Promosi-Degradasi & Bursa Transfer

Untuk pertama kalinya, LIV Golf memberlakukan bursa transfer yang memungkinkan untuk perpindahan pemain dalam rangka menyiapkan tim kuat untuk musim kedua LIV Golf 2024. Selain itu, sistem promosi-degradasi diterapkan pula mulai musim 2023 ini.

Mulai musim 2023 ini, LIV Golf menerapkan sistem promosi dan degradasi. Di samping itu, liga ini pun membuka jendela transfer yang untuk pertama kalinya diterapkan dalam golf dengan perpindahan pemain, agensi bebas, dan daftar nama tim baru. Ini dilakukan untuk menciptakan jalur baru bagi para pemain elite dari seluruh dunia agar dapat berkompetisi di level tertinggi golf.  LIV Golf musim 2023 dimenangkan Talor Gooch dari RangeGoats GC yang menjuarai nomor individu, sedangkan Bryson DeChambeau dari Crushers GC meraih gelar di kejuaraan beregu.

Menjelang musim 2024, LIV Golf telah menetapkan Top 24 dari klasemen individual musim 2023 yang berkesempatan untuk tampil di musim berikutnya. Kategori ini masuk dalam Lock Zone, satu dari 3 kategori untuk menentukan status pemain di liga. Dua kategori lainnya adalah Open Zone, pemain yang berada di posisi 25-44 yang kontraknya berakhir menjadi free agent dan Drop Zone, pegolf yang finis di posisi 45 ke bawah terdegradasi—keluar dari liga—dan otomatis masuk LIV Golf Promotions untuk berkesempatan mendapatkan spotnya lagi musim depan. Turnamen LIV Golf Promotions berlangsung 72 hole, dan tiga pegolf teratas akan mendapatkan spot untuk LIV Golf  musim depan.

Jika pegolf yang berada di  Top 24 Lock Zone memang akan mendapat jaminan untuk bermain lagi di LIV Golf League 2024, para pegolf yang berada di Open Zone akan ditawari perpanjangan kontrak 1 tahun oleh tim yang menaunginya. Awalnya ada lima pegolf yang memenuhi syarat perpanjangan kontrak, yaitu Peter Uihlein (posisi ke-12, 4Aces GC), Anirban Lahiri (ke-13, Crushers GC), Carlos Ortiz (ke-15, Fireballs GC), Richard Bland (ke-20, Cleeks GC), dan Scott Vincent (ke-22, Iron Heads GC).

Namun, jika grup ini memutuskan untuk menolak tawaran dari timnya, ia akan menjadi free agent dan ada kemungkinan direkrut tim lain dalam bursa transfer.

Selain mereka yang di Top 24 memutuskan menjadi free agent, para pegolf yang berada di Open Zone pun menjadi agent yang sama. Ada kemungkinan dikontrak ulang oleh tim lamanya atau menerima kontrak baru dari tim lain di bursa tranfer. Mereka yang berada di Open Zone dan belum menandatangani kontrak adalah Pat Perez (28th, 4Aces GC), David Puig (31st, Torque GC), Matt Jones (37th, Ripper GC), Bernd Wiesberger (41st, Cleeks GC), dan Graeme McDowell (42nd, Cleeks GC).  Wiesberger bahkan telah memutuskan untuk balik kendang, kembali ke DP World Tour.

Tim pun tidak berkewajiban untuk memperpanjang kontrak anggotanya yang telah menjadi free agent dari Open Zone dan bahkan bisa mencari anggota baru dari bursa transfer. Tim yang memiliki tempat terbuka (karena ditinggalkan pemainnya) memiliki opsi untuk merekrut pemain Top 24 yang memilih untuk memasuki status free agent, meminang pemain mana pun di Open Zone yang kontraknya telah berakhir, mendatangkan atau menukar pemain yang dikontrak dengan tim lain jika disetujui oleh kedua tim (namun, tim tidak boleh merekrut pemain yang terikat kontrak dengan tim lain kecuali jika telah menerima izin dari tim pemain tersebut untuk melakukannya).

LIV Golf pun menggelar event yang bertajuk LIV Golf Promotions, yang membuka kesempatan bagi pegolf profesional dan amatir dunia untuk bermain di LIV Golf League 2024. Inaugurasi turnamen ini telah digelar di Abu Dhabi Golf Club, Uni Emirat Arab. Bermain 4 putaran dalam 3 hari, 36 hole dimainkan di hari terakhir, LIV Golf Promotions menawarkan hadiah total US$1,5 juta, dan 3 pegolf teratas akan mendapatkan tempat di salah satu tim LIV Golf dan berkesempatan main 14 event LIV Golf League 2024.

Share with

More News

Peluncuran Si Pemberani Baldo

Sergio Garcia Lakukan Debut Desain Lapangan Golf di Portugal

Berkah Valhalla bagi Xander Schauffele

Terobos Antrean Kecelakaan, Juara Masters 2024 Ditahan

Digital Edition

Screenshot 2024-04-05 131223
April - May 2024

Kunjungan Ke Dua Destinasi Major

Screenshot 2024-02-05 at 13.13.38
February - March 2024

Pemain Terbaik Indonesia Musim 2023

Cover
December 2023 - January 2024

Juara Sejati di Jagat Golf Indonesia

cover
October - November 2023

Petualangan Viking di Benua Merah