Bhullar Ukir Sejarah di Asian Tour

Turnamen golf professional dan terbesar di Indonesia, BNI Indonesian Masters Presented by Tunas Niaga Energi tahun ini akhirnya ditutup dengan manis oleh penampilan Gaganjeet Bhullar, pegolf asal India. Setelah 6 kali berpartisipasi dalam turnamen ini, Bhullar akhirnya berhasil meraih gelar juara di penampilannya yang ke-7 dengan kemenangan wire-to-wire (memimpin leaderboard dalam 4 putaran).

Berlangsung di Royale Jakarta Golf Club, Bhullar yang memulai putaran ketiga dengan keunggulan 8 pukulan telah memiliki peluang untuk memenangi BNI Indonesian Masters Presented by Tunas Niaga Energi 2023 untuk pertama kalinya. Hingga hole ke-6 pada putaran keempat, Bhullar sudah mengoleksi 2 birdie sehingga total skor sementara 22-di bawah-par. Sayangnya, di hole 9 dan 15, ia harus puas dengan bogey. Namun, Bhullar berhasil kembali mengunci kemenangan ke-11 nya di Asian Tour dengan melakukan eagle di hole penutup.

“Seperti yang Anda tahu, kami telah mengenal lebih dari satu dekade dan apa yang telah Jimmy Masrin lakukan untuk golf Indonesia itu sungguh luar biasa. Kita sangat membutuhkan orang-orang seperti Jimmy yang memulai kejuaraan ini (Indonesian Masters) dari tahun 2011 dan pada saat itu hadiahnya US$750.000, dan sekarang US$1,5 juta,” ujar Bhullar.

“Berbicara tentang performance saya, sejujurnya saya bermain dengan sangat baik, dari hari pertama hingga keempat. Percayalah itu tidak mudah, saya mengalami sleepless nights minggu ini, tetapi pada akhirnya saya sangat bangga dengan diri saya sendiri karena memiliki keunggulan seven shot dan menang dengan selisih enam pukulan. Saya juga berterima kasih kepada tim saya, psikolog pribadi saya, pelatih, dan caddy saya.” tambah Bhullar.

Gelar ke-11 Bhullar di turnamen BNI Indonesian Masters Presented by Tunas Niaga Energi yang berhadiah total US$1,5 juta telah menorehkan rekor baru di Asian Tour. Bhullar menjadi pegolf internasional pertama yang berhasil menjadi juara dalam 3 turnamen berbeda di Indonesia: Indonesia President Invitational (2009), Indonesia Open (2013, 2016, dan 2022), serta BNI Indonesian Masters presented by Tunas Niaga Energi 2023.

Jonathan Wijono Finish dengan 9-di Bawah-Par

Pada putaran akhir ketiga BNI Indonesian Masters Presented by Tunas Niaga Energi 2023, Jonathan Wijono sebagai salah satu pegolf Indonesia berhasil menutup dengan hasil yang baik. Mengukir skor 67 (4-di bawah-par) tanpa membuat satu bogey pun, pegolf berusia 22 tahun ini berhasil mengukir prestasi terbaik di turnamen profesional terbesar di Indonesia tersebut. Atas hasil itu, Jowi—demikian Jonathan akrab disapa—menyelesaikan 71 hole dengan skor total 275 (9-di bawah-par).

“Hari terakhir ini saya paling enjoy dan menikmati pertandingan, pastinya tetap perfect dan solid juga dalam bermain. Jadi bisa commit ke shots dan bisa score bogey free,” kata Jowi, yang menyandang status pro sejak 2021.

“Saya lebih fokus kepada shot-nya hari ini. Belajar dari kemarin ada beberapa pukulan yang kurang sehingga ada miss-nya,” tambah Jowi yang merupakan pegolf No. 1 Indonesia musim ini.

Keberhasilan ini merupakan pencapaian tertinggi Jowi dalam 4 kali (2017 & 2019–sebagai amatir, 2022, dan 2023) keikutsertaannya di BNI Indonesian Masters Presented by Tunas Niaga Energi 2023. Hasil ini pun turut menjadi prestasi pertama yang diraih oleh Jowi sebagai profesional di Indonesian Masters. “Saya nggak expect dengan hasilnya (4 hari ini). Saya hanya coba fokus pada pukulan saya setiap harinya. Namun, memang sebelum main saya lebih percaya diri bisa main bagus di turnamen kali ini,” ujar Jowi.

Founder of Indonesian Masters & Chairman of Asian Tour, Jimmy Masrin, sangat gembira dengan penyelenggaraan turnamen BNI Indonesian Masters presented by Tunas Niaga Energi 2023.  “Saya berterima kasih kepada para sponsor kami, terutama kepada Bapak Royke dari BNI dan Bapak Teddy Jubilant dari PT Tunas Niaga Energi. Tidak lupa Bapak Hendro dari Royale Golf Jakarta Club, yang telah selalu mendukung terselenggaranya turnamen Indonesian Masters di setiap tahunnya. Selamat juga kepada Gaganjeet, you own Indonesian tournament sekarang. Ini adalah turnamen kelimamu, Congratulations juga untuk Anda, you deserve the win.”

Sebagai Title Sponsor, PT Bank Negara Indonesia (BNI) turut mengungkapkan keberhasilan pelaksanaan turnamen BNI Indonesian Masters Presented by Tunas Niaga Energi tahun ini. Direktur Wholesale and International Banking BNI,  Silvano Rumantir mengatakan, “Kami dari BNI tentunya sangat bangga dan mengucapkan selamat atas terselenggaranya BNI Indonesian Masters Presented by Tunas Niaga Energi 2023 ini. Kami senang melihat dari tahun ke tahun, standarnya selalu semakin baik, termasuk kualitas para pemainnya juga semakin baik.”

“Turnamen ini merupakan event internasional, dan tentunya sejalan dengan misi kami di BNI untuk menjadi international bank-nya Indonesia. Diharapkan ke depannya, kerja sama ini dapat terus berlangsung dengan standar yang lebih baik lagi karena tujuan kami adalah untuk menumbuhkan awareness terhadap olahraga golf di seluruh kalangan masyarakat Indonesia. Tentunya, mimpi kami adalah ingin melihat para pemain Indonesia semakin banyak yang dapat bermain di kancah dunia. Salah satunya dengan platform seperti BNI Indonesian Masters Presented by Tunas Niaga Energi 2023 ini dapat menjadi kesempatan bagi mereka untuk menunjukan prestasinya dan mendapatkan poin untuk bisa berkompetisi di turnamen yang lebih bergengsi lagi ke depannya,” tambah Silvano.

CEO of PT Tunas Niaga Energi – Jubilant Harmidy juga menyampaikan rasa gembiranya dengan keberhasilan dua pegolf nasional yang bisa lolos cut dalam turnamen yang diikuti oleh banyak pegolf elite internasional. Ia menyampaikan, “Tahun ini, kehadiran para pegolf internasional telah mendorong para pegolf Indonesia untuk menunjukkan kemampuannya di lapangan secara maksimal. Saya cukup senang dengan lolosnya dua pegolf nasional yang saat ini merupakan yang terbaik di musim ini. Ke depannya, saya harapkan kami dari Tunas Niaga Energi dapat terus berpartisipasi dalam mendukung perkembangan olahraga golf maupun para pegolf Indonesia ke depannya.”

“Sampai saat ini, kami telah menyelenggarakan Indonesian Masters hingga edisi ke-11. Bagi kami, ini menjadi tantangan agar Indonesian Masters bisa terus menyajikan pertunjukan golf kelas dunia. Semangat untuk menjadi yang terbaik dan terbesar selalu menjadi motivasi bagi kami untuk terus melaksanakan Indonesian Masters yang berkesan bagi para penggemar golf nasional dan internasional,” tutup Jimmy.

 

HASIL AKHIR

BNI INDONESIAN MASTERS PRESENTED BY TNE

Total Hadiah US$1,500,000

Royale Jakarta Golf Club, Par 71

 

Pos.      Nama                                                      R1        R2        R3        R4        Total    Ke Par

1           Gaganjeet Bhullar (IND)                     63         67         63        67        260       -24

2          Karandeep Kochnar (IND)                  69        68        65        63        265       -19

T3        Ben Campbell (AUS)                            73        65        63        65        266       -18

David Puig (ESP)                                 67        71        62        66        266       -18

Kyojung Moon (KOR)                        68        69        65        65        267       -17

T24      Jonathan Wijono (INA)                             68         69         71        67        275       -9

T71       Kevin C. Akbar (INA)                               73         67         78        78        296       +12

 

Share with

More News

Empat Asisten Kapten Tim Internasional Presidents Cup 2024 Diumumkan

Peningkatan Kualitas Turnamen Medco-Pondok Indah International Amateur 2024

Raja Baru OOM Asian Tour

14 Srikandi Profesional Indonesia

Digital Edition

Screenshot 2024-04-05 131223
April - May 2024

Kunjungan Ke Dua Destinasi Major

Screenshot 2024-02-05 at 13.13.38
February - March 2024

Pemain Terbaik Indonesia Musim 2023

Cover
December 2023 - January 2024

Juara Sejati di Jagat Golf Indonesia

cover
October - November 2023

Petualangan Viking di Benua Merah