Targetnya, Masuk Top 15 Order of Merit

Tahun ini pastinya akan menjadi tantangan yang besar dan berat bagi Naraajie Emerald Ramadhanputra. Statusnya sebagai pemain Asian Tour, Naraajie tentunya akan menghadapi field yang kompetisinya lebih ketat. Meski demikian, dengan pengalaman dan jam terbangnya,  Naraajie tidak akan mengalami banyak kesulitan di arena kompetisi seperti ini. Bagaimana petualangannya di musim pertama sebagai profesional? Naraajie membeberkannya kepada OB Golf.

Musim pertama sebagai profesional, 13 kali tampil di turnamen internasional, finis Top 10 3 kali (di ADT, termasuk 2 gelar ADT) dan 2 MC (2 turnamen Asian Tour), bagaimana Rajie menilai permainan di musim pertama profesional ini?

Alhamdulillah, bersyukur saja sih. Enggak expect bisa menang 2 kali, walaupun banyak up and down-nya. Missed the cut 2 kali di Asian Tour sedikit mengecewakan, tapi banyak pelajaran yang saya ambil.

Apakah hasil-hasil dalam satu musim ini sudah masuk dalam target di musim pertama atau di luar ekspektasi?

Di luar ekspektasi pastinya. Biasanya, saya–kalau dalam suasana baru–harus adaptasi sedikit lama, tapi bisa menang 2 kali sudah bersyukur banget .

Juni menang di OB Golf Invitational, dan gelar berikutnya di Desember (PIF Saudi Open). Apakah ada perbedaan antara kemenangan pertama dan keberhasilan kedua?

Hmm mungkin yang pertama itu last round-nya lawan Jowi (Jonathan Wijono) ya dan fight-nya gila-gilaan sampai hole terakhir. Kalau di Arab kemarin hari terakhir, 9 hole pertama saya sudah leading banyak, jadi 9 hole kedua lebih santai less pressure.

Photography: OB Golf/YM

Apa feeling yang dirasakan ketika menang pertama dengan menang yang kedua?

Yang pertama (OB Golf Invitational) lebih kaget aja kali ya, apalagi ditonton orang tua. Hari terakhirnya jadi terasa lebih tegang tapi senang juga.

Ketika menang di PIF Saudi Open, apakah game plan-nya tetap sama dengan juara di OB Golf Invitational di BSD dengan posisi leading menuju putaran akhir?

Sama banget

Seperti apa game plan-nya (waktu itu)?

Sebisa mungkin bolanya tetap di fairway – green. Feelingnya kayak hari pertama & kedua.

Seminggu sebelum Saudi Open, Rajie missed the cut di Indonesian Masters 2022. Padahal, banyak yang prediksi Rajie bakal tampil bagus di Royale. Apa yang terjadi waktu itu?

Hmm, ball striking lagi kurang bagus waktu itu, jadi enggak bisa ngapa-ngapain juga sih. Tapi saya masih fight back setelah hari pertama 3-over, hari kedua 1-under.

Lalu, apa evaluasi Rajie setelah IM 2022, dan lalu main di Saudi Open? Kalau melihat permainan Rajie di Saudi Open seperti enggak ada bekas-bekasnya (penampilan kurang memuaskan di Royale).

Ya itu tadi evaluasinya karena ball striking enggak bagus. Setelah Indonesian Masters, Andrew (Wirawan) bantu ngeliatin swing saya. Habis itu (pukulannya) enak, ya jadi pede saja sih. Sama enggak ekspektasi berlebihan ketika main di Arab karena habis missed cut.

Desember kemarin, Rajie melakukan tour (3 minggu berturut-turut) di 3 event ADT. Bagaimana rasanya melakukan touring seperti itu?

Sebenarnya 5 turnamen berturut-turut dari sebelum Indonesian Masters. Ya, capek tapi dibawa enjoy saja sih, apalagi 5 turnamen itu beda-beda negara lapangan. Alhamdulillah fisik saya bagus, jadi enggak kerasa terlalu capek banget.

Melihat permainan Rajie di musim pertama sebagai pemain pro, apakah perlu improvement pada Rajie? Jika perlu improvement, hal-hal apa yang perlu diperbaiki?

Tahun 2022 putting sama off the tee saya kurang bagus, jadi saya tahun ini fokus improve ke 2 hal itu saja sih.

Tahun ini (2023) Rajie resmi menyandang status sebagai pemain Asian Tour (AT). Apa target musim 2023 di Asian Tour?

Target bisa masuk Top 15 Order of Merit.

Field dan jadwal Asian Tour bakal lebih padat dan lebih ketat. Apakah ada penambahan dalam persiapan untuk kompetisi tersebut?

Mungkin penambahan (latihan) fisik saja sih, karena kan sudah biasa (main) juga turnamen lumayan banyak di ADT.

Share with

More News

Tekad Jin Young Ko untuk Cetak Hattrick

Comeback Mantan Bintang Ryder Cup ke LIV Golf Jeddah?

Bintang Indonesia Ramaikan Ajang US$1,1 juta

Undangan Spesial untuk Pemain LIV Golf

Digital Edition

Screenshot 2024-02-05 at 13.13.38
February - March 2024

Pemain Terbaik Indonesia Musim 2023

Cover
December 2023 - January 2024

Juara Sejati di Jagat Golf Indonesia

cover
October - November 2023

Petualangan Viking di Benua Merah

Cover
August - September 2023

Misi Roma: Mematahkan Dominasi AS