Tugas Berat Enam Punggawa Nasional

Simone Asia Pacific Cup 2023 yang akan berlangsung pada Desember nanti akan diikuti para bintang golf se-Asia Pasifik. Ada 2 nomor yang dipertandingkan: individual dan beregu.

Pada 21-23 Desember ini, turnamen profesional wanita internasional dengan nama “Simone Asia Pacific Cup” akan berlangsung di Pondok Indah Golf Club. Kompetisi golf profesional wanita se-Asia Pacific akan menghadirkan 58 pegolf dari 16 negara, termasuk empat negara kuat seperti Korea, Jepang, Thailand, dan Filipina.

Jagoan Filipina Princess Mary Superal akan datang untuk mempertahankan gelar. Bersama Bianca Pagdaganan, Superal akan menjadi lawan kuat untuk kategori tim. Bintang-bintang Korea, seperti Da Yeon Lee, Rookie of the Year Min-byul Kim, dan Youmin Hwang, pun akan hadir di Jakarta. Raksasa Thailand Atthaya Thitikul yang merupakan pegolf No. 9 Dunia telah memastikan kehadirannya di Simone Asia Pacific Cup edisi kedua di Indonesia.

Sementara itu, Jepang pun akan menurunkan skuad terbaiknya, termasuk pegolf No. 17 Dunia Nasa Hataoka. China Taipei akan diperkuat pegolf kakak-beradik, Vivian Hou and Yu-Sang Hou, dan juga dua kali juara Japan LPGA Tour Pei-Ying Tsai dan Peiyun Chien.

Bagaimana dengan Indonesia? Tuan rumah akan mengirimkan 6 pegolf wanita terbaiknya. Mereka adalah Ida Ayu Melati Putri, Patricia Sinolungan, Putri Aisyah Amani, dan Inez Beatrice Wanamarta, serta dua amatir Indonesia: Kristina Natalia Yoko dan Elaine Widjaja. Kecuali Putri, lima pegolf wanita ini lolos melalui kualifikasi yang digelar PGATI selama dua hari, 23-24 November, di Pondok Indah Golf Club.

Yoko merupakan pegolf yang mengukir skor terendah dalam turnamen kualifikasi untuk Simone Asia Pacific Cup 2023. Atlet PGI DKI Jakarta ini mengumpulkan skor 145 (72-73) atau 2-over. Sementara itu, posisi kedua ditempati tiga pegolf, yaitu Patricia, Mela, dan Elaine (amatir), yang sama-sama mengoleksi 146 (2-over). Inez yang menempati posisi ketiga dan menjadi pemain terakhir yang mengisi kuota pemain Indonesia mengumpulkan 147 (3-over).

“Kualifikasi ini dilakukan agar pemilihan pemain lebih fair. Karena kita belum memiliki daftar peringkat nasional untuk pegolf wanita, sehingga kita adakan kualifikasi ini,” jelas Agus Triyono, Ketua Umum PGATI.

Melihat kualitas peserta yang akan hadir, perjuangan para punggawa nasional ini tidaklah ringan. Meski bertanding di depan publik sendiri, mereka harus berhadapan dengan para peserta yang memiliki kualitas internasional.

Harapan itu pun masih ada. Tahun lalu dua wakil Indonesia, Patricia dan Yoko, bisa menembus Top 10. Keduanya masih berstatus amatir saat itu. Kini, Patricia yang akrab disapa dengan nama Patty telah menyandang status profesional. Motivasinya pun akan lebih besar karena nilai hadiah yang disediakan.

Simone Asia Pacific Cup 2023 mempertandingkan dua nomor: individual dan beregu. Total hadiah yang disediakan sebesar US$750 ribu: US$550 ribu untuk nomor individual dan US$200 ribu untuk beregu.

Selain hadiah uang untuk para pegolf profesional, Simone Asia Pacific Cup 2023—melalui Eugene Group (Ketua Kyung-Sun Yu)—telah menyiapkan sejumlah dana untuk pegolf-pegolf amatir yang berpartisipasi di ajang ini dan memberikan beasiswa istimewa bagi amatir yang berprestasi.

Share with

More News

Peluncuran Si Pemberani Baldo

Sergio Garcia Lakukan Debut Desain Lapangan Golf di Portugal

Berkah Valhalla bagi Xander Schauffele

Terobos Antrean Kecelakaan, Juara Masters 2024 Ditahan

Digital Edition

Screenshot 2024-04-05 131223
April - May 2024

Kunjungan Ke Dua Destinasi Major

Screenshot 2024-02-05 at 13.13.38
February - March 2024

Pemain Terbaik Indonesia Musim 2023

Cover
December 2023 - January 2024

Juara Sejati di Jagat Golf Indonesia

cover
October - November 2023

Petualangan Viking di Benua Merah