Jebolan ADT Amankan Kartu PGA Tour

Perhelatan Rocket Mortgage Classic di akhir pekan lalu (31/7) memberikan akhir yang manis bagi Joohyung Kim. Berkat 1 eagle dan 7 birdie, pegolf Korea berusia 20 tahun ini membukukan skor 63 (9-under) di putaran akhir, dan mengumpulkan skor total 270 (18-under). Atas keberhasilannya ini, Kim yang biasa disapa “Tom” ini menempati posisi 7, yang mengamankan kartu PGA Tour bagi pegolf No. 34 Dunia ini.

“Ini bermakna segalanya. Setiap hari saya main golf, saya pernah terpikir untuk main di PGA Tour. Tidak ada yang lain,” kata Kim, yang saat ini merupakan pegolf termuda di Top 50 Official World Golf Ranking, seperti dikutip PGA Tour.

Paul Lakatos/Asian Tour

Dua pekan sebelumnya, Kim sudah menyandang Special Temporary Membership untuk PGA Tour usai tampil di The Open. Ia pun berpeluang untuk tampil di FedEx Cup Playoffs.  Usai Rocket Mortgage, Kim berada di antara posisi 96-96 di di FedEx Ranking. Ia akan tampil di turnamen terakhir dalam musim regular PGA Tour, Wyndham Championship, untuk menentukan poinnya lebih baik dari atau menyamai pegolf yang berada di peringkat 125 di Ranking tersebut.

Petualangan Kim menuju PGA Tour dimulai dari kompetisi paling bawah: Development Tour. Di usia yang belum genap 17 tahun, Kim menempa diri dengan terjun di Asian Development Tour (ADT). Debutnya di Bonchu Ruangkit Championship pada 10-13 Januari 2019 berakhir dengan posisi T25. Setelah 8 kali tampil di turnamen ADT, Kim akhirnya menyabet gelar perdananya: PGM ADT Championship @Tiara Melaka, yang kemudian disusul dengan gelar keduanya secara back-to back di Ciputra Golpreneur Golf Tournament presented by Panasonic pada 21-24 Agustus.

Combiphar Players Championship–turnamen ADT ke-11 yang diikutinya–pada 24-27 September menjadi awal kebangkitan Kim, yang kukuh di posisi atas Order of Merit dengan menempati T5 di Combiphar Players. Ia melanjutkan tradisi menang dengan meraih gelar ketiga ADT dalam Pakistan Open di Oktober. Sebulan kemudian, Kim menjuarai Panasonic Open India, turnamen Asian Tour. Kemenangan ini pun memberikan status full membership untuk Asian Tour untuk musim 2020.

Joohyung Kim (kanan) dan kedinya, Jacob Flack (AS)
Credit: Paul Lakatos/Asian Tour

Di Asian Tour, Kim makin bersinar. Dua tahun berpetualang di sirkuit utama golf di Asia, Kim akhirnya mengukuhkan diri sebagai “Raja Golf Asia” di akhir musim 2020-2021. Kim yang waktu itu masih berusia 19 tahun itu merajai puncak Order of Merit Asian Tour, dengan finis 1 gelar juara, 3 kali runner up, dan 1 Top 10 dalam empat turnamen terakhir Asian Tour di musim 2020-2021.

Paul Lakatos/SPORTFIVE

Kim membutuhkan waktu 3 tahun untuk bisa mewujudkan mimpi pegolf profesional mana pun: bermain di PGA Tour secara full. Namun, mimpi itu tidak akan terwujud seandainya dia tidak mengasah kemampuannya terus menerus dalam kompetisi selevel ADT.

Share with

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on email

More News

BHULLAR HAT-TRICK!

Tuah Moving Day bagi Pemuncak Leaderboard

Main tanpa Cela, Itthipat Makin Kokoh di Puncak

Putaran 1 Terhenti, Dua Pegolf Pimpin Leaderboard

Digital Edition

Manifestasi Mimpi 3 Dekade
August - September 2022

Manifestasi Mimpi 3 Dekade

Major Selanjutnya Master Scottie?
June - July 2022

Major Selanjutnya Master Scottie?

Dunia Mengakui The Goat
April - May 2022

Dunia Mengakui The Goat

Goal 2022 Think Like Tiger
February - March 2022

Goal 2022 Think Like Tiger