Terhenti karena Cuaca Buruk, Pegolf India Pimpin Putaran Pertama BNI Indonesian Masters Presented by Tunas Niaga Energi 2023

Pegolf India Gaganjeet Bhullar mengawali putaran pertama dengan hasil impresif. Mencetak skor 63 (8-di bawah-par), pegolf berusia 35 tahun tersebut langsung memimpin sementara klasemen (leaderboard) di putaran pembuka BNI Indonesian Masters Presented by Tunas Niaga Energi 2023 hari ini di Royale Jakarta Golf Club. Ini menjadi skor terendah Bhullar pada putaran pertama dalam 7 kali keikutsertaannya di turnamen golf terbesar di Indonesia itu.

Namun, putaran pertama BNI Indonesian Masters Presented by Tunas Niaga Energi 2023 ini sendiri tidak dapat diselesaikan. Pertandingan harus terhenti karena cuaca buruk. Posisi Bhullar tetap tidak tergoyahkan dengan 4 grup yang tersisa untuk menyelesaikan sisa hole.

Credit: Paul Lakatos/Asian Tour.

Memulai putaran pertama dari tee 10 pada pukul 07.10 WIB, Bhullar langsung membukukan birdie di hole pertama, lalu tambahan 2 birdie di 2 hole akhir dalam sembilan hole pertama (first nine). Mengoleksi tiga-di bawah-par di first nine, Bhullar makin termotivasi. Permainannya makin impresif. Lima birdie membawa peraih 10 gelar Asian Tour (yang gelar pertamanya di Indonesia—satu dari 4 gelar Asian Tour di Indonesia) tersebut ke posisi puncak turnamen berhadiah US$1,5 juta ini.

Bhullar mengakui bahwa permainan cemerlangnya hari ini terbantu karena ada penyesuaian pada pukulannya. “Saya menemukan sesuatu dengan pukulan saya di beberapa hole pertama dan terus mengulangi pukulan yang sama. Hingga akhirnya, hasilnya adalah 8-di bawah-par,” jelasnya.

“Itu lebih berkaitan dengan cara saya melihat garis. Saya hanya mengubah cara saya memvisualisasikan putt. Tidak ada yang berubah dalam pukulan saya, hanya kemampuan untuk mengubah cara membaca garis dari sudut pandang yang berbeda.” tambah Bhullar.

Bhullar sementara hanya unggul dua pukulan dari tiga pegolf yang mengejarnya di posisi kedua. Mereka adalah Paul Peterson            (USA),   Phachara Khongwatmai (THA), dan Honey Baisoya (IND), yang sama-sama membukukan skor 65 (6-di bawah-par).

Sementara itu, dua pegolf Indonesia, Jonathan Wijono dan Elki Kow, mampu menembus 20 besar pada pergelaran International Series di Indonesia pada musim kedua ini. Jonathan yang bermain di grup pertama pada jadwal pagi terlebih dahulu menjadi pegolf pertama Indonesia yang mencetak skor terendah di hari pertama BNI Indonesian Masters Presented by Tunas Niaga Energi 2023. Mengukir skor 68 (3-di bawah-par), ini menjadi skor terbaik pegolf profesional No. 1 di Indonesia saat ini dalam 4 kali kesempatan bermain di Indonesian Masters.

“Banyak pukulan (stroke) saya yang solid hari ini. Mungkin karena sejak datang di pagi hari saya sudah merasa confidence, meski tidak mau terlalu over-confidence juga. Jadi, saya berusaha main secara konservatif & agresif di waktu yang bersamaan. Putting stroke juga lagi oke, tidak seperti minggu lalu. Jauh lebih baik minggu ini. Semalam juga baru ketemu untuk feeling bermain hari ini,” kata Jonathan Wijono, yang telah mengoleksi 6 gelar profesional nasional musim ini.

“Keberhasilan saya (main di-bawah-par) tidak terlepas dari diskusi dengan Om Teddy (Jubilant Harmidy, Chairman of PT Tunas Niaga Energi) dan Om Pedro (Limargo). Mereka bilang, ‘You have know where to miss, where to play the ball’. Jadi, main bareng dengan mereka berdua ternyata memberikan hasil yang positif.”

Elki sendiri masih memiliki peluang untuk melewati Jowi. Dengan menyisakan 1 hole, peluang itu masih terbuka. Cuaca buruk yang disertai kilat menghentikan jadwal siang putaran pertama BNI Indonesian Masters Presented by Tunas Niaga Energi pada pukul 17.15 dengan total 4 grup yang masih perlu menyelesaikan permainan. Pertandingan ini akan dilanjutkan pada Jumat, 16 November 2023 pukul 6.00 WIB.

 

HASIL SEMENTARA PUTARAN PERTAMA

BNI INDONESIAN MASTERS PRESENTED BY TNE

Total Hadiah US$1,500,000

Royale Jakarta Golf Club, Par 71

 

Pos.      Nama                                                        R1         Ke Par

1           Gaganjeet Bhullar (IND)                  63         -7

T2         Paul Peterson  (USA)                       65         -6

Phachara Khongwatmai (THA)       65         -6

Honey Baisoya (IND)                       65         -6

T5         Wade Ormsby (AUS)                       66         -5

Travis Smyth   (AUS)                       66         -5

Richard T. Lee (CAN)                                   66         -5

Jazz Janewattananond (THA)          66         -5

Patrick Reed (USA)                          66         -5

….

T20       Jonathan Wijono                              68         -3

Elki Kow (INA)                                                          -3*

*(tersisa 1 hole lagi)

Share with

More News

Empat Asisten Kapten Tim Internasional Presidents Cup 2024 Diumumkan

Peningkatan Kualitas Turnamen Medco-Pondok Indah International Amateur 2024

Raja Baru OOM Asian Tour

14 Srikandi Profesional Indonesia

Digital Edition

Screenshot 2024-04-05 131223
April - May 2024

Kunjungan Ke Dua Destinasi Major

Screenshot 2024-02-05 at 13.13.38
February - March 2024

Pemain Terbaik Indonesia Musim 2023

Cover
December 2023 - January 2024

Juara Sejati di Jagat Golf Indonesia

cover
October - November 2023

Petualangan Viking di Benua Merah