Mutiara di Laut China Selatan

Bintan merupakan salah satu destinasi utama di Indonesia bagian Barat. Pulau yang memiliki luas 2.402 km2 ini memiliki daya tarik keaslian dan keindahan alamnya. Berlokasi di bagian utara Indonesia Barat, Bintan menjadi destinasi favorit para wisatawan, khususnya dari Malaysia dan Singapura. Pulau terbesar di Provinsi Kepulauan Riau ini memang hanya berjarak sekitar 45 km dari selatan Singapura, bisa dijangkau dalam waktu 50-55 menit dengan perahu boat dari Singapura.

Popularitas Bintan memang terkenal sejak dulu. Lokasinya yang strategis—sebagai salah satu pusat perdagangan di Asia–membuat Bintan menjadi rebutan Portugis, Kesultanan Johor, dan orang Aceh di Sumatera Utara. Ketika era kolonialisme di Indonesia, Inggris, Belanda, dan Jepang pun menguasai Bintan untuk menjaga posisi tempat penting bagi para pedagang.

Photography : iStock

Kini, Bintan tetap mempesona para traveler. Keindahan pantai-pantai pasir putihnya yang berhiaskan perairan biru kehijauan di Laut China Selatan menjadikan Bintan bagaikan “mutiara” yang menarik minat banyak wisatawan untuk berkunjung ke pulau ini. Berbagai resor dan tempat rekreasi tumbuh untuk mengakomodasi kebutuhan para wisatawan. Umumnya, kawasan Lagoi yang berada di utara Bintan menjadi lokasi paling sibuk dengan kehadiran banyak resor dan pusat hiburan.

Di samping tempat-tempat wisata umum, Bintan pun menyodorkan wisata bagi para petualang golf. Ada dua lapangan internasional yang melengkapi keindahan alam Bintan, yaitu Laguna Bintan Golf Club dan Ria Bintan Golf. Dua lapangan karya desainer-desainer golf dunia melengkapi diri dengan fasilitas hotel dan tempat-tempat rekreasi wisata, yang memfasilitasi para pegolf untuk membawa anggota keluarganya untuk berlibur di Pulau Bintan.

 

Tempat Favorit

 

Photography : iStock

Penyangat Island

Berada 6 km di lepas pantai Tanjung Pinang, pulau ini merupakan pusat Kerajaan Melayu Riau. Ada Istana Sultan yang memiliki perpaduan gaya arsitektur Jawa dan kolonial yang kental. Di samping itu, ada Masjid Agung Sultan Riau yang kabarnya dibangun dengan menggunakan campuran putih telur dan jeruk nipis. Pulau ini merupakan pusat kebudayaan Melayu, yang salah satu tokoh yang terkenal adalah Raja Ali Haji—penulis buku tata bahasa Melayu.

Photography : iStock

Pantai Trikora

Panorama pasir putih dan laut dengan air yang jernih menjadi daya tarik Pantai Trikora ini.

Karena memiliki garis pantai yang panjang (21 km), Pantai Trikora terbagi dalam beberapa area. Pantai Trikora ini pun memiliki area yang dijadikan destinasi favorit untuk snorkeling.

Gurun Pasir Busung

Memiliki luas sekitar 6.000 hektare, tempat wisata alam ini merupakan sebuah hamparan pasir yang dilengkapi sebuah danau. Dulu Gurun Pasir Busung ini merupakan bekas pertambangan pasir bauksit yang beroperasi pada zaman Presiden Soeharto.

Photography : iStock

Tur Wisata Mangrove

Bintan sangat kaya dengan pesona alamnya. Salah satunya adalah hutan mangrove. Bintan mangrove merupakan ekowisata yang memberikan wawasan bagi para pengunjungnya untuk menikmati keindahan hutan mangrove dan juga kehidupan fauna di sekitarnya. Wisata Bintan Mangrove ini terletak di Sungai Sebong, sungai yang membelah kawasan Kampung Lagoi dan Desa Sebong Lagoi yang ada di Pulau Bintan.

Photography : iStock

 Lagoi Bay

Berada di wilayah Lagoi, utara Bintan, Lagoi Bay merupakan kawasan pariwisata berskala internasional. Ada berbagai pilihan wisata, seperti Safari Lagoi, Eco Farm, Treasure Bay (kolam renang), Rumah Imaji Lagoi, Pantai Lagoi, dan juga wisata kuliner.

 

Makanan Lokal

MIE TAREMPA

Mie Tarempa atau Mie Siantan adalah kuliner khas kota Tarempa, Anambas, Kepulauan Riau. Mie kuning ini terbuat dari tepung terigu dan telur, dipadukan dengan tauge dan potongan ikan. Mienya sendiri dimasak dengan bumbu cabai.

ASAM PEDAS SEMBILANG

Kepulauan Riau terkenal dengan sajian kuliner seafood-nya. Salah satunya adalah asam pedas sembilang. Makanan ini merupakan kuliner yang bisa ditemukan di Pulau Bintan adalah hidangan ikan sembilang dengan rasa asam dan pedas. Ikannya dibumbui dengan asam jawa, campuran bumbu dan cabai.

NASI DAGANG

Kuliner ini awalnya merupakan nasi yang dibawa  banyak pedagang sebagai bekal di perjalanan. Nasi tersebut disiram dengan kuah kari dan acar, lalu dibungkus menggunakan daun pisang. Namun, kini makanan ini menjadi kuliner di Bintan. Tampilannya hampir sama dengan nasi uduk. Bedanya, nasi dagang diberi kuah kari yang berasal dari ikan tongkol. Hidangan ini akan terasa lebih nikmat jika disantap saat masih hangat.

 

Photography : Amydufy-wordpress | theanmon.com | Pinterest

 

 

Share with

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on email

More News

BHULLAR HAT-TRICK!

Tuah Moving Day bagi Pemuncak Leaderboard

Main tanpa Cela, Itthipat Makin Kokoh di Puncak

Putaran 1 Terhenti, Dua Pegolf Pimpin Leaderboard

Digital Edition

Manifestasi Mimpi 3 Dekade
August - September 2022

Manifestasi Mimpi 3 Dekade

Major Selanjutnya Master Scottie?
June - July 2022

Major Selanjutnya Master Scottie?

Dunia Mengakui The Goat
April - May 2022

Dunia Mengakui The Goat

Goal 2022 Think Like Tiger
February - March 2022

Goal 2022 Think Like Tiger