Memukul Bola dari Uphill

Ada saatnya bola kita mendarat di lie yang tidak nyaman untuk melakukan pukulan yang normal. Salah satunya adalah uphill lie di area seputaran green. Anda akan dituntut untuk melakukan chip tetapi dengan posisi yang tidak biasa.

Sebagian besar pemain amatir kesulitan untuk melakukan kontak pada area uphill. Dengan kontak yang buruk, kontrol jarak pun menjadi buruk. Oleh karena itu, langkah pertama adalah memastikan kontak yang baik saat dihadapkan pada uphill di sekitar green.

 

Setup

Ketika menemukan posisi bola di uphill lie, Anda terlebih dahulu mengukur jarak antara bola ke green. Jika berkisar antara 4-5 meter, Anda putuskan club no berapa yang digunakan. Saya biasanya menggunakan club yang loftnya lebih rendah, yaitu 50 derajat, agar bola rolling di green. Area uphill akan cenderung meluncurkan bola lebih tinggi ke udara. Posisi kuda-kuda senyaman mungkin karena ini menentukan stabilitas dan keseimbangan badan Anda.

 

Berat Badan

Posisikan bola di tengah kedua kaki. Berat badan lebih ditumpukkan pada kaki kiri (untuk pegolf non-kidal) dan condongkan tubuh Anda sedikit saja ke arah uphill agar Anda tidak bergerak saat mengayunkan stik.

 

 

 

Posisi Dada

Dada berada di atas bola. Sesuaikan kemiringan bukit dengan bahu Anda untuk menghasilkan ayunan dan benturan bola yang terbaik.  

 

Half Swing

Untuk melakukan chip, sebaiknya untuk melakukan half swing. Jika dengan full swing, Anda akan kehilangan keseimbangan dan bola pun akan terpukul lebih jauh dari yang diharapkan. Ayunkan dengan tempo yang mudah dan bagus. Arahkan sedikit ke kanan dari target, karena bola akan cenderung bergerak ke kiri. 

Selamat mencoba!

 

(Berlatih dengan Jowi/ Penulis: Yulis Martinus/ Fotografi: YM| OB Golf)

Share with

More News

Peluncuran Si Pemberani Baldo

Sergio Garcia Lakukan Debut Desain Lapangan Golf di Portugal

Berkah Valhalla bagi Xander Schauffele

Terobos Antrean Kecelakaan, Juara Masters 2024 Ditahan

Digital Edition

Screenshot 2024-04-05 131223
April - May 2024

Kunjungan Ke Dua Destinasi Major

Screenshot 2024-02-05 at 13.13.38
February - March 2024

Pemain Terbaik Indonesia Musim 2023

Cover
December 2023 - January 2024

Juara Sejati di Jagat Golf Indonesia

cover
October - November 2023

Petualangan Viking di Benua Merah