Kompetisi Level Tertinggi Asian Tour

International Series kini telah menjadi primadona baru dalam peta kompetisi di Asian Tour. Dengan menyediakan hadiah yang besar, dan juga peluang untuk bertanding di level kompetisi yang lebih tinggi, International Series telah menjadi medan pertarungan para pegolf internasional untuk mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

Tahun ini International Series telah memasuki musim kedua. Rangkaian seri turnamen yang digulirkan Asian Tour dengan dukungan penuh dari LIV Golf Investments tersebut saat ini merupakan event premium badan touring profesional di Asia tersebut.

Melalui kerja sama Asian Tour dan LIV Golf Investments, International Series direncanakan akan berlangsung hingga 10 tahun ke depan. Ini merupakan salah satu investasi terbesar dalam sejarah golf profesional di Asia.

International Series menyediakan hadiah total bervariasi antara US$1,5 juta-US$2 juta. Nilai hadiah yang ditawarkan tersebut relatif cukup besar untuk kompetisi golf di Asian Tour. Tidak mengherankan jika International Series yang dianggap sebagai marquee events-nya Asian Tour ini menjadi turnamen-turnamen yang paling diimpikan para pegolf dari badan touring tersebut.

Jika tahun lalu International Series memulai debut musim pertama dengan 7 turnamen, musim ini International Series telah siap dengan 9 seri. Seperti halnya musim lalu, International Series pun menjangkau destinasi yang belum pernah disinggahi para pegolf Asian Tour. Tahun lalu International Series berlangsung di Inggris, Maroko, dan Mesir, kali ini Asian Tour berkunjung ke Oman, Qatar, dan Skotlandia (tepatnya di Fairmont St. Andrews melalui St. Andrew Bay Championship).

“Hal yang International Series lakukan kepada kami adalah travel ke lokasi-lokasi yang lebih unik. Hadiah yang besar dan benar-benar menggantikan event co-sanction dengan DP World Tour. Kami telah menggantinya dengan event-event yang telah terpenuhi yang semuanya murni Asian Tour, tidak ada co-sanction. Juga sangat bagus bagi orang-orang kami untuk mendapatkan exposure di pasar-pasar tersebut. Namun, hal ini juga sangat bagus bagi pasar-pasar tersebut, diekspose kepada para pegolf Asia dan Asian Tour di Mesir, misalnya. Itu (International Series Mesir) adalah event (golf) terbesar di Mesir,” jelas Cho Minn Thant, Commissioner & CEO Asian Tour, merefleksikan pergelaran International Series di negara-negara baru tersebut.

Adanya International Series membuat kalender event Asian Tour lebih dinamis. Meski belum sepadat musim 2018 (dengan turnamen terbanyak: 35 event), Asian Tour berhasil menggelar 20 turnamen dengan kualitas event dan juga pesertanya lebih baik dan kompetitif setelah roda kompetisi terhenti lebih dari 1,5 tahun akibat pandemi Covid 19. Adanya International Series yang hadir dalam kalender event Asian Tour 2022 ternyata berdampak positif pada para pegolf Asian Tour.

Photography : Asian Tour

Keberadaan International Series dengan status premium-nya tersebut tentunya membuat level kompetisi makin ketat. Asian Tour bahkan membuka pintu para pegolf LIV Golf League, seperti Joaquin Niemann (CHI), Sergio Garcia (ESP), Graeme McDowell (NIR), dan Mito Perreira (CHI) di International Series Oman, Charl Schwarzel (RSA) di International Series Qatar, serta David Puig (ESP) di International Series Vietnam, untuk ikut berpartisipasi di International Series. Ditambah lagi, kehadiran beberapa pegolf dari Japan Golf Tour yang juga meramaikan kompetisi. Ini tentunya membuat turnamen tersebut menjadi lebih kompetitif, dan para peserta pun makin teruji untuk tampil lebih baik.

“Membantu mereka tumbuh dalam kepercayaan diri dan memberi mereka pengalaman. Salah satu bukti yang jelas dari hal itu adalah Sadom (Kaewkanjana) yang finis ke-11 di Open (2022) merupakan hasil dari event-event tersebut dan benar-benar merasa seperti berada di panggung dunia. Jadi saya pikir itu adalah manfaat terbesar bagi kami untuk mendapatkan exposure, pengalaman dan keyakinan bahwa mereka dapat bersaing,” ujar Cho.

Selain hadiah besar dan juga pengalaman bertanding dalam level kompetisi yang tinggi, International Series pun menawarkan reward yang lebih besar lagi. Pegolf yang mampu menduduki posisi teratas di posisi puncak Order of Merit International Series di akhir musim bakal meraih tiket untuk bermain di LIV Golf League musim berikutnya. Ini seakan menjadi naik kelas bagi para pegolf Asian Tour yang lulus di OOM tersebut. Mereka akan bersaing dengan para pegolf dunia dalam satu liga yang bertaburkan hadiah uang yang lebih besar dan juga privilege lainnya.

Scott Vincent (ZIM) telah merasakan reward tersebut ketika berhasil menjadi pemuncak OOM International Serie 2022. Ia kini terdaftar sebagai salah satu peserta LIV Golf League 2023. Saat ini pegolf Zimbabwe berusia 30 tahun tersebut mampu bersaing dengan 49 pegolf lainnya, dan berada di posisi 23 dari daftar klasemen LIV Golf League 2023 setelah LIV Golf DC pada 26-28 Mei lalu.

Melalui International Series, Asian Tour dan LIV Golf Investments bekerja sama dalam mendorong partisipasi lebih besar di antara para penggemar, menarik minat pasar komersial baru dan untuk membantu menstabilkan golf profesional—khususnya di Asia dan sekitarnya–setelah mengalami periode gangguan dan ketidakpastian di seluruh dunia yang berkelanjutan. Ini merupakan bagian rencana dari strategi jangka panjang dari kerja sama tersebut.

 

KALENDER INTERNATIONAL SERIES

MUSIM 2022

Date                Tournament                                       Winner                                   Score   To par

6 Mar              International Series Thailand             Sihwan Kim                             262      −26

5 Jun                International Series England              Scott Vincent                           272      −12

14 Aug             International Series Singapore           Nitithorn Thippong                 272      −16

21 Aug             International Series Korea                  Ok Tae-hoon                            269      −15

6 Nov               International Series Morocco             Jazz Janewattananond            280      −12

13 Nov             International Series Egypt                  Andy Ogletree                        257      −23

4 Dec               BNI Indonesian Masters                     Sarit Suwannarut                     268      −20

 

MUSIM 2023

Date                Tournament                                       Winner                                   Score   To par

12 Feb             International Series Oman                 Takumi Kanaya                        278      −10

19 Feb             International Series Qatar                  Andy Ogletree                        281      −7

12 Mar            International Series Thailand             Wade Ormsby*                       268      −20

16 Apr             International Series Vietnam              Kieran Vincent 269                  −1

20 Aug             International Series England

27 Aug             St Andrews Bay Championship

8 Oct                International Series Singapore

12 Nov             Hong Kong Open

19 Nov             Indonesian Masters

 

*menang play-off

Share with

More News

Empat Asisten Kapten Tim Internasional Presidents Cup 2024 Diumumkan

Peningkatan Kualitas Turnamen Medco-Pondok Indah International Amateur 2024

Raja Baru OOM Asian Tour

14 Srikandi Profesional Indonesia

Digital Edition

Screenshot 2024-04-05 131223
April - May 2024

Kunjungan Ke Dua Destinasi Major

Screenshot 2024-02-05 at 13.13.38
February - March 2024

Pemain Terbaik Indonesia Musim 2023

Cover
December 2023 - January 2024

Juara Sejati di Jagat Golf Indonesia

cover
October - November 2023

Petualangan Viking di Benua Merah