Paris dari Jawa Timur

Indonesia memiliki dua kota yang dijuluki “Paris dari Jawa”. Satu kota yang menyandang julukan tersebut adalah Bandung, sedangkan satu lagi adalah Malang yang berada di Jawa Timur. 

Malang terdiri atas dua status wilayah, kota dan kabupaten. Kota Malang yang berada di ketinggian 476 meter di atas permukaan laut menawarkan suhu udara dan cuaca yang lebih sejuk. Malang terletak di Sungai Brantas, di sisi timur Gunung Semeru, dan menjadi tuan rumah bagi banyak pilihan kegiatan yang santai dan menarik. Kota ini dulunya merupakan tujuan populer bagi penduduk Eropa pada masa penjajahan Belanda, dan popularitasnya di kalangan wisatawan terus berlanjut hingga saat ini. Memiliki atmosfer yang dingin dan menjadi destinasi wisata membuat Malang memiliki kemiripan dengan Bandung di Jawa Barat sehingga mendapat julukan “Paris dari Jawa Timur”.  

Beberapa wilayah kota Malang saat ini masih mempertahankan sebagian besar nilai historisnya. Didirikan  Belanda pada akhir dekade abad ke-18, kota ini memiliki kemegahan dan semangat kolonial yang membuatnya terkenal sebagai kota paling menarik di Jawa Timur. Selain dari sisi budayanya, kota ini juga menjadi rumah bagi banyak mahasiswa yang kuliah di universitas-universitas yang ada di sana.

Bagi mereka yang hanya berkunjung untuk berlibur, kota ini menjadi tempat yang ideal untuk menjelajahi salah satu sudut Jawa Timur yang menarik ini. Pengunjung dapat berjalan-jalan di jalan raya Malang untuk menikmati bangunan-bangunan kolonial tua dan Balai Kota. Pasar burung dan bunga, Taman Senaputra, Kompleks Kayu Tangan, Alun-Alun Kota, dan Taman Krida Budaya juga merupakan tempat yang menarik untuk disinggahi.

Namun, destinasi Malang yang sebenarnya justru berada di wilayah Kabupaten Malang. Salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi wisatawan, khususnya di akhir pekan, adalah Kota Batu. Awalnya, Batu merupakan bagian dari kota Malang. Namun, statusnya menjadi kota independent, meski berada di wilayah Kabupaten Malang. Kota ini hanya berjarak 19 km dari Malang. Ada sejumlah atraksi yang disajikan di kota Batu, termasuk Jatim Park, Jatim Park 2, Batu Night Spectacular, dan Eco-Green Park.

Destinasi lainnya menampilkan kecantikan alam Jawa Timur. Banyak tempat wisata alam di sana, seperti air terjun Coban Rondo, perkebunan the Wonosari, Gunung Bromo, Gunung Kawi, daan air terjun Coban Pelangi waterfall. Mereka yang menyukai petualangan airdapat berkunjung ke pantai Ngliyep, Balekambang, dan Sendang Biru. 

 

 (Penulis: Yulius Martinus/OB Golf)

Share with

More News

Pemenang Open Championship 2024 akan Terima US$3,1 Juta!

Berburu Emas di Padang Le Golf National

Celebrity Pro-Am: Upaya Combiphar Tularkan “Virus” Golf di Kalangan Selebritas

Kompetisi The Indonesia Pro-Am akan Digelar untuk Kedua Kalinya

Digital Edition

COVER JUN JUL 2024
June - July 2024

Berburu Emas di Padang Le Golf National

Screenshot 2024-04-05 131223
April - May 2024

Kunjungan Ke Dua Destinasi Major

Screenshot 2024-02-05 at 13.13.38
February - March 2024

Pemain Terbaik Indonesia Musim 2023

Cover
December 2023 - January 2024

Juara Sejati di Jagat Golf Indonesia