Pendatang Baru dari Louisiana

Sejak akhir Mei kemarin, nama baru menghiasi Top 10 Official World Golf of Ranking. Dia adalah Sam Burns. Pegolf berusia 25 tahun ini telah menembus 10 besar Dunia usai meraih cukup poin di turnamen major PGA Championship, meski hanya menempati posisi T20. Namun, kemenangannya di Charles Schwab Challenge pada 22 Mei lalu menguatkan posisinya di No. 9 Dunia. Ini merupakan gelar keempat Sam dalam tiga tahun petualangannya di PGA Tour. Dengan Raihan dua gelar PGA Tour musim ini, Sam merupakan salah satu pegolf hottest di jagat kompetisi terpadat di dunia ini. Berikut kisah-kisah pendatang baru asal Shreveport, Louisiana, ini:

 

Ketika junior, Sam menekuni dua olahraga: sepakbola Amerika (football) dan golf. Namun, ia akhirnya memutuskan untuk fokus di golf saja. Mengapa?

Sam merasa dirinya tidak cukup bagus di sepakbola. Ia memilih golf, yang kemudian terobsesi dengan golf.

Untuk memutuskan memilih golf, Sam harus minta izin kepada kedua orangtuanya yang fanatik terhadap football. Apa yang dilakukannya?

Di usia kelas 8, Sam hanya ingin main golf saja. Namun, ia berasal dari keluarga football. Ayahnya bekas pemain college football. Dua saudara laki-lakinya pun merupakan pemain football di Louisiana Tech. “Dan saya seperti sudah selesai dengan football. Saya lebih memilih fokus pada golf. Ibu pastinya sangat kecewa karena yang hanya dia tahu adalah pergi menonton sepak bola pada Jumat malam.

Sam pun merayu ibunya, ia akan main football setahun lagi jika bisa menyediakan putting green di halaman belakang. Dengan begitu, ia bisa latihan golf setelah football. Sang ibu pun setuju.

Kehadiran putting green di rumah rupanya membuat kemampuan Sam makin terasah, khususnya pukulan di area green. Apa saja prestasi yang diukir Sam selama junior dan amatir?

Dia adalah juara individual di negara bagian 3 kali. Ia mendapat penghargaan American Junior Golf Association (AJGA) Rolex Junior Player of the Year di 2014. Ketika menjalani kuliah tingkat dua di Louisiana State University (LSU), Sam memenangi 4 gelar juara dalam 15 start di turnamen antar-universitas. Sam menjadi anggota tim Arnolf Palmer Cup yang menang pada 2017 dan lolos ke turnamen PGA Barbasol Championship 2017, finis di posisi T6.

Photography : Getty Images | Augusta National

Apa penghargaan tertinggi Sam di college golf?

Player of the year di college golf.  Sam menjadi pegolf pertama dari LSU yang menerima Nicklaus Player of the Year (penghargaan untuk player of the year di college). “Ini merupakan penghargaan istimewa yang diberikan nama dari Jack Nicklaus. Ia membentuk golf menjadi seperti sekarang ini, dan telah menjadi inspirasi bagi banyak pegolf seperti saya,” kata Sam, seperti dikutip the Advocate.

Kemampuan golf Sam yang impresif pun didukung mentor yang mumpuni. Siapakah mentornya itu?

Besar di Lousiana, Sam mendapat bimbingan dari David Toms, penyandang 13 gelar juara PGA Tour, yang juga alumnus LSU. David juga merupakan ayah dari sahabat karib Sam, Carter. Sam pun berlatih di David Toms Golf Academy. “Saya ingat pernah terpikir ingin seperti dirinya suatu saat,” kata Sam.

Apa kelebihan permainan Sam di PGA Tour?

Sam merupakan salah satu pemain yang piawai dalam permainan putter di Tour. Di tiga musim terakhir, 2019-2020, 2020-2021, dan 2021-2022, ia mengalami peningkatan dalam strokes gained putting. Dari posisi 30 pada 2019-2020, Sam melesat ke posisi 9 dengan strokes gained total di posisi 14. Musim ini, 2021-2022, ia masih berada di posisi 9 (lagi) dengan tersisa beberapa turnamen lagi yang akan dimainkan pada Agustus ini.

Sam memenangi gelar pertamanya di PGA Tour pada Mei 2021. Apa kesan Sam usai meraih trofi Valspar Championship?

Sejak usia 10-11 tahun, Sam telah memimpikan bisa menang di PGA Tour. Karena itu, kemenangan pertama ini bermakna sangat dalam bagi Sam. “Anda seperti, ‘Saya punya putt ini untuk memenangi turnamen,” kata Sam, seperti dikutip PGA Tour. “aya hanya bisa ingat melakukan putt itu berkali-kali dan Anda hanya berharap dan berlatih begitu keras untuk mendapatkan kesempatan itu. Setelah pukulan bunker di hole 18, saya sedikit ‘tersedak’ memikirkan momen itu dan berpikir tentang soal Anda sangat ingin mendapatkan kesempatan itu begitu lama dan sekarang Anda melakukannya. Jadi, itu benar-benar istimewa bagi saya.”

Kemenangan itu pun menyadarkan Sam soal satu hal penting. Apakah itu?

Sam tidak mengulangi kesalahan di dua keunggulan 54 hole sebelumnya musim ini. Ia membuat tiga birdie di sembilan hole kedua pada putaran akhir untuk menghapus defisit satu pukulan, dan menjuarai turnamen pertama PGA Tour-nya dengan keunggulan tiga pukulan dari Keegan Bradley.

“Saya selalu merasa bahwa Anda harus main sempurna untuk menang,” kata Sam. “Saya selalu merasa bahwa Anda telah memainkan permainan yang benar-benar terbaik pada Minggu untuk menang. Setelah pengalaman-pengalaman itu, saya sadar bukan itu masalahnya. Saya mencoba melakukannya terlalu banyak.“

Photography : Getty Images | Augusta National

SAMUEL HOLLAND BURNS

Tanggal Lahir: 23 Juli 1996

Awal Status Pro: 2017

Kuliah: Louisiana State University

 

PRESTASI

2014    AJGA Rolex Tournament of Champions#

Junior PGA Championship#

2016    David Toms Intercollegiate#

Sun Bowl Western Refining College All-America Golf Classic#

2017    Louisiana Classics, NCAA Baton Rouge Regional#

2018    Savannah Golf Championship+

2021    Valspar Championship*

Sanderson Farms Championship*

2021    Valspar Championship*

Charles Schwab Challenge*

 

Keterangan:

# Berstatus amatir

+ Korn Ferry Tour (Web.com)

* PGA Tour

Share with

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on email

More News

Perang Bintang di Bangkok

Indonesian Masters di Pusaran Kompetisi Elite

Hat-Trick bagi Suteepat

Dominasi Para Pegolf Thailand di Papan Atas

Digital Edition

October - November 2022

Keputusan Berani Smith

Manifestasi Mimpi 3 Dekade
August - September 2022

Manifestasi Mimpi 3 Dekade

Major Selanjutnya Master Scottie?
June - July 2022

Major Selanjutnya Master Scottie?

Dunia Mengakui The Goat
April - May 2022

Dunia Mengakui The Goat