Terbang Bola Jauh dari Tee

Driver menjadi pilihan favorit bagi pegolf amatir untuk memulai pukulan pertama dari tee. Namun, jika tidak menerapkan hal-hal dasar, fungsi driver ini akan tidak maksimal.

Driver biasanya dimanfaatkan untuk mencapai jarak sejauh-jauhnya, sehingga pukulan second shot dan berikutnya untuk on the green menjadi lebih mudah. Meski demikian, tidak semua pukulan pertama harus menggunakan driver, khususnya di par 3 atau hole yang dogleg. 

Driver sebenarnya akan memberikan hasil maksimal jika memahami beberapa hal dasar yang sebenarnya membantu dalam penggunaan driver yang tepat. Berikut beberapa hal dasar itu: 

 

Tinggi Tee 

Tinggi tee ini membantu pukulan jauh. Jika dipasang tepat, tee ini juga berperan dalam mendukung terbang bola ketika melawan angin. Posisi tinggi tee yang ideal adalah menempatkan setengah bola di atas club face dan setengah bola dalam club face. Namun, posisi tee bisa sedikit ditinggikan untuk memukul bola agar lebih jauh, karena spinnya berkurang. Tee pun bisa sedikit dipendekkan (dari tinggi yang ideal) untuk melawan angin, karena terbang bola lebih rendah. 

 

 

 

 

Setup dan Jarak 

Setup untuk driver ini pastinya berbeda dengan posisi memukul dengan iron.  Posisi bola berada di dalam dan lebih dekat ke kaki kiri (untuk pemain non-kidal). Kedua kaki terbuka, dan sedikit lebih lebar dari garis bahu. Ini dimaksudkan agar seimbang di bodi bagian bawah.  Posisi badan sedikit miring ke kanan agar–ketika memukul—driver mendorong bola ke atas sehingga terbang (bola) lebih tinggi, dan jaraknya makin jauh.

 

Irama dan Keseimbangan Swing  

Ketika semua hal yang disampaikan telah dijalankan, mulai lakukan gerakan swing. Swing yang mesti dilakukan adalah ayunan dengan irama yang halus dengan tetap mempertahankan keseimbangan. Dengan irama dan keseimbangan swing ini, memukul bola akan terlihat keras. Ini terjadi karena ayunan badan dan posisi kaki (setup yang tepat) membantu tangan dalam mentransfer energi ketika memukul bola. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Silakan untuk melatih hal-hal dasar ini. Ketika terbiasa menerapkan prinsip-prinsip dasar di atas, Anda akan memiliki pukulan Anda yang makin jauh dan konsisten. Pastinya, bisa lebih banyak hit fairways.

 

(Berlatih dengan Danny/ Penulis: Yulius Martinus/ Photography: YM – OB Golf)

Share with

More News

Peluncuran Si Pemberani Baldo

Sergio Garcia Lakukan Debut Desain Lapangan Golf di Portugal

Berkah Valhalla bagi Xander Schauffele

Terobos Antrean Kecelakaan, Juara Masters 2024 Ditahan

Digital Edition

Screenshot 2024-04-05 131223
April - May 2024

Kunjungan Ke Dua Destinasi Major

Screenshot 2024-02-05 at 13.13.38
February - March 2024

Pemain Terbaik Indonesia Musim 2023

Cover
December 2023 - January 2024

Juara Sejati di Jagat Golf Indonesia

cover
October - November 2023

Petualangan Viking di Benua Merah