berpenghuni adalah Maafushi, Biyadhoo, dan Vaadhoo. Perjalanan ke pulau-pulau yang dituju melalui tiga transportasi: feri, speedboat, dan sea plane, yang masing-masing memiliki harga tersendiri.

Dengan 1.192 pulau karang yang berada dalam 26 atol, tersebar dalam luas area sekitar 90.650 km2 di Samudera Hindia, Maladewa memberikan banyak pilihan bagi para pelancong dalam menikmati liburannya. Dengan luas daratan 298 km2, Maladewa bertaburkan pantai-pantai indah tanpa garis yang permanen. Pasir putih dan laut biru yang juga asri dan natural, ditambah lagi tanpa karang atau apa pun yang mengganggu pemandangan cakrawala, merupakan keunggulan pantai-pantai di Maladewa.

Maladewa pun menjadi magnet bagi para diver dan penyuka snorkeling. Air lautnya yang jernih memberikan keleluasaan bagi siapa pun yang ingin mengeksplorasi kehidupan di laut. Kekayaan dan keanekaragaman di bawah laut ini mengagumkan; dinding-dinding karang yang mempesona, gua-gua yang indah dan deretan ikan- ikan tropis berwarna cerah menunggu Anda ketika berada di terumbu bawah sana.

Dengan segala kelebihannya ini, Maladewa menyodorkan berbagai pengalaman yang tidak terlupakan dan juga mengundang rasa penasaran bagi wisatawan untuk kembali lagi.

 

TEMPAT FAVORIT

Photography : iStock

Kurumba Maladewa

Kurumba adalah resor bintang lima di Pulau Vihamanaafushi. Sebagai resor pertama di Maladewa, Kurumbamerupakan salah satu pulau favorit untuk keluarga. Berada di Atol Male Utara, Kurumba bisa itempuh dengan speedboat dalam waktu 10 menit dari bandara. Dengan laguna berwarna pirus yang berkilauan dan pasir putih lembut, Kurumba memberikan petualangan di air (snorkeling, ski air, dan menyelam) yang tidak berkesudahan.

Photography : iStock

Nalaguraidhoo Beach

Pantai Nalaguraidhoo merupakan salah satu pantai paling populer di Maladewa. Keindahan pantai ini dengan perairan biru memang sulit dilukiskan dengan kata-kata. Selain menjadi tempat favorit untuk berenang dan berjemur, pantai yang indah ini menawarkan beberapa snorkeling terbaik di Maladewa.

Photography : iStock

Banana Reef

Berlokasi di Atol Male Utara, Banana Reef ini merupakan salah satu terumbu tertua yang dikenal di dunia internasional sebagai area terbaik untuk menyelam. Dihiasi dengan gua-gua yang menakjubkan, tebing yang megah, dan karang-karang yang indah, Banana Reef menampilkan beberapa spesies ikan eksotis, dan kehidupan laut lainnya.

 

Share with

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on email

More News

Fakta di Balik Jeeno

Dari Wonderteen ke Wonderwoman

Musim Lengkap untuk McIlroy

Turnamen Khusus Kedi Se-Jawa dan Bali

Digital Edition

October - November 2022

Keputusan Berani Smith

Manifestasi Mimpi 3 Dekade
August - September 2022

Manifestasi Mimpi 3 Dekade

Major Selanjutnya Master Scottie?
June - July 2022

Major Selanjutnya Master Scottie?

Dunia Mengakui The Goat
April - May 2022

Dunia Mengakui The Goat