Taman Bermain Tom di PGA Tour

Joohyung Kim belum berhenti membuat berita. Kali ini, pegolf remaja asal Korea ini kembali membukukan prestasi di arena PGA Tour. Di Shriners Children’s Open pada Oktober kemarin, Kim menyabet gelar keduanya di PGA Tour. Ia mengalahkan pegolf No. 4 Dunia Patrick Cantlay dengan keunggulan tiga pukulan.

Keberhasilan Kim di Las Vegas tersebut dicapai dengan catatan sempurna: tanpa satu bogey pun sejak putaran pertama. Gelar ini pun mengukuhkannya sebagai pegolf kedua yang bisa mengalungi dua gelar juara PGA Tour sebelum usia 21. Yang pertama adalah Tiger Woods pada 1996.

“Saya rasa saya harus memberikan kredit besar kepada Joe, kedi saya,” kata Kim soal Joe Skovron yang merupakan mantan kedi Rickie Fowler, seperti dikutip The Guardian. “Ia benar-benar menjaga saya agar tetap fokus. Kami punya game plan yang sangat bagus di pekan ini, dan terbayar lunas.”

Photo: Orlando Ramirez/Getty Images

Ini menjadi keberhasilan kedua Kim dalam rentang waktu dua bulan. Awal Agustus lalu, pegolf yang akrab disapa “Tom” tersebut mengukir kemenangan di Wyndham Championship. Sukses tersebut bahkan bisa dibilang bersejarah. Kim mengawalinya dengan skor 8 di hole pembuka putaran pertama, tetapi menutup putaran akhir dengan 9-under (61). Sebuah kemenangan yang historis.

“Ini gila sih. Saya belum pernah menang turnamen golf, mulai dengan skor quad-(ruple bogey atau double par, 8),” kata Kim, seperti dikutip CNN. “Saya bilang pada diri saya sendiri dari awal pekan, ‘Bersenang-senang, nikmati saja, kamu sudah dapat kartumu. Cukup nikmati setiap momen dan bersenang-senang dan jangan terlalu intens soal itu.”

Prestasi ini menorehkan nama Kim sebagai juara termuda kedua sejak Perang Dunia Kedua. Pegolf–yang mendapat panggilan Tom karena sangat menyukai acara TV “Thomas the Tank Engine” ketika masih kecil–ini pun merupakan pegolf pertama kelahiran tahun 2000-an yang menjuarai event PGA Tour. Jordan Spieth (kelahiran 1990-an) pernah mengukir prestasi tersebut ketika memenangi John Deere Classic pada 2015 dalam usia 19 tahun. Juara termuda sebelumnya pernah mencetak prestasi yang sama pada 1932. Menang di Wyndham Championship memberikannya kartu Tour penuh (untuk musim depan).

Dalam 6 bulan petualangannya di PGA Tour, Kim telah membukukan 2 gelar juara dalam 7 kali Top 20 di 17 penampilannya sepanjang 2021-2022. Performance yang luar biasa bagi anak muda yang baru saja terjun di kompetisi terpadat di dunia ini. Kim langsung nyetel dengan ritme kompetisi PGA Tour. Ia pun sudah nyaman dengan permainannya di sana.

“Saya sedang bersenang-senang di PGA Tour. Ini luar biasa,” jelasnya.

Share with

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on email

More News

PGI Siapkan Munas Februari Mendatang

Thailand Raih Dua Nomor Bergengsi

Thailand Kuasai Puncak Leaderboard

Dua Junior Indonesia Kuasai Divisi Putra, Thailand di Putri

Digital Edition

The Biggest Golf Event in Indonesia
December 2022 - January 2023

The Biggest Golf Event in Indonesia

Keputusan Berani Smith
October - November 2022

Keputusan Berani Smith

Manifestasi Mimpi 3 Dekade
August - September 2022

Manifestasi Mimpi 3 Dekade

Major Selanjutnya Master Scottie?
June - July 2022

Major Selanjutnya Master Scottie?