Surga Wisata Bahari

Nama Tanjung Redeb selalu dikaitkan dengan tempat wisata Pulau Derawan. Ibu Kota Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, ini merupakan titik awal untuk petualangan di surga wisata bahari.

Seiring menanjaknya popularitas Kepulauan Derawan, nama Tajung Redeb pun terangkat. Selama hampir satu dekade ini, Kepulauan Derawan menjadi magnet para wisatawan yang datang untuk mengeksplorasi daerah wisata tersebut. Sebelum ke wilayah kepulauan itu, para traveler (khususnya yang menggunakan transportaso udara) mesti singgah dahulu di Tanjung Redep, dan lalu melanjutkan perjalanan melalui darat.

Surga Wisata Bahari

Kota seluas 24,4 km persegi ini memang baru saja menggeliat, seiring pesona Kepulauan Derawan dan sekitarnya menjadi buah bibir para traveler. Karena itu, Tanjung Redeb belum menyediakan banyak tempat wisata. Sungai Segah yang membelah jantung Ibu Kota Kabupaten Berau ini justru menjadi hiburan tersendiri bagi para wisatawan yang singgah.

Sepanjang sungai terbesar di Kabupaten Berau ini tersedia banyak tempat jajan yang selalu ramai setiap malam. Sambil menikmati sunset di Sungai Segah, para pengunjung pun bisa menyaksikan kapal-kapal tongkang batubara dan kapal tongkang sawit lalu lalang di sungai ini.

Surga wisata di Tanjung Redeb sebenarnya berada di luar area kota kecil tersebut. Tanjung Redeb dan juga kota-kota lain di Berau dianugerahi keindahan alam yang justru menjadi daya tarik wisatawan. Kecantikan pantai-pantai dan terumbu karang menjadi sesuatu yang membanggakan di kabupaten tersebut. Taman laut yang terpusat di Kepulauan Derawan menyodorkan keanekaragaman flora dan fauna bahari, ditambah lagi pulau-pulau dan hutan-hutan yang masih asri dan belum terjamah tangan-tangan manusia.

Kepulauan Derawan dan sekitarnya telah mengangkat pesona wisata bahari dan non-bahari lainnya di kabupaten tersebut. Tanjung Redeb pun berbenah untuk menata destinasi-destinasi wisata. Eksotisme surga wisata bahari di Berau tidak akan pernah terpuaskan dalam satu kali kunjungan. Anda kan penasaran untuk kembali datang. Yang pasti, Berau tidak akan mengecewakan Anda, dan akan selalu siap menyambut tamu-tamu wisata bahari.

Tempat Favorit

Pulau Derawan

Surga Wisata Bahari

Pulau ini berada dalam kawasan Kepulauan Derawan. Keindahan pantainya dan pemandangan di bawah laut menjadikan pulau ini menjadi salah satu tujuan wisata utama untuk snorkeling dan diving. Jika beruntung, Anda akan menemukan penyu berukuran besar maupun hiu tutul.

Pulau Maratua

Surga Wisata Bahari

Pulau ini masih termasuk dalam kawasan Kepulauan Derawan. Salah satu pulau terluar di Kalimantan Timur ini memiliki kekayaan wisata bahari yang menjadi daya tarik para petualang air. Selain pasir putih dan air pantai yang jernih, Maratua menampilkan keindahan pantai, aneka biota laut dengan bermacam jenis  ikan, penyu dan keindahan bawah laut berupa terumbu karang yang sangat menarik. Ditambah lagi, keindahan hutan bakau dan mangrove serta pokok kelapa yang memutari pulau. Tidak mengherankan jika Maratua disebut-sebut sebagai Maldives Indonesia.

Pulau Sangalaki

Surga Wisata Bahari

Pantai pulau ini pun terkenal bersih dengan pasir putih dan air yang sangat jernih. Beberapa diver menjadikan pulau ini sebagai salah satu spot favorit di Derawan. Biota laut yang bisa dilihat di pulau ini adalah ikan pari manta yang selalu berenang berkelompok, penyu hujai, dan penyu sisik.

Danau Labuan Cermin

Surga Wisata Bahari

Danau Labuan Cermin terkenal karena air yang sangat jernih, sehingga kita bisa melihat bebatuan di dasar danau. Danau ini dikelilingi hutan bakau dan masih terjaga keasriannya. Danau keren ini memiliki keunikan yaitu dua jenis air (air laut dan tawar).  dan  dalam satu tempat. Dasar danau ini adalah air laut dan permukaannya dari jenis air tawar. Karena itu, ada dua jenis ikan yang hidup berdampingan. Untuk mencapai danau ini, perlu waktu 6-7 jam  dari Tanjung Redeb.

Goa Mulut Besar

Surga Wisata Bahari

Goa yang juga sering disebut goa kelelawar ini memiliki diameter “mulut” (lubang) besar, yaitu tinggi 10 meter dan lebar 20 meter. Dinding goa ini penuh dengan hiasan stalagmite dan stalaktit. Perjalanan menuju goa ini dicapai dengan waktu 1,5 dari Tanjung Redeb.

Keraton Kesultanan Sambaliung

Surga Wisata Bahari

Keraton ini menjadi bukti sejarah dari Kesultanan Sambaliung. Bertempat di tepi Sungai Kelay, keraton ini merupakan salah satu cagar budaya di Kabupaten Berau. Ada beberapa tugu  prasasti peninggalan Kesultanan Sambaliung yang tersimpan dalam keraton.

Makanan Lokal

Udang Singgang

Surga Wisata Bahari

Berau terkenal dengan udang sungainya yang lezat.  Salah satu sajian lokal dari udang Berau ini adalah udang singgang. Kuliner ini hanyalah udang yang telah direbus dan ditaburi garam. Ada juga sajian udang singgang ini yang dimasukkan dalam santan bersama bumbu halus seperti serai dan lengkuas.

Bubur Ancur Paddas

Surga Wisata Bahari

Bubur ini adalah kombinasi antara beras, santan, daun labu muda, jagung, daun kacang, kacang panjang, dan kelapa parut goreng, ditambahkan berbagai rempah-rempah. Rasanya unik, dan bercita rasa pedas.

Share with

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on email

More News

BHULLAR HAT-TRICK!

Tuah Moving Day bagi Pemuncak Leaderboard

Main tanpa Cela, Itthipat Makin Kokoh di Puncak

Putaran 1 Terhenti, Dua Pegolf Pimpin Leaderboard

Digital Edition

Manifestasi Mimpi 3 Dekade
August - September 2022

Manifestasi Mimpi 3 Dekade

Major Selanjutnya Master Scottie?
June - July 2022

Major Selanjutnya Master Scottie?

Dunia Mengakui The Goat
April - May 2022

Dunia Mengakui The Goat

Goal 2022 Think Like Tiger
February - March 2022

Goal 2022 Think Like Tiger