Gelar Kedua Asian Tour untuk Puig

David Puig kembali mencatatkan namanya di panggung golf elite Asia. Siang tadi (18/2), pegolf muda asal Spanyol itu memenangi IRS Prima Malaysian Open setelah membukukan skor total impresif 23-under (261) dalam 4 hari turnamen. Ia menang dengan keunggulan 2 pukulan di The Mines Resort and Golf Club.

Kegemilangan Puig memang sudah terlihat sejak menyelesaikan putaran ketiga turnamen berhadiah US$1 juta ini. Mencetak skor 62 (9-under) tanpa bogey, pegolf berusia 22 tahun ini langsung melesat ke posisi T4 dengan 14-under (199). Ia hanya terpaut dari sang leader Jared Du Toit (CAN) yang juga membukukan skor yang sama (62) dan memimpin dengan 196 (17-under). Menariknya, ia justru lolos ke putaran ketiga setelah bisa membukukan skor di batas cut 5-under.

Credit: Khalid Redza/Asian Tour

Penampilan cemerlang Puig berlanjut di putaran keempat. Ia lagi-lagi mengukir skor 62 tanpa bogey untuk kedua kalinya yang langsung membuatnya memimpin putaran akhir sejak hole 12, dan bertahan hingga hole terakhir. Ini menjadi titel keduanya di Asian Tour dalam 4 bulan terakhir setelah International Series Singapore pada Oktober tahun lalu.

“Rasanya luar biasa, perasaan yang aneh pastinya. Kami hampir saja gagal lolos cut. Saya bermain cukup baik, tapi saya agak kacau. Kami benar-benar menyelesaikan putaran kedua dengan baik, dan akhir pekan ini benar-benar gila. Maksud saya, 18 birdie, tanpa bogey, dalam 36 hole sungguh luar biasa,” kata Puig, yang saat ini sedang bermain di LIV Golf League.

Ia menjadi pemain Spanyol pertama yang memenangi turnamen ini.  Namanya akan terukir di trofi yang diberi nama The Seagram Trophy, bersama dengan beberapa nama pemain elite dunia, seperti Lee Westwood, Vijay Singh, Louis Oosthuizen, dan Thongchai Jaidee.

Kiri ke kanan: Denwit Boriboonsub (THA), Wang Jeunghun (KOR), David Puig (ESP), credit: Khalid Redza/Asian Tour)

 

Posisi kedua ditempati pegolf Korea Jeunghun Wang yang mencetak skor terendah (61) sepanjang pergelaran Malaysian Open ini. Wang mengumpulkan skor 263 (21-under). Sementara itu, bintang Asian Development Tour Denwit Boriboonsub (THA) dan mantan alumnus Asian Tour John Catlin (AS) menempati posisi T3 denga 20-under.

Atas keberhasilannya di Malaysian Open yang menjadi international final qualifying Open 2024, Puig, Wang, dan Boriboonsub pun berkesempatan untuk tampil di Royal Troon pada Juli ini. Meski posisinya sama dengan Catlin, Booribonsub memiliki peringkat lebih bagus di Official World Golf Ranking sehingga meraih tiket untuk the Open. Bagi Puig dan Boriboonsub, ini akan menjadi debut mereka di turnamen major tertua di dunia ini, sedangkan Wang pernah bermain 2 kali, yaitu pada 2016 (di Royal Troon juga) dan 2017.

Share with

More News

Peluncuran Si Pemberani Baldo

Sergio Garcia Lakukan Debut Desain Lapangan Golf di Portugal

Berkah Valhalla bagi Xander Schauffele

Terobos Antrean Kecelakaan, Juara Masters 2024 Ditahan

Digital Edition

Screenshot 2024-04-05 131223
April - May 2024

Kunjungan Ke Dua Destinasi Major

Screenshot 2024-02-05 at 13.13.38
February - March 2024

Pemain Terbaik Indonesia Musim 2023

Cover
December 2023 - January 2024

Juara Sejati di Jagat Golf Indonesia

cover
October - November 2023

Petualangan Viking di Benua Merah