Dari LGJ ke LGI

Perhelatan Liga Golf Jakarta (LGJ) 2023 telah selesai pada 1 November lalu. Start kompetisi golf terbesar dan terpanjang di Indonesia telah berlangsung 4 bulan yang dimulai pada Juli lalu telah menghasilkan dua pemenang dari 2 divisi yang berbeda. Juara Divisi I diraih 37 Golf Academy, dengan mengalahkan HIPMI Golf Club yang harus puas sebagai runner-up. Mercedes Benz Owners Indonesia Golfers (MBOIG) menempati posisi ketiga dan dan Jakarta Masters Club (JMC) di posisi IV. Sementara, Divisi II dimenangi Indonesia Leisure Golfers, diikuti Solid Golf Club sebagai runner-up, Sharia Indonesia Golf Community (juara III), dan Kagama Golf Club (juara IV).

“Kunci kemenangan kami adalah kebersamaan dan bermain secara tim. Kami selalu saling membahu dan tidak egois. Setiap strategi yang dijalankan selalu diterima oleh semua pemain, jadi kami tidak ada yg merasa paling jago,” jelas Dida, anggota tim 37GA.

LGJ 2023 berlangsung delapan Series, di lapangan yang berbeda. Kedelapan lapangan yang menjadi hosts yaitu Damai Indah Golf (PIK), Jakarta Golf Club (JGC), Bandar Golf Kemayoran, Padang Golf Halim, Padang Golf Pangkalan Jati, Pondok Indah Golf, Sedayu Indo Golf dan Royale Jakarta. Para peserta harus menyelesaikan seluruh fase kompetisi, yang dimulai dari group stage. Mereka yang lolos harus bertarung di knockout stage hingga akhirnya menyisakan dua tim terbaik yang bertemu di final.

Credit: Yongki Hermawan/fotogolf.id

”Menangnya 37GA merupakan satu dari banyak kejutan di LGJ 2023 ini. Musim ini, ada empat klub baru yang akan promosi ke divisi 1, dan 4 klub divisi 1 yang terdegradasi ke divisi 2. Pastinya, tahun depan bakal ramai lagi karena muncul klub- klub baru yang bakal bersaing dengan klub lain,” kata Reza Rajasa, Ketua Pengrov PGI DKI.

LGJ musim ini ini diikuti oleh 25 club anggota PGI DKI Jakarta yang masing-masing tim terdiri atas 15 pemain. Untuk LGJ 2023, setiap club diwajibkan untuk membina dan menurunkan pemain junior di sejumlah Series. Tujuannya untuk mencari bakat atlet muda berkualitas, yang akan mewakili Jakarta di berbagai kejuaraan di tahun-tahun mendatang.

Keberhasilan dan kesuksesan LGJ 2023 ini dimeriahkan dalam Charity Golf Liga Golf Jakarta 2023, sekaligus Awarding LGJ 2023. Turnamen yang berlangsung pada 7 November kemarin di Royale Jakarta Golf Club, yang diikuti 144 peserta. Menariknya, pelaksanaan LGJ ini menginspirasi Persatuan Golf Indonesia untuk menggelar Liga Golf Indonesia (LGI). Konsep dan format ini masih dalam proses pematangan dan akan diumumkan setelah semuanya siap.

Credit: Yongki Hermawan/fotogolf.id

“(LGJ) Ini menjadi contoh buat daerah lain. Ini adalah cikal bakal Liga Golf Indonesia yang diikuti oleh semua klub-klub terbaik di daerah. Saya harap daerah-daerah lain akan menggelar event yang sama. Karena banyaknya Liga akan menjadi ajang pemanasan bagi para pegolf Indonesia,” kata Japto Soerjosoemarno, Ketua Umum PB PGI.

Share with

More News

Empat Asisten Kapten Tim Internasional Presidents Cup 2024 Diumumkan

Peningkatan Kualitas Turnamen Medco-Pondok Indah International Amateur 2024

Raja Baru OOM Asian Tour

14 Srikandi Profesional Indonesia

Digital Edition

Screenshot 2024-04-05 131223
April - May 2024

Kunjungan Ke Dua Destinasi Major

Screenshot 2024-02-05 at 13.13.38
February - March 2024

Pemain Terbaik Indonesia Musim 2023

Cover
December 2023 - January 2024

Juara Sejati di Jagat Golf Indonesia

cover
October - November 2023

Petualangan Viking di Benua Merah