Swing Speed Sama, Jarak Lebih Jauh

Memukul jauh dan lurus dengan driver adalah impian setiap pegolf. Bagi beberapa pegolf yang beruntung, hanya dengan melakukan swing lebih cepat bisa menambah jarak. Sayangnya bagi sebagian besar pegolf, ini tidak demikian.

Studi menunjukkan bahwa rata-rata pegolf pria memiliki angka pukulan, seperti  sebagai berikut: kecepatan club head: 150,3 km/jam, sudut peluncuran bola: 12,6 derajat, sudut serangan: -1,6 derajat, dan jarak pukulan: 187 m.

Saya melihat banyak pegolf yang mencoba memukul driver mereka dengan cara yang sama seperti yang diajarkan kepada mereka dengan stik iron. Jika saat ini Anda memukul driver Anda sekitar 190 m, hanya dengan mengubah sudut serang Anda dari -1.6 derajat (memukul ke bawah) ke +5 derajat (memukul ke atas), Anda bisa meningkatkan jarak pukulan Anda menjadi sekitar 220m menurut studi yang dilakukan oleh TrackMan.

Ada beberapa langkah yang mesti diterapkan:

Pertama 

 

Pukulan bola sedikit lebih tinggi dari biasanya, Anda seharusnya bisa melihat setidaknya setengah bagian bola di atas driver. (first step & first step 2)

 

Kedua

Posisikan bola Anda di punggung kaki bagian depan. (second step)

Ketiga

Ambil posisi address normal Anda, dengan kepala berada di tengah-tengah di antara kedua kaki Anda, dengan pembagian berat badan 50-50. Dari posisi ini, miringkan tulang belakang Anda menjauhi target. Jika Anda melihat ke bawah ke arah tanah, Anda akan merasakan mata Anda bergerak ke arah kaki belakang dan distribusi berat badan Anda akan menjadi lebih ke kanan.

(third step)

Keempat

Dari posisi ini, berlatihlah melakukan ayunan pendek dan bayangkan stik bergerak ke atas saat Anda memukul bola golf. Pada saat yang sama, rasakan kepala Anda tetap berada di belakang. Tanpa gerakan lateral kepala Anda, cobalah untuk menjepit ujung tee di bagian bawah ayunan ke bawah Anda, dengan melakukan ini beberapa kali, Anda akan mulai membangun feelingyang tepat untuk impact. (fourth step)

Dengan menerapkan beberapa langkah di atas, saya harapkan Anda akan mendapat tambahan jarak tanpa perlu memukul lebih cepat. Selamat mencoba! 

(Tip: LGA/ Penulis: Yulius Martinus – OB Golf/ Ilustrasi: Tristan)

Share with

More News

Peluncuran Si Pemberani Baldo

Sergio Garcia Lakukan Debut Desain Lapangan Golf di Portugal

Berkah Valhalla bagi Xander Schauffele

Terobos Antrean Kecelakaan, Juara Masters 2024 Ditahan

Digital Edition

Screenshot 2024-04-05 131223
April - May 2024

Kunjungan Ke Dua Destinasi Major

Screenshot 2024-02-05 at 13.13.38
February - March 2024

Pemain Terbaik Indonesia Musim 2023

Cover
December 2023 - January 2024

Juara Sejati di Jagat Golf Indonesia

cover
October - November 2023

Petualangan Viking di Benua Merah