Perubahan Kategori Exemption di Open Championship 2024

Perhelatan the Open Championship 2024 akan berlangsung di Royal Troon Golf Club, Skotlandia, pada 18-21 Juli. Menjelang pergelaran major tertua di dunia ini, R&A yang merupakan pengelola Open Championship mengumumkan tiga pembaruan pada kriteria kualifikasi untuk major terakhir tahun ini.

Pertama, dan yang paling penting, adalah perubahan pada kategori Champions exemption. Sebelumnya, setiap pemain yang memenangi Open dapat mengikuti semua Open hingga usia 60 tahun. Namun, mulai tahun ini, pemenang Open hanya akan bermain di turnamen major tersebut hingga usia 55 tahun.

Meski demikian, perubahan ini tidak akan berdampak pada para pemain yang telah memenangi the Open, yang tentu saja penting bagi beberapa pemain. Beberapa di antaranya adalah Phil Mickelson, juara Open 2013, yang saat ini telah berusia 53 tahun.

Credit: Paul Ellis/AFP via Getty Images

Selain itu, kategori exemption baru dibuat untuk mereka yang finis di Top 5 dalam daftar International Federation Ranking, yang dioperasikan oleh Official World Golf Ranking.

Menurut R&A, seperti dalam rilis persnya, exemption baru ini “akan memberikan kesempatan kepada para pemain yang berkompetisi di Asian Tour, Japan Golf Tour, PGA Tour of Australasia, dan Sunshine Tour untuk menjalani kualifikasi bagi the Open.

Keputusan ini menjadi penting karena memberikan kesempatan para pegolf yang bermain di LIV Golf, yang tidak memiliki poin OWGR, untuk mendapatkan jalan ke the Open. Beberapa pemain LIV telah berkompetisi di berbagai acara dalam tour Internasional tersebut dalam upaya untuk mendapatkan poin peringkat dunia dan masuk ke turnamen-turnamen besar.

Andy Ogletree, credit: Mike Stobe/LIV Golf

Pemain profesional Amerika dan pemain LIV Andy Ogletree saat ini berada di posisi kedua dalam daftar International Federation Ranking. Jika ia mampu mempertahankan posisinya, ia akan mendapatkan tempat untuk the Open pada bulan Juli. Pemain LIV lainnya, David Puig, berada di peringkat ketujuh.

Yang terakhir, R&A pun mengumumkan exemption baru bagi juara Africa Amateur. Altin van der Merwe, yang menjuarai inaugurasi Africa Amateur tahun ini. Van der Merwe menjadi pegolf pertama yang mendapatkan exemption tersebut.

 

Share with

More News

Peluncuran Si Pemberani Baldo

Sergio Garcia Lakukan Debut Desain Lapangan Golf di Portugal

Berkah Valhalla bagi Xander Schauffele

Terobos Antrean Kecelakaan, Juara Masters 2024 Ditahan

Digital Edition

Screenshot 2024-04-05 131223
April - May 2024

Kunjungan Ke Dua Destinasi Major

Screenshot 2024-02-05 at 13.13.38
February - March 2024

Pemain Terbaik Indonesia Musim 2023

Cover
December 2023 - January 2024

Juara Sejati di Jagat Golf Indonesia

cover
October - November 2023

Petualangan Viking di Benua Merah