Nelly Korda, Wajah Golf Wanita AS

Perjalanan Nelly  mencapai puncaknya pada 2021, lima tahun setelah mendeklarasikan diri sebagai pegolf profesional. Apa dan bagaimana putri dari pasangan petenis Petr dan Regina Korda ini menjalani karier golfnya?

Perjalanan Nelly di dunia amatir.

Karier Nelly di amatir cukup bagus. Menjadi member Tim Solheim Cup Junior 2015, menjuarai  Harter Hall Invitational dan PING Invitational 2015. Nelly pun terpilih sebagai salah satu AJGA Rolex Junior All-American 2015. Ia pernah lolos cut di U.S. Women’s Open 2013, sebulan sebelum ulang tahun ke-15.

Bagaimana pengalaman pertama Nelly ketika turn pro?

Pada 2016, ia memutuskan untuk menjadi pemain profesional di usia 17 tahun. Tanpa gembar-gembor, dan juga agen maupun sponsor, dengan mengenakan pakaian pinjaman Jessica, Nelly mengumumkan status barunya.

Hasilnya?

Nelly tidak perlu menunggu terlalu lama untuk gelar profesional pertamanya. Di tahun yang sama, Nelly menjuarai sebuah turnamen Symetra Tour, event development LPGA Tour.

Credit: Carmen Mandato/Getty Images

Bagaimana peningkatan grafik performa Nelly di jalur profesional?

Nelly memenangi gelar pertamanya di LPGA Tour pada 2018. Di tahun berikutnya, ia menambah koleksi dua gelar LPGA. Dua tahun kemudian, Nelly mencapai puncak permainannya dengan lima gelar juara LPGA, termasuk satu gelar major, dan meraih emas Olimpiade. Ia menjadi pegolf No. 1 Dunia saat ini. Melalui swing golf-nya yang sempurna, pegolf yang Juli nanti genap berusia 25 tahun ini memiliki label baru: “wajah golf wanita AS”.

Nelly terlahir dari keluarga atlet. Apa yang diajarkan kedua orangtua Korda?

Kedua orangtuanya, Petr dan Regina Korda, adalah mantan petenis dunia dari Republik Ceko. Ia bersama kakaknya, Jessica, yang berusia lima tahun lebih tua, telah mengukir karir di LPGA. Adik mereka, Sebastian, yang pernah menjadi petenis No. 38 Dunia.

“Orang tua kami adalah kekuatan kami,” kata Jessica. “Mereka telah mengajarkan kami segalanya. Termasuk urgensi saat ini. Nasihat mereka: Nikmatilah saat ini. Manfaatkan situasi sebaik-baiknya. Waktu berlalu dengan cepat.”

Credit: YM/OB Golf

Meski terpaut usia 5 tahun, Nelly dan sang kakak, Jessica, sangat akrab. Bagaimana hubungan antara kakak-beradik ini di golf?

Perbedaan usia 5 tahun ini membuat keduanya tidak banyak bermain bersama saat golf junior. Namun, keduanya menebus waktu yang hilang itu ketika sama-sama bermain di arena profesional. Keduanya sering practice round bareng–termasuk juga berbagi teman berlatih seperti  Megan Khang, Austin Ernst, dan Alison Lee—serta juga dinner bersama ketika memiliki jadwal turnamen yang sama. Mereka pun rekan satu tim Olimpiade dan telah membuktikan sebagai pasangan tangguh di ajang beregu Solheim Cup. Jessica dan Nelly juga memiliki pelatih yang sama, Jamie Mulligan.

“Mereka kakak-beradik dan memilih untuk menjadi sahabat,” kata Mulligan. “Saya memiliki karier yang cukup memesona, dan ini adalah salah satu kesenangan dalam hidup saya, terlibat dalam pelatihan mereka.”

Prestasi Nelly yang telah mendunia pun mempengaruhi sang kakak Jessica. Apa yang dirasakan Nelly dengan berbagai keberhasilan sang adik?

“Dia menghidupkan kembali karier saya,” kata Jessica. “Sangat menyenangkan memiliki seseorang di keluarga saya yang bisa bepergian bersama Anda. (Kehidupan di Tour) Sangat sepi, dan Anda bisa tersesat dalam seluruh prosesnya. Untuk memiliki keseimbangan, antara golf dan non-golf, sungguh luar biasa.”

Credit: YM/OB Golf

Para pesaingnya menaruh respek pada Nelly. Apa kesan mereka terhadap pegolf No. 1 Dunia ini? 

Korda digambarkan sebagai sosok yang tenang dan santai. Namun, ia akan menjadi sosok yang tangguh ketika menghadapi persaingan dengan nilai “taruhan” yang semakin tinggi. “ Dia sosok yang santai. Tetapi, dia juga punya naluri membunuh. Anda tidak akan bisa mencapai peringkat 1 tanpa melakukan pukulan yang Anda inginkan kapan pun Anda mau,” kata salah satu lawan Korda di Solheim Cup, Leona Maguire.

“Anda tidak tahu apa yang ada di dalam Nelly. Tetapi faktanya Anda tidak pernah bisa memperhitungkannya? Itu mengintimidasi,” jelas Madelene Sagström, lawan Korda yang lain di Solheim Cup.

“Dia sangat lucu. Dan sangat berbakat. Saya telah belajar banyak hal darinya. Apa yang membedakan keduanya (Jessica dan Nelly)? Hampir sama. Tapi dia (Nelly) bisa memukulnya [285 yard], lurus, setiap saat. Dia lebih tinggi. Dan sangat cantik,” puji Jin Young Ko, rival sejati Korda dalam perebutan posisi No. 1 Dunia.

 Selain skill golf-nya, apa faktor yang menjadi kelebihan Nelly?

Ia memiliki kemampuan luar biasa dalam fokus pukulan dan memblok semua gangguan. Ia tahu bagaimana mengunci diri dalam sebuah turnamen. “Itu adalah saat-saat ketika Anda berada di posisi yang sulit dan dalam pertarungan, dan Anda merasakan adrenalin yang mengalir ke seluruh tubuh Anda,” katanya. “Saat-saat itu, saya sangat menyukai intensitasnya. Setelahnya, Anda merasa sangat kelelahan karena Anda seperti, Ya Tuhan, saya baru saja melewati jutaan emosi dalam empat jam terakhir. Tapi itulah yang saya sukai. Saya berusaha untuk berada di posisi itu sebanyak mungkin. Untuk itulah saya bekerja.”

Menyukai panasnya persaingan adalah satu hal yang membedakannya. Namun, yang membawa Nelly  ke tingkat berikutnya adalah sesuatu yang lebih langka: kecintaannya dalam mengerjakan sesuatu.

Bagaimana Nelly melihat pencapaiannya saat ini (No. 1 Dunia)?

“Ini semua seperti roller coaster, bukan? Profesional, personal, emosional. Tetapi Anda tidak bisa berada di puncak selamanya. Dan ini sangat aneh untuk dikatakan, tapi saya menikmati posisi terendah. Kadang-kadang aku seperti, ‘Aku hanya butuh satu minggu yang buruk’. Karena aku menyukai (proses) keberhasilan. Saya suka mencoba bangkit kembali,” jelas Nelly.

Nelly telah membuktikan motivasinya untuk bangkit di musim lalu. Maret 2022, ia mengalami pembekuan darah yang membuatnya harus menepi selama hampir 3 bulan dari kompetisi. Apa yang dilakukannya saat off dari lapangan?

Ia menghabiskan waktu berjam-jam untuk berlatih. Menyiapkan kamp latihan sendiri agar siap ketika kembali ke kompetisi. Nelly kurang menyukai pencapaian yang biasa-biasa saja, tetapi dia menghargai segala tantangan yang dihadapinya. Sempat drop ke posisi 4 pada Oktober 2022, Nelly kembali ke peringkat No. 1 Dunia sebulan kemudian, yang bertahan seminggu. Lalu, 24 April kemarin, ia balik lagi ke posisi elite dunia.

Credit: YM/OB Golf

Apa motivasi terbesar Nelly?

Ia tidak puas dengan uang atau popularitas belaka. Nelly justru mengejar sesuatu yang jauh lebih sulit,  dan juga sulit dipahami: kebesaran.

“Saya ingin menjadi pegolf terbaik di dunia,” katanya. “Saya ingin menjadi pegolf nomor satu dunia, dan saya ingin memenangi Grand Slam, dan saya ingin melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan oleh siapa pun.”

Ia berhasil mencapai status pegolf No. 1 Dunia, dan Nelly masih mengejar hal yang besar lainnya.

 

BOKS

Kala Nelly Bertemu Tiger

Nelly Korda menghadiri sebuah acara pada Jumat malam di bulan Desember. Di ballroom Orlando Ritz-Carlton, ia bertemu sekelompok juara major yang sudah berada di area tersebut. Para bintang golf dari multi-generasi, seperti Tom Watson, Lee Trevino, dan Vijay Singh, yang akan bermain di PNC Championship, saat itu berkumpul untuk melakukan sesi foto grup. Tidak berapa lama, Tiger Woods bersama putranya, Charlie, memasuki ruangan tersebut. Tiger melihat Nelly yang belum pernah ditemui sebelumnya. “Nelly! Hei!” kata Tiger, yang senang pada pertemuan pertamanya dengan pegolf wanita No. 1 Dunia saat itu. Nelly seakan tidak percaya dengan sapaan Tiger.

Credit: Vietnamgolfmagazine.net

“Saya seperti, ya Tuhan, dia tahu nama saya,” kata Nelly, mengingat peristiwa tersebut. “Ia tahu saya. Gila banget.”

Tiger pastinya tahu siapa Nelly Korda, pegolf wanita yang kini menjadi kebanggaan publik golf AS. Popularitas memang menjadi hal yang baru bagi Nelly sehingga tidak menyadari bahwa kini ia berada dalam mikroskop para pecinta golf.

 

 

BOKS 

NELLY KORDA

Tanggal Lahir: 28 Juli 1998

Awal Status Pro: 2016

 

PRESTASI

2016    Sioux Falls GreatLIFE Challenge+

2018    Swinging Skirts LPGA Taiwan Championship*

2019    ISPS Handa Women’s Australian Open*

Lacoste Ladies Open de France#

Taiwan Swinging Skirts LPGA*

2021    Gainbridge LPGA*

Meijer LPGA Classic*

Women’s PGA Championship^*

Olimpiade (Emas)

Pelican Women’s Championship*

2022    Aramco Team Series-Sotogrande#

Pelican Women’s Championship*

 

 

Keterangan:

+ Symetra Tour

* LPGA Tour

# Ladies European Tour

^ Turnamen major

Share with

More News

Tekad Jin Young Ko untuk Cetak Hattrick

Comeback Mantan Bintang Ryder Cup ke LIV Golf Jeddah?

Bintang Indonesia Ramaikan Ajang US$1,1 juta

Undangan Spesial untuk Pemain LIV Golf

Digital Edition

Screenshot 2024-02-05 at 13.13.38
February - March 2024

Pemain Terbaik Indonesia Musim 2023

Cover
December 2023 - January 2024

Juara Sejati di Jagat Golf Indonesia

cover
October - November 2023

Petualangan Viking di Benua Merah

Cover
August - September 2023

Misi Roma: Mematahkan Dominasi AS