Jumlah Penonton Alami Trend Penurunan

Kemeriahan THE PLAYERS Championship 2024 ternyata tidak sebanding dengan antusiasme penonton turnamen termahal di PGA Tour tersebut. Persoalan PGA Tour-LIV Golf yang berlarut-larut dianggap menjadi salah satu faktor pendorong dalam penurunan jumlah penonton. 

Ketika Scottie Scheffler merayakan keberhasilannya dalam mempertahankan gelar THE PLAYERS Championship 2024, ada hal yang mengganjal pasca-pergelaran turnamen berhadiah US$25 juta tersebut ternyata mengalami penurunan dalam jumlah penonton. Ini rupanya menjadi trend yang terjadi di kompetisi PGA Tour. 

Menurut statistik pemirsa yang dilaporkan oleh Sports TV Ratings di Twitter, liputan NBC tentang Players Championship pada Minggu menarik perhatian sebanyak 3,5 juta pemirsa, turun 17 persen dari putaran final tahun lalu yang mencapai 4,1 juta. Faktanya, menurut Sports Media Watch, putaran final THE PLAYERS Championship 2024 adalah final yang paling sedikit ditonton untuk event yang disebut-sebut sebagai “major kelima golf” dalam 10 tahun terakhir, dengan pengecualian penyelenggaraan pada tahun 2022 (2,91 juta) ketika turnamen berakhir pada Senin karena penundaan cuaca.

Penurunan jumlah penonton telah menjadi tren yang mengkhawatirkan bagi PGA Tour tahun ini. Sepekan sebelum THE PLAYERS, putaran final Arnold Palmer Invitational–yang juga dimenangi Scottie Scheffler–  hanya mampu menarik 2,3 juta pemirsa yang disiarkan secara langsung di NBC. Jumlah ini turun 30 persen dari 3,3 juta pemirsa pada tahun lalu saat Kurt Kitayama meraih gelar juara.

Putaran final Genesis Invitational pun turun 5 persen dari 3,4 juta pada 2023 ketika dimenangi pemain baru LIV Golf, Jon Rahm, menjadi 3,2 juta tahun ini. Jumlah penonton pada putaran pertama turnamen yang berlangsung di Riviera, yang diikuti penampilan buruk Tiger Woods, drop hingga 51 persen. 

Sementara itu, AT&T Pebble Beach Pro-Am yang merupakan signature tournament-nya PGA Tour harus berakhir tragis dengan pembatalan putaran akhir akibat cuaca buruk. Pembatalan ini justru menggeser perhatian penonton ke LIV Makayoba yang juga digelar pada Minggu, sehingga bisa mencatat jumlah signifikan dengan 432 ribu. 

Ketidakhadiran Tiger Woods, pemenang dari golongan outsider, hilangnya para bintang yang lari ke LIV, dan berlarut-larutnya negosiasi antara PGA Tour dan Public Investment Fund dari Arab Saudi tentunya berkontribusi dalam penurunan penonton dari tahun ke tahun. Sikap Komisioner PGA Tour Jay Monahan yang abu-abu membuat frustrasi dalam internal PGA Tour sendiri. 

“Saya, sebagai penggemar golf, sudah bosan. Saya pikir semua pertengkaran dan saling serang ini harus dihentikan. Jika dengan bersatu, hal itu bisa hilang dan kita bisa mencapai kesepakatan dengan PIF, itu bagus,” kata Billy Horschel, pemain PGA Tour, seperti dikutip Golf Monthly. “Sekarang bagaimana hal itu mengubah pemain [LIV] kembali ke PGA Tour? Saya tidak tahu.”

(Penulis: Yulius Martinus – OB Golf)

Share with

More News

Peluncuran Si Pemberani Baldo

Sergio Garcia Lakukan Debut Desain Lapangan Golf di Portugal

Berkah Valhalla bagi Xander Schauffele

Terobos Antrean Kecelakaan, Juara Masters 2024 Ditahan

Digital Edition

Screenshot 2024-04-05 131223
April - May 2024

Kunjungan Ke Dua Destinasi Major

Screenshot 2024-02-05 at 13.13.38
February - March 2024

Pemain Terbaik Indonesia Musim 2023

Cover
December 2023 - January 2024

Juara Sejati di Jagat Golf Indonesia

cover
October - November 2023

Petualangan Viking di Benua Merah