Makin Kokoh di Puncak, Bhullar Unggul 3 Pukulan

Dominasi pegolf India Gaganjeet Bhullar terus berlanjut di BNI Indonesian Masters presented by Tunas Niaga Energi 2023 di Royale Jakarta Golf Club. Menyelesaikan putaran kedua hari ini, Bhullar melebarkan jarak dengan para pesaingnya setelah berhasil mencetak skor 67 (4-di bawah-par). Dengan hasil ini, posisi pegolf berusia 35 tahun tersebut makin kokoh di puncak klasemen turnamen berhadiah total US$1,5 juta dengan keunggulan 3 pukulan.

Mengawali putaran kedua dari tee 1, Bhullar tampil percaya diri. Empat birdie dapat dicetak hingga hole 8. Namun, di hole 9, Bhullar tersandung dan terpaksa membuat bogey. Di sembilan hole, Bhullar meraih dua birdie di hole 12 dan 16. Lagi-lagi, bogey di hole 17 mengurangi perolehan skor di bawah-par-nya. Skor 4-di bawah-par menutup permainan 36 hole.

Credit: Paul Lakatos/Asian Tour.

“Hari ini, saya bermain dengan baik. Saya berusaha sepenuhnya untuk mendapatkan banyak kesempatan bagus, hanya saja membuat dua kesalahan yang tidak perlu dan saya pikir itu sudah cukup bagus,” kata pegolf asal Amritsar, India, yang mencetak dua pukulan dari chip hari ini.

“Saya pikir salah satu faktor yang membuat saya bisa berada di posisi sekarang, 12-di bawah-par setelah dua putaran adalah kemampuan drive saya. Dalam dua putaran terakhir, saya pikir hanya miss (gagal mendaratkan bola) di dua fairway. Semakin banyak fairway yang bisa Anda mainkan, Anda memberikan diri Anda lebih banyak kesempatan untuk lebih dekat dengan bendera (penanda untuk hole). Itulah yang saya lakukan kemarin dan hari ini.”

“Tujuannya adalah untuk tetap berada di momen tersebut. Tetap fokus dan terus bekerja keras. Terus melakukan apa yang saya coba lakukan,” tambah Bhullar.

Bhullar memimpin dengan tiga pukulan dari pegolf Kanada Richard T. Lee dan dan empat pukulan dari juara turnamen major US Masters 2018 Patrick Reed (USA). Putaran kedua BNI Indonesian Masters presented by Tunas Niaga Energi 2023 meloloskan 72 pegolf ke 2 putaran terakhir (18 dan 19 November). Batas cut ditetapkan pada skor total 140 (2-di bawah-par).

2 Pegolf Indonesia Lolos Cut

Dari 72 pegolf yang lolos cut, Indonesia masih melanjutkan tradisi dengan menempatkan 2 pegolf terbaiknya ke 2 putaran akhir. Jonathan Wijono terlebih dahulu melenggang ke putaran ketiga BNI Indonesian Masters presented by Tunas Niaga Energi 2023 dengan mulus. Ketika batas cut ditetapkan pada 2-di bawah-par (140), Jowi—demikian panggilan akrab Jonathan—berhasil menyelesaikan 36 hole dengan 5-di bawah-par setelah menyelesaikan putaran kedua dengan skor 69 (2-di bawah-par).

Memulai putaran kedua dari tee 10, Jowi mampu menutup sembilan hole pertama (first nine) dengan dua birdie sehingga sementara mengumpulkan total 5-di bawah-par. Sayangnya, di hole 10, double bogey harus dibuat Jowi. Namun, ia berhasil bangkit dan menyelesaikan sembilan hole kedua (back nine) dengan tambahan dua birdie.

“Meski hasilnya 2-under (2-di bawah-par), hari ini saya merasa lebih bagus mainnya. Tee off-nya (pukulan dari tee) lebih oke dari kemarin. Cuma memang ada satu kecelakaan di hole 1 (hole 10 untuk permainan Jowi). Tapi nggak panik sih. Karena mikir masih even par. Most of all hari ini semua oke sih,” kata Jowi, pada putaran kedua BNI Indonesian Masters presented by Tunas Niaga Energi 2023 ini yang menggunakan putter pinjaman.

Skor 69 di putaran kedua akhirnya meloloskan Jowi yang mengumpulkan skor total 137 ke putaran ketiga untuk pertama kalinya dalam 4 kali kesempatan di turnamen profesional terbesar di Indonesia ini. Ia menempati T21 dan hanya berjarak 2 pukulan dengan para pegolf di Top 5 klasemen.

“Pastinya amazing (bisa lolos cut). Nggak bisa di-describe. Tapi, saat ini saya hanya fokus pada permainan. Meski targetnya sih, seperti yang ditanamkan di mindset saya ke situ (masuk 4 besar),  saya hanya ingin fokus pada setiap pukulan, bukan target,” tambah pegolf berusia 22 tahun ini.

Setelah Jowi, Kevin C. Akbar pun menyusul keberhasilan mantan rekan timnya di timnas Indonesia semasa amatir tersebut dengan lolos cut. Memulai permainan putaran kedua dengan skor 2-di atas-par (73), Kevin yang selalu menerapkan holiday mindset-nya dalam setiap permainan tampil gemilang dengan membukukan skor 67 (4-under-par). Mengoleksi skor total 2-di bawah-par, pegolf berusia 25 tahun tersebut mengulangi kesuksesannya ke putaran berikutnya di BNI Indonesian Masters presented by Tunas Niaga Energi tahun lalu.

“Hari ini sih mainnya cukup bagus pukulannya, driver juga banyak yang lurus. Cuma mungkin bisa dibilang mainnya tidak se-enjoy kemarin walau hari ini skornya lebih bagus. Kenapa? Karena ketika tadi startnya (9 hole pertama) cukup bagus, birdie-birdie-par-par-birdie, 3-under, terus sudah mulai kepikiran bisa make cut nih. Tapi akhirnya saya bilang ke diri saya sendiri kalau tujuan kami main minggu ini kan cuma enjoy saja. Holiday mindset seperti biasa. jadi, kalimat itu yang membuat saya kembali tenang dan fokus lagi,” jelas Kevin, yang mencetak 6 birdie dan dua bogey di putaran kedua hari ini.

 

HASIL SEMENTARA PUTARAN KEDUA

BNI INDONESIAN MASTERS PRESENTED BY TNE

Total Hadiah US$1,500,000

Royale Jakarta Golf Club, Par 71

 

Pos.     Nama                                                       R1        R2        Total    Ke Par

1           Gaganjeet Bhullar (IND)                           63         67      

2           Richard T. Lee (CAN)                              66         67         133       -9

3           Patrick Reed (USA)                                  66         68         134       -8

T4         Zach Murray (AUS)                                  67         68         135       -7

Gunn Charoenkul (THA)                          67         68         135       -7

Seungtaek Lee (KOR)                              70         65         135       -7

Lauren Micah Shin (USA)                        69         66         135       -7

….

T21       Jonathan Wijono (INA)                             68         69         137       -5

T55       Kevin C. Akbar (INA)                               73         67         140       -2

Share with

More News

Terobos Antrean Kecelakaan, Juara Masters 2024 Ditahan

Schauffele Cetak Rekor "Lowest Round" di PGA Championship

XEXYMIX, Kombinasi Sportwear dan Leisurewear

Jelang PGA Championship, Scheffler Jadi Ayah - McIlroy Layangkan Gugatan Cerai

Digital Edition

Screenshot 2024-04-05 131223
April - May 2024

Kunjungan Ke Dua Destinasi Major

Screenshot 2024-02-05 at 13.13.38
February - March 2024

Pemain Terbaik Indonesia Musim 2023

Cover
December 2023 - January 2024

Juara Sejati di Jagat Golf Indonesia

cover
October - November 2023

Petualangan Viking di Benua Merah