Kursi Ryder Cup untuk Pegolf LIV Golf?

Keberhasilan Brooks Koepka di Oak Hill Country Club membuka peluangnya untuk bermain di Ryder Cup. Kapten Ryder Cup Zach Johnson belum memutuskan apakah Koepka bisa bergabung atau tidak.

Menjuarai PGA Championship 2023 tidak hanya menjadikan Brooks Koepka sebagai pegolf LIV Golf pertama yang bisa menang di turnamen major, tetapi membuka pintu untuk bermain di kompetisi beregu Ryder Cup.

Dua penampilan apik Koepka di 2 turnamen major: Masters dan PGA Championship mampu mengangkat namanya dalam daftar peringkat pegolf tim AS untuk Ryder Cup. Hingga 24 Mei, pegolf berusia 33 tahun tersebut berada di posisi kedua setelah Scottie Scheffler, melewati Max Homa, Xander Schauffele, Patrick Cantlay, dan Cameron Young yang berada di belakangnya.

Meski bermain di LIV Golf, Koepka tercata sebagai anggota PGA of America. Organisasi tersebut menjalankan PGA Championship dan Ryder Cup. Karena itu, ia berhak untuk memperkuat tim AS di Ryder Cup, yang akan berlangsung di Roma, Italia, pada September.

Meski demikian, Kapten AS Zach Johnson tidak mau berspekulasi mengenai peluang Koepka di timnya. Ia mengakui bahwa Koepka memang berada dalam posisi untuk masuk tim. Namun, terlalu dini untuk memutuskan masuk atau tidaknya. Karena penyelenggaraan Ryder Cup masih empat bulan lagi, Johnson mengatakan apa pun bisa terjadi dalam rentang waktu tersebut.

“Terlalu prematur, untuk memberikan pendapat tentang hal itu,” kata Johnson di PGA Championship. “Ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Jadi, saya belum mulai mendiskusikan pilihan dengan siapa pun yang saya percayai dalam lingkaran saya, khususnya para wakil kapten. Saya merasa hal tersebut tidak relevan untuk didiskusikan.”

Koepka memang masih memiliki dua kesempatan, US Open dan Open Championship, untuk memantapkan posisinya di peringkat Ryder Cup. Meski demikian, peluangnya cukup ketat mengingat pesaing-pesaingnya lebih memiliki banyak kesempatan dengan banyaknya turnamen yang mempunyai poin untuk Ryder Cup. Johnson sendiri baru menetapkan anggota tim seminggu setelah Tour Championship 2023.

Koepka sendiri rupanya terpacu untuk membuat pusing Johnson dengan posisinya di Ryder Cup. “Tetapi saya ingin membuatnya sulit baginya. Itu akan sangat keren. Satu-satunya hal yang bisa saya lakukan adalah bermain bagus. Jika saya bermain bagus, semuanya akan berjalan dengan sendirinya,” jelas mantan pegolf No. 1 Dunia ini.

 

Share with

More News

Tekad Jin Young Ko untuk Cetak Hattrick

Comeback Mantan Bintang Ryder Cup ke LIV Golf Jeddah?

Bintang Indonesia Ramaikan Ajang US$1,1 juta

Undangan Spesial untuk Pemain LIV Golf

Digital Edition

Screenshot 2024-02-05 at 13.13.38
February - March 2024

Pemain Terbaik Indonesia Musim 2023

Cover
December 2023 - January 2024

Juara Sejati di Jagat Golf Indonesia

cover
October - November 2023

Petualangan Viking di Benua Merah

Cover
August - September 2023

Misi Roma: Mematahkan Dominasi AS