Chipping dari Greenside

Ketika bola jatuh di sisi green, dan hanya berjarak 10 meter ke pin, keputusan yang akan diambil adalah melakukan pukulan chip. Bagaimana melakukan pukulan chip yang benar?

Melakukan chip dari jarak seperti itu, perlu diputuskan menggunakan club yang mana. Saya cenderung menggunakan 58 derajat (sand wedge) karena ingin terbang bola lebih tinggi dan jatuhnya lebih soft. Tapi, jika ingin menggunakan 52 atau 50 derajat, itu artinya saya ingin bola terbang rendah, dengan lebih banyak rolling. Dengan derajat yang berbeda-beda, tidak ada perubahan pada setup. Tetap ingat, perbanyak latihan, agar bisa menggunakan 58, 52 atau 50, dan paham bagaimana rolling bolanya.

Perhatikan langkah-langkah berikut ini:

Photography : YM

Setup 

Menggunakan 58 derajat, setup tetap sama. Posisi bola agak tengah atau cenderung di belakang sedikit (dekat kaki kanan). Berat badan tetap di kaki sebelah kiri. Belahan dada harus di sebelah kiri bola. Tangan berada di depan bola.

Swing dalam short game dan chipping itu hanya perluasan dari full swing. Ayunan club dilakukan dari panggul kanan ke panggul kiri kaki lebih lebar dari bahu. Tapi ini tetap harus dilatih terus-menerus agar paham apa yang harus dilakukan dengan jarak 10 meter ini (melatih feel jarak tersebut). 

Photography : YM

Backswing and Follow Through: (Foto: 2A dan 2B)

Beberapa orang melakukan pergerakan swing dengan arah jarum jam. Posisi bola di arah jam 6. Backswing di arah jam 9, follow through hingga lebih dari jam 3.

Photography : YM

Impact 

Aspek terpenting dari chipping (selain memilih club yang tepat) adalah untuk memastikan bahwa pergelangan tangan kiri (atau pergelangan tangan kanan untuk pegolf kidal) tetap stabil selama gerakan chipping.

Ketika impact, perhatikan lengan kanan-kiri Anda (membentuk huruf “V”), dan ini yang mesti dipertahankan hingga swing finish. Tangan bergerak atau rotasi lengan sangat sedikit.

Catatan:

Pukulan chip ini wajib dilatih berkali-kali untuk menemukan feeling sehingga paham berapa jarak yang dijangkau dengan swing yang akan dilakukan. Selamat mencoba!

Share with

More News

Pemenang Open Championship 2024 akan Terima US$3,1 Juta!

Berburu Emas di Padang Le Golf National

Celebrity Pro-Am: Upaya Combiphar Tularkan “Virus” Golf di Kalangan Selebritas

Kompetisi The Indonesia Pro-Am akan Digelar untuk Kedua Kalinya

Digital Edition

COVER JUN JUL 2024
June - July 2024

Berburu Emas di Padang Le Golf National

Screenshot 2024-04-05 131223
April - May 2024

Kunjungan Ke Dua Destinasi Major

Screenshot 2024-02-05 at 13.13.38
February - March 2024

Pemain Terbaik Indonesia Musim 2023

Cover
December 2023 - January 2024

Juara Sejati di Jagat Golf Indonesia