Empat Asisten Kapten Tim Internasional Presidents Cup 2024 Diumumkan

Struktur kepemimpinan di Tim Internasional untuk Presidents Cup 2024 tidak mengalami perubahan. Ini bisa dilihat ketika Kapten Tim Internasional Mike Weir mengumumkan personel asistennya untuk pergelaran event dua tahunan tersebut pada September mendatang.

Weir mengajak Ernie Els, Trevor Immelman, Geoff Ogilvy, dan Camilo Villegas untuk menemaninya ketika menjamu tim AS di Royal Montreal Golf Club, Montreal, Kanada, pada 24-29 September nanti. Keempatnya akan menjadi asisten Weir dalam upaya untuk mengalahkan juara bertahan tim AS.

“Dengan bangga saya mengumumkan Ernie, Trevor, Geoff dan Camilo sebagai asisten saya untuk Presidents Cup 2024,” kata Weir. “Mereka berempat memiliki sejarah khusus dengan ajang ini dan pengumuman hari ini hanyalah formalitas belaka, karena kami telah bekerja sama dengan erat selama bertahun-tahun untuk memastikan Tim Internasional melanjutkan momentumnya dari 2019 dan 2022. Budaya dan jalinan ikatan erat yang dimiliki oleh tim ini merupakan dasar dari semua yang akan kami lakukan menuju Montreal, dan saya tidak sabar untuk bekerja sama dengan mereka untuk memberikan minggu yang luar biasa bagi para pemain kami.”

Ernie Els (kedua dari kanan), credit: Warren Little/Getty Images.

Els, Immelman, Ogilvy, dan Villegas memang sosok yang familiar dalam Tim International di beberapa edisi Presidents Cup terakhir. Kecuali Ogilvy yang sudah bekerja sama dengan Weir sejak Presidents Cup 2017, tiga nama lainnya telah bahu-membahu di Tim Internasional pada 2019 dan 2022.

Ketika Els menjadi kapten di 2019, Ogilvy, Immelman, dan Weir menjadi asisten-asistennya. Begitu pula ketika Immelman naik jabatan menjadi kapten, giliran Els, Ogilvy, dan Weir yang membantunya di Quail Hollow Club, Charlotte, North Carolina, AS, pada 2022. Pengalaman ketiganya di ajang Presidents Cup ini sangat dibutuhkan untuk meraih trofi pertama kalinya sejak 1998.

Els bahkan hampir meraih trofi pada 2019 setelah sempat memimpin jauh dalam perolehan poinnya. Namun, AS berhasil menambah poin lebih banyak di partai single sehingga bisa memenangi Presidents Cup 2019 dengan 16-14 di Royal Melbourne Golf Club, Melbourne, Australia.

“Mike telah menjadi teman lama, merupakan ikon olahraga sejati di negara asalnya, dan merupakan sebuah kehormatan untuk berpartisipasi sebagai asisten kapten saat dia memimpin Tim Internasional ke Montreal pada tahun 2024,” kata Els. “Tim ini telah membangun banyak momentum selama lima tahun terakhir, dan saya tidak sabar untuk mulai bekerja dan memastikan para pemain kami siap untuk berkompetisi di Kanada.”

Immelman, yang menjadi kapten Tim Internasional pada Presidents Cup 2022, kembali  masuk struktur kepempinan Weir. Dengan kombinasi strategi, keaslian, dan perencanaan dari Immelman, tim di bawah komando Immelman ini mampu memberikan perlawanan yang ketat di Quail Hollow Club dan meletakkan dasar bagi Kapten Weir untuk terus membangun momentum tim. Pemain Afrika Selatan berusia 44 tahun ini pernah memperkuat Tim Internasional pada 2005 dan 2007.

“Menjadi bagian dari tim ini sangat berarti bagi saya dan merupakan sesuatu yang telah saya lakukan dengan sepenuh hati selama bertahun-tahun,” kata Immelman. “Tim ini telah tangguh dalam menghadapi kesulitan dan membangun fondasi untuk masa depan yang sangat kami banggakan. Saya sangat bersemangat untuk mendukung Mike saat ia memimpin tim yang terdiri dari para pemain yang berkomitmen penuh untuk bermain bagi perisai kami dan mewakili Tim Internasional.”

Trevor Immelman, credit: Getty Images.

Seperti halnya Els dan Immelman, Ogilvy dan Villegas kembali dipercaya untuk membantu Weir. Ogilvy telah menjadi asisten kapten hingga 4 kali. Sementara, Villegas mendapat kesempatan untuk kedua kalinya sebagai asisten kapten.

“Mike adalah pemimpin yang ideal untuk Tim Internasional menuju Kanada dan saya sangat menantikan untuk bekerja sama dengannya,” kata Ogilvy. “Semangatnya untuk acara ini, olahraga ini dan para penggemar olahraga Kanada yang antusias tidak ada duanya dan akan menjadi minggu yang luar biasa bagi para pemain kami di Montreal. Sebuah kehormatan untuk kembali menjadi asisten kapten sekali lagi dan saya tidak sabar untuk membantu memberikan pekan yang sukses bagi Tim Internasional.”

“Merupakan suatu kehormatan luar biasa untuk ditunjuk sebagai asisten kapten dan saya berharap dapat bekerja sama dengan Mike dan mempersiapkan para pemain untuk menjalani pekan yang luar biasa di Royal Montreal,” kata Villegas. “Saya bertugas dalam kapasitas yang sama pada tahun 2022 di Charlotte, dan persahabatan serta semangat kompetitif dari tim itu adalah sesuatu yang saya tahu akan terbawa pada musim gugur ini saat kami terus membangun jalan menuju kesuksesan untuk Tim Internasional.”

Tim Internasional memang sedang mencari trofi pertamanya setelah 1998. Tahun itu memang menjadi momen kemenangan terakhir dan semata wayang Tim Internasional di ajang beregu yang mempertemukan Tim Internasional dengan Tim AS ini. Sejak pertama kali digelar pada 1994, Tim AS telah memenangi 12 event. Tim Internasional hanya mampu sekali menahan tim AS pada 2003. Waktu itu Tim Internasional dipimpin pegolf legenda Afrika Selatan Gary Player.

Share with

More News

Peluncuran Si Pemberani Baldo

Sergio Garcia Lakukan Debut Desain Lapangan Golf di Portugal

Berkah Valhalla bagi Xander Schauffele

Terobos Antrean Kecelakaan, Juara Masters 2024 Ditahan

Digital Edition

Screenshot 2024-04-05 131223
April - May 2024

Kunjungan Ke Dua Destinasi Major

Screenshot 2024-02-05 at 13.13.38
February - March 2024

Pemain Terbaik Indonesia Musim 2023

Cover
December 2023 - January 2024

Juara Sejati di Jagat Golf Indonesia

cover
October - November 2023

Petualangan Viking di Benua Merah