Start Bagus untuk Debutan

Pegolf Indonesia mencatatkan skor yang baik di putaran pertama putaran pertama Women’s Amateur Asia-Pacific Championship yang berlangsung hari ini. Thea Jessica Tan yang menjalani debut di kejuaraan bergengsi Asia Pasifik ini berhasil mengatasi tantangan yang disodorkan Waterside Course, Siam Country Club, Patthaya.

Pegolf asal Jawa Tengah tersebut mampu mengukir skor terbaik dengan 70 (2-under), dan bertengger di posisi T12 leaderboard sementara dari 90 peserta turnamen. Ia sementara menjadi yang terbaik dari 3 pegolf Indonesia lainnya.

“Saya merasa sangat senang. Lapangannya bagus banget dan green lumayan licin. Beberapa hole pertama (sempat) nervous, tapi untung masih bisa manage. Semoga besok bisa main tenang seperti hari ini dan lebih baik lagi,” kata Thea, yang terpaut 3 pukulan dari leader putaran pertama.

Credit: Yong Teck Lim/RA/RA via Getty Images

Dua wakil Indonesia lainnya, Sania Talita Wahyudi dan Kristina Natalia Yoko, mencetak skor 73 (1-over). Para pegolf asal DKI Jakarta ini sementara menempati T39.

Satu pegolf Indonesia lainnya,  Elaine Widjaja, tercecer di belakang setelah membukukan skor 74 (2-over). Pegolf asal Jawa Tengah ini sementara harus puas di posisi T53. Hasil ini masih lumayan bagus mengingat kondisi Elaine yang sempat mengalami keracunan satu hari sebelumnya. Ia muntah-muntah dan segera mendapatkan perawatan.

Credit: Yong Teck Lim/R&A/R&A via Getty Images

Tiga Pegolf Pimpin Leaderboard

Sementara itu, posisi puncak leaderboard Women’s Amateur Asia-Pacific Championship ditempati Navaporn Soontreeyapas (THA), juara bertahan Eila Galitsky (THA), dan Chun-Wei Wu (TPE). Soontreeyapas terlebih dahulu memimpin leaderboard dengan skor 67 (5-under). Hole in one di hole 7 berkontribusi besar dalam perolehan skor Soontreeyapas.

“Saya pikir tidak mungkin, tetapi itu yang terjadi,” kata anggota tim peraih emas SEA Games tahun lalu soal HIO-nya.

CHON BURI, THAILAND – FEBRUARY 01: Eila Galitsky of Thailand plays a shot on day one of The Women’s Amateur Asia-Pacific Championship at Siam Country Club on February 01, 2024 in Chon Buri, Thailand. (Photo by Oisin Keniry/R&A/R&A via Getty Images)

Eila menyusul rekan senegaranya Soontreeyapas di puncak leaderboard. Juara bertahan WAAP ini bahkan bisa memimpin putaran pertama sendirian jika putt birdienya di hole 18 bisa masuk. Meski gagal masuk, Eila berbagi tempat dengan Soontreenyapas di papan atas. Ia pun berpeluang besar untuk mempertahankan gelar pertama kalinya dalam sejarah WAAP.

“Saya sangat senang. Saya bebas bogey, yang belum pernah saya lakukan lagi dalam beberapa lama. Beberapa putt hampir saja gagal masuk,” jelas pegolf berusia 17 tahun.

Credit: Yong Teck Lim/R&A/R&A via Getty Images

Wu menambah persaingan di posisi elite WAAP. Pegolf China Taipei berusia 19 tahun itu mampu melewati hadangan di Waterside Course, Siam Country Club, dan melewati ekspektasinya atas hasil putaran pertama ini.

“Saya senang bermain baik hari ini, dan saya senang dengan driver dan iron saya,” kata Wu. Yang kini berada di posisi No. 264 WAGR.

Share with

More News

Tumbuh dan Hidup di Golf

Jalan Panjang Realisasi Kerja Sama PGA Tour-PIF

Penghargaan Bergengsi untuk Legenda Golf Wanita Korea

Brooks Koepka: “Kerja Sama itu dengan PIF, bukan LIV”

Digital Edition

COVER JUN JUL 2024
June - July 2024

Berburu Emas di Padang Le Golf National

Screenshot 2024-04-05 131223
April - May 2024

Kunjungan Ke Dua Destinasi Major

Screenshot 2024-02-05 at 13.13.38
February - March 2024

Pemain Terbaik Indonesia Musim 2023

Cover
December 2023 - January 2024

Juara Sejati di Jagat Golf Indonesia