Gelar Internasional Pertama Princess

Putt birdie Princess Mary Superal gagal masuk di hole akhir. Meski akhirnya hanya mampu memasukkan putt bernilai par, itu sudah cukup mengantarkan pegolf Filipina tersebut menjadi juara Simone Asia Pacific Cup di Pondok Indah Golf Course, Jakarta, Sabtu (20/8). Menutup putaran akhir dengan 67 (5-under par), Princess berhasil mengungguli dua bintang dunia, So Yeon Ryu dan Lydia Ko, yang memang difavoritkan dalam inaugurasi turnamen berhadiah US$500 ribu ini.

Kegembiraan atas kemenangan tersebut ditandai dengan linangan air mata bahagia dari Princess yang tidak tertahankan. Kemenangan di Simone merupakan hasil terbaiknya sejak menjadi pemain profesional pada tahun 2016.

“Saya sudah menunggu momen ini sejak lama. Saya sangat bahagia. Saya menjalani permainan di final round seperti di hari sebelumnya. Fokus pada permainan saya sendiri,” kata Princess yang mendapatkan hadiah sebesar US$ 100 ribu. Ia membukukan tiga birdie berturut-turut di front nine, dan tambahan dua birdie di back nine.

Lydia Ko

Pondok Indah memang bukan lapangan baru bagi Princess. Dia pernah bermain di lapangan golf ini saat masih menjadi pemain amatir. Princess bahkan pernah menjuarai sebuah turnamen junior internasional pada 2014 di Pondok Indah.

Dia bermain satu flight dengan rekan satu negaranya Pauline Del Rosario dan pasangan asal Selandia Baru, Lydia Ko–yang merupakan pegolf LPGA berperingkat 4 dunia–dan Momoka Kobori. Princess berharap dengan kemenangan ini dia bisa memberikan inspirasi kepada para wanita, khususnya di Asia untuk bisa berprestasi di lapangan golf.

So Yeon Ryu

So Yeon Ryu berhasil merebut posisi runner up dari Lydia Ko. So Yeon yang pernah menjadi juara turnamen major Ana Inspiration tahun 2017 dan U.S. Women’s Open 2011 mengumpulkan 207 (9-under), unggul satu pukulan dari Lydia.

Namun, Bersama Bomee Lee, So Yeon berhasil merebut trofi nomor beregu. Keduanya mengumpulkan skor total 11-under, menang 4 pukulan dari pasangan Princess Mary Superal dan Paulina Del Rosario dari Filipina.

So Yeon Ryu dan Bomee Lee

Patricia Konsisten

Patricia Walanda Sinolungan bermain konsisten hingga hari ketiga. Pegolf amatir ini menjadi pemain lokal dengan perolehan hasil terbaik, mengalahkan empat pegolf profesional Indonesia, yaitu Tatiana Wijaya, Ida Ayu Melati Putri, Dea Mahendra, dan Putri Aisyah Amani.

Patricia menempati posisi T6 bersama dengan pegolf profesional asal Korea, Bomee Lee. Mereka masing-masing mengumpulkan 214 pukulan atau 2 di bawah par. “Saya tidak menyangka bisa menempati peringkat keenam. Perasaannya tentu senang sekali, excited, walaupun sempat merasa tegang. Ini pengalaman pertama saya main di turnamen profesional,” kata Patricia yang akrab disapa dengan nama Patty.

Walaupun telah terbukti bisa bersaing dengan para pegolf profesional, Patricia belum berpikir untuk menjadi pegolf profesional. “Saya belum ada rencana untuk turn pro. Masih mau menyelesaikan kuliah dulu,” kata pegolf yang kuliah di Negeri Paman Sam ini.

Pegolf amatir Indonesia lainnya, Kristina Natalia Yoko menempati posisi T8 dengan total 215 pukulan atau 1 under, ties dengan tiga profesional, yaitu Karis Davidson (Australia), Tiffany Chan (Hongkon), dan Hyo Joo Kim (Korsel).

Namun, keduanya bisa menduduki posisi keempat di nomor beregu. Mengumpulkan skor total 3-under, Patricia dan Yoko bisa mengalahkan 11 tim lainnya.

 

 

Share with

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on email

More News

Perang Bintang di Bangkok

Indonesian Masters di Pusaran Kompetisi Elite

Hat-Trick bagi Suteepat

Dominasi Para Pegolf Thailand di Papan Atas

Digital Edition

October - November 2022

Keputusan Berani Smith

Manifestasi Mimpi 3 Dekade
August - September 2022

Manifestasi Mimpi 3 Dekade

Major Selanjutnya Master Scottie?
June - July 2022

Major Selanjutnya Master Scottie?

Dunia Mengakui The Goat
April - May 2022

Dunia Mengakui The Goat