Peningkatan Kualitas Turnamen Medco-Pondok Indah International Amateur 2024

Peningkatan kualitas turnamen menjadi perhatian utama dalam penyelenggaraan Medco Energy-Pondok Indah International Amateur Golf Championship 2024. Untuk kedua kalinya, Pondok Indah Golf Club (PIGC) akan menggelar turnamen yang akan berlangsung di Pondok Indah Golf Course, Jakarta, pada 16-18 Juli mendatang. Rencana perhelatan salah satu turnamen amatir terbesar di Indonesia tersebut telah disampaikan pada PB Persatuan Golf Indonesia dalam sebuah audiensi yang dihadiri Ketua Umum PGI Japto Soerjosoemarno dan Sekretaris Jenderal PB PGI Suharsono pada Senin (22/4) kemarin.

Berbeda dengan tahun lalu. pergelaran Medco Energy-Pondok Indah International Amateur Golf Championship 2024 akan mengalami beberapa penyesuaian. Penyesuaian-penyesuaian yang membedakan turnamen ini dengan debutnya pada tahun lalu adalah  jumlah peserta, pemberlakuan handicap indeks, dan tee yang dimainkan.

Medco-Pondok Indah International Amateur Golf Championship 2024 terbatas untuk total 78 peserta atlet golf amatir putra dan putri. Usia atlet yang berhak ikut adalah yang berusia 13 tahun atau lebih per 1 Januari 2024. WHS Handicap Index paling tinggi 8 untuk putra dan 10 untuk putri.

“Seperti yang kami sampaikan kepada Pak Ketum Japto, turnamen yang sudah mulai kami selenggarakan sejak tahun lalu rencananya akan menjadi agenda tetap turnamen yang diselenggarakan oleh PIGC. Namun, di tahun yang kedua ini, perbedaan pokoknya adalah jumlah peserta. Tahun lalu jumlah peserta mencapai 120, dan usia peserta pun tidak dibatasi. Ada beberapa di antaranya sudah senior. Kali ini, pesertanya akan dibatasi dengan handicap indeks. Usia terendah adalah 13 tahun, dan usia teratas akan dibatasi oleh handicap indeks itu. Kedua, soal tee box. Tahun lalu, tee yang digunakan adalah biru (men) dan putih (ladies). Tahun ini akan menggunakan tee hitam (men) dan biru (ladies),” kata Herry Winarno selaku Ketua Panitia penyelenggara Medco Energy-Pondok Indah International Amateur Golf Championship 2024.

Perubahan-perubahan ini dimaksudkan untuk memenuhi kualifikasi turnamen amatir kompetitif internasional yang sesungguhnya. Selain itu, kualitas peserta turnamen pun makin terjaga dan persaingan makin kompetitif.

“Kami pun ingin meningkatkan ranking WAGR para peserta melalui turnamen ini. Kami berharap para pegolf terbaik dari negara-negara lain juga ikut ambil bagian dalam turnamen ini. Bagi para pegolf Indonesia bisa menjadi kesempatan untuk membuktikan kemampuan mereka, sekaligus untuk mendapatkan pengalaman berkompetisi di turnamen level internasional,” tambah Herry.

Komitmen para panitia penyelenggara dalam meningkatkan kualitas turnamen ini disambut baik Ketua Umum PB PGI Japto. Dia berharap semua atlet yang menjadi peserta Medco Energy-Pondok Indah International Amateur Golf Championship 2024 bisa menunjukkan performa terbaik mereka.

“Ini menjadi salah satu kesempatan bagi para atlet kita untuk mengasah kemampuan di Tanah Air. Selama ini mereka banyak bertanding ke luar negeri, dan menjadi atlet yang lebih baik dari sebelumnya. Dengan semakin banyak pengalaman bermain di turnamen internasional tentu akan menjadi nilai positif bagi seluruh peserta,” kata Japto. “Saya berharap para atlet Indonesia bisa tampil maksimal dan menjadi juara seperti tahun lalu.”

Tahun lalu, debut Medco-Pondok Indah Amateur Golf Championship 2023 mampu dimenangi dua pegolf tuan rumah melalui Gabriel Hansel Hari (men) dan Elaine Widjaja (ladies). Dua atlet nasional menyabet gelar juara Medco-Pondok Indah Amateur Golf Championship 2023 dengan hasil impresif. Hansel yang kini menjadi DKI Jakarta ini meraih kemenangan untuk individual putra di dengan skor total 208 (8-under), unggul 6 pukulan dari tiga pegolf yang menempati posisi T2 di divisi putra, yaitu Amadeus Christian Susanto, Rayhan Abdul Latief, dan pegolf asal Malaysia Malcolm Ting Siong Hung yang mengumpulkan skor 214 pukulan (2-under). Sedangkan, Elaine menyabet gelar juara dengan skor total 215 (1-under), unggul 5 pukulan dari Sania Talita Wahyudi dan Kristina Natalia Yoko yang mencetak 220 pukulan (4-over par).

Medco-Pondok Indah International Amateur Golf Championship 2024 merupakan satu dari beberapa turnamen bergengsi yang digelar di Pondok Indah Golf Club. PIGC selama ini juga rutin menyelenggarakan International Junior Golf Championship dan Senior Open. Ini memang menjadi komitmen PIGC dalam mendukung pengembangan prestasi atlet-atlet golf Tanah Air.

“Untuk mendukung pembinaan prestasi olahraga golf di Indonesia, kita perlu menyelenggarakan banyak turnamen internasional yang berkualitas. Dengan semakin banyak pengalaman, kemampuan para atlet Indonesia kami harapkan bisa terus meningkat. Pengembangan prestasi olahraga golf merupakan tanggung jawab kita bersama dan kami sebagai golf club selalu berkomitmen untuk ikut ambil bagian,” kata  Hafzan Taher, Ketua Pondok Indah Golf Club.

Share with

More News

Peluncuran Si Pemberani Baldo

Sergio Garcia Lakukan Debut Desain Lapangan Golf di Portugal

Berkah Valhalla bagi Xander Schauffele

Terobos Antrean Kecelakaan, Juara Masters 2024 Ditahan

Digital Edition

Screenshot 2024-04-05 131223
April - May 2024

Kunjungan Ke Dua Destinasi Major

Screenshot 2024-02-05 at 13.13.38
February - March 2024

Pemain Terbaik Indonesia Musim 2023

Cover
December 2023 - January 2024

Juara Sejati di Jagat Golf Indonesia

cover
October - November 2023

Petualangan Viking di Benua Merah