Juara dalam Debut International Series

International Series Macau menjalani debutnya pada 14-17 Maret 2024. Berlangsung di Macau Golf and Country Club, turnamen berhadiah total US$2 juta tersebut diikuti beberapa bintang golf dunia, seperti Patrick Reed, David Puig, Graeme McDowell, Ian Poulter, dan Sergio Garcia, serta pegolf-pegolf elite Asian Tour.

Debut International Series di Macau ini akhirnya menjadi milik John Catlin yang juga menjalani debut dalam event premium Asian Tour. Pegolf asal Amerika Serikat tersebut menghentikan perlawanan David Puig (ESP) dalam sudden-death play-off untuk memenangi trofi sekaligus cek senilai US$360 ribu. Keduanya sama-sama mengumpulkan skor 23-under sehingga harus menyelesaikannya dalam playoff.

Memulai putaran akhir dengan keunggulan 2 pukulan (192, 18-under), Catlin melanjutkan dominasinya di final round tersebut. Lima birdie dalam 10 hole pertama seakan memberikan penegasan bahwa tangga juara sudah dekat. Ketika bogey di hole 11, Puig yang bermain dalam grup keempat di depan Catlin mulai menempel ketat dengan selisih 2 pukulan. Namun, Catlin kembali memperlebar jarak menjadi 3 pukulan setelah birdie di hole 14.

Credit: Paul Lakatos/Asian Tour.

Puig lagi-lagi membukukan 3 birdie berturut-turut di 3 hole akhir, sehingga menyamakan skor 23-under dengan Catlin yang masih menyisakan 3 hole. Sayang, 3 hole tersisa ini gagal dimanfaatkan Catlin yang hanya menyelesaikannya dengan par.

Keduanya menyelesaikan playoff dalam dua hole tambahan. Setelah hole pertama sama-sama mencetak skor yang sama, Catlin yang membuat bogey berhasil memenangi hole kedua setelah Puig menyelesaikannya dengan par.

“Kami membuatnya sedikit lebih sulit dari yang seharusnya kami lakukan,” kata Catlin kepada kedinya, Barry Cornwall, setelah berhasil memasukkan winning putt. “Maksud saya, jika Anda mengatakan kepada saya bahwa saya akan finis minus 23 di turnamen ini, dan saya masih harus bermain di babak play-off, saya akan berkata, Anda bercanda. Tapi itu sangat spesial sepanjang minggu, saya berjuang sangat keras. Anda tahu, saya berjuang sepanjang minggu dan untuk keluar sebagai pemenang adalah hal yang sangat, sangat istimewa.”

David Puig, credit: Paul Lakatos/Asian Tour

Keberhasilan Catlin memang tidak terlepas dari penampilannya sehari sebelumnya yang tampil luar biasa dengan skor 59 (11-under) sebagai pegolf pertama yang berhasil break 60 di Asian Tour. Ia merengkuh gelar kelima di Asian Tour setelah terakhir kali menang pada 2019 di Thailand Open, yang juga diselesaikan dengan playoff. Ini pun menjadi pembalasan pegolf berusia 33 tahun setelah kalah dari Puig di turnamen pembuka 2024 IRS Prima Malaysian Open.

Kemenangan ini juga membenarkan keputusannya untuk kembali bermain di Asian Tour. Catlin telah berkompetisi di Eropa selama empat musim terakhir – di mana dia memenangkan gelar beruntun pada 2020 dan sekali pada 2021 – tetapi setelah dua tahun tampil kurang bagus, dia memilih untuk bermain di Asian Tour Qualifying School tahun ini, di mana dia berhasil lolos di posisi ke-19.

Catlin kini menempati posisi kedua dalam Asian Tour Order of Merit, sementara Puig mendapatkan penghiburan dengan menjadi nomor satu. Untuk The International Series Rankings, Carlos Ortiz dari Meksiko masih berada di urutan pertama, dengan Catlin di urutan kedua dan Puig di urutan ketiga.

Share with

More News

Peluncuran Si Pemberani Baldo

Sergio Garcia Lakukan Debut Desain Lapangan Golf di Portugal

Berkah Valhalla bagi Xander Schauffele

Terobos Antrean Kecelakaan, Juara Masters 2024 Ditahan

Digital Edition

Screenshot 2024-04-05 131223
April - May 2024

Kunjungan Ke Dua Destinasi Major

Screenshot 2024-02-05 at 13.13.38
February - March 2024

Pemain Terbaik Indonesia Musim 2023

Cover
December 2023 - January 2024

Juara Sejati di Jagat Golf Indonesia

cover
October - November 2023

Petualangan Viking di Benua Merah