Kembali ke East (Course)

Turnamen major kedua tahun ini akan berlangsung di wilayah timur Amerika Serikat, tepatnya Oak Hill Country Club (East Course). Wajah East Course akan berbeda disbanding sepuluh tahun lalu. Seperti apakah perubahannya?

Satu dekade telah berlalu. Kini, PGA Championship akan kembali menyambangi Oak Hill Country Club, Pittsford, New York untuk penyelenggaraan turnamen major yang ke-104. Digelar di East Course, lapangan golf yang dibangun pada 1901 menjadi venue PGA Championship untuk keempat kalinya.

East Course tahun ini akan sangat berbeda dengan kondisi di sepuluh tahun lalu ketika Jason Dufner menyabet Wanamaker Trophy. Lapangan yang didesain Donald Ross ini mengalami renovasi besar-besaran oleh arsitek lapangan golf Andrew Green.

“Saya tidak sabar menantikan Championship dimulai dan para pemain terbaik di dunia akan datang dan ditantang di Oak Hill yang baru. Ini akan luar biasa,” kata Kerry Haigh, PGA of America’s Chief Championship Officer, seperti dikutip Democrat & Chronicle.

Perubahan East Course adalah ratusan pohon besar dan indah ditebang, yang membuat landing area lebih terbuka. Ini tentu saja memberikan kemudahan untuk melakukan pukulan off the tee, approach, dan chipping sekitar green.

“”Sebelumnya, para pemain yang melakukan pukulan benar-benar dipaksa untuk melakukan chip ke arah fairway, karena ada begitu banyak pepohonan, mereka. Sekarang mereka ada kesempatan untuk memukul pukulan ke arah green. Saya pikir para pemain akan lebih menikmatinya,” jelas Haigh.

Drainase canggih dipasang di bawah setiap green, yang kini menggunakan jenis rumput baru. Bentuk beberapa hole telah diubah sehingga menciptakan variasi lokasi penempatan pin yang lebih luas. Sebagian besar bunker telah dibentuk ulang dan diisi dengan pasir baru serta beberapa tee baru telah dibangun dengan jarak  lapangan par-70 yang bertambah hingga hampir 7.400.

Ada 3 hole yang berubah. Hole 6 par 3 yang lama  telah hilang, berganti par-3 yang lebih pendek dan menjadi hole kelima. Hole 5 yang lama kini menjadi No. 6 dan telah diperpanjang menjadi par-4 sepanjang 504 yard. Hole ke-15 par-3 memiliki green yang telah pindah posisi dan tidak lagi ada kolam di di sisi kanan green.

Turnamen Major di Oak Hill Country Club

1956 U.S. Open Cary Middlecoff 281 (+1)
1968 U.S. Open Lee Trevino 275 (–5)
1980 PGA Championship Jack Nicklaus 274 (–6)
1989 U.S. Open Curtis Strange 278 (–2)
2003 PGA Championship Shaun Micheel 276 (–4)
2013 PGA Championship Jason Dufner 270 (–10)

Share with

More News

Tekad Jin Young Ko untuk Cetak Hattrick

Comeback Mantan Bintang Ryder Cup ke LIV Golf Jeddah?

Bintang Indonesia Ramaikan Ajang US$1,1 juta

Undangan Spesial untuk Pemain LIV Golf

Digital Edition

Screenshot 2024-02-05 at 13.13.38
February - March 2024

Pemain Terbaik Indonesia Musim 2023

Cover
December 2023 - January 2024

Juara Sejati di Jagat Golf Indonesia

cover
October - November 2023

Petualangan Viking di Benua Merah

Cover
August - September 2023

Misi Roma: Mematahkan Dominasi AS