Menpora Tinjau Pelatnas Timnas SEA Games 2023

Tim golf sedang menjalani pelatnas di Damai Indah Golf-BSD Course, Tangerang Selatan. Persiapan timnas yang akan turun pada SEA Games 2023 Kamboja pada Mei nanti mendapat “suntikan” semangat dari Menpora RI Dito Ariotedjo yang datang ke BSD Course untuk meninjau persiapan pelatnas pada Jumat (14/4) kemarin.

Didampingi Ketua Umum PGI Japto Soerjoseomarno, Deputi IV Kemenpora untuk peningkatan prestasi olahraga Surono, Sekretaris Jenderal PB PGI Suharsono, dan Tim Manajer SEA Games 2023 Kamboja Adi Saksono, Menpora Dito memberikan dorongan motivasi kepada para atlet agar semangat berlatih dan terus optimistis memberikan hasil terbaik untuk Indonesia. Ia sendiri mengaku terkesan dengan persiapan yang dilakukan timnas golf.

Credit: PGI

“Persiapan dari cabang olahraga golf ini saya rasa sudah cukup maksimal dan lengkap komprehensif karena ternyata Ketua Umum PB PGI, Pak Japto, sudah melibatkan psikolog olahraga untuk pengembangan atletnya. Menurut saya, ini merupakan salah satu pengembangan sport science yang harus diterapkan dalam persiapan atlet kita untuk multi-event internasional seperti SEA Games. Hal ini akan berdampak pada fisik dan performance,” jelas Dito.

Dito menambahkan bahwa para atlet ini berlatar belakang pendidikan yang bagus sehingga mereka memiliki potensi yang sangat menjanjikan. “Semoga targetnya, seperti disampaikan Pak Japto, 1 emas di (nomor) putra dan 1 emas putri,” kata Dito.

Penetapan 2 emas ini merujuk pada performa timnas golf di SEA Games 2022 (1 perak putra) dan penampilan tim putri yang bisa menempati posisi ketiga di Queen Sirikit Asia Cup 2023.

“Berbicara target tentu kita berkaca pada pengalaman selama ini karena pada turnamen di Queen Sirikit kemarin kita berada di posisi ketiga. Lawan paling berat mungkin Thailand dan Filipina. Untuk saat ini kita seimbang dengan Thailand,” ujar Japto.

Terkait dengan penerapan psikolog olahraga ini, Japto menjelaskan, “Masalah kita ini di mental dan emosi. Kita juga ada fisioterapi. Semaksimal mungkin kita benahi juga fisiknya. Jadi, di SEA Games nanti yang di tadi disampaikan oleh Pak Menteri kalau bisa jangan hanya satu, kalau bisa minimal dua medali emas,” tutur Ketua Umum PGI yang baru saja terpilih pada 23 Februari lalu.

Saat ini pelatnas golf diikuti sembilan atlet yang lolos seleksi. Namun, pada saat SEA Games nanti, hanya tujuh pemain akan diberangkatkan ke Kamboja, yakni empat pegolf putra dan tiga pegolf putri. Timnas golf Indonesia akan berangkat ke Phnom Penh

Sea Games ke-32 Kamboja akan berlangsung pada 5-17 Mei. Cabor golf akan digelar pada 8-13 Mei. Tahun lalu, Indonesia berhasil menyabet 1 perak di nomor individual putra dan 1 perunggu di beregu putra.

 

Share with

More News

Jalan Panjang Realisasi Kerja Sama PGA Tour-PIF

Penghargaan Bergengsi untuk Legenda Golf Wanita Korea

Brooks Koepka: “Kerja Sama itu dengan PIF, bukan LIV”

Drama itu Makin Memanas

Digital Edition

COVER JUN JUL 2024
June - July 2024

Berburu Emas di Padang Le Golf National

Screenshot 2024-04-05 131223
April - May 2024

Kunjungan Ke Dua Destinasi Major

Screenshot 2024-02-05 at 13.13.38
February - March 2024

Pemain Terbaik Indonesia Musim 2023

Cover
December 2023 - January 2024

Juara Sejati di Jagat Golf Indonesia