Petualangan di Pegununan Tien-Shan

Di ketinggian 800 di atas permukaan laut, ibu kota Kyrgystan ini berlokasi di utara kaki pegunungan Ala-Too, yang merupakan kepanjangan dari pegunungan Tien-Shan. Pegunungan setinggi 3.962 meter ini menjadi latar belakang pemandangan indah dari Bishkek.

Bishkek adalah kota yang didominasi bangunan umum berwajah marmer yang dipadukan dengan banyak blok apartemen bergaya Uni Soviet (negara sosialis adidaya yang merupakan gabungan negara-negara dan bubar pada 1991) yang mengelilingi halaman sebagai interiornya. Kota ini tertata seperti pola kotak-kotak, dengan sebagian besar jalan diapit saluran irigasi sempit di kedua sisinya. Irigasi ini mengairi pohon-pohon yang tak terhitung banyaknya yang memberi keteduhan dari panasnya matahari di  musim panas.

Di tengah keriuhan suasana kota metropolitan Bishkek dan bazar Osh yang ramai, kota seluas 170 km2 ini pun memberikan pengalaman liar bagi wisatawan yang berjiwa petualang: danau alpine, puncak berselimut salju yang menjulang, dan hutan kenari yang luas. Bishkek menjadi pintu gerbang warisan nomaden yang unik, dan sejarah Jalur Sutra yang mempesona menjadi daya tarik para petualang alam terbuka dan pemerhati budaya.

TEMPAT FAVORIT

Ala Too Square

Bishkek, Kyrgystan – May 2, 2014: Fountain on Ala-Too Square. Bishkek formerly Frunze, is the capital and the largest city of the Kyrgyz Republic. The population – 900,000 people

Ala-Too Square adalah sebuah alun-alun di pusat ibu kota Kyrgystan, Bishkek. Hamparan beton luas yang dulu sempat disebut alun-alun Lenin itu dibangun pada 1984. Di sekeliling alun-alun terdapat Musem Sejarah Negara Kyrgyzstan, Taman Oak Park dengan Museum Patung-Patung, Gereja St. Nicholas Church, dan Monumen Persahabatan Rakyat.

Osh Bazaar

Osh, Kyrgyzstan – October 05, 2014: People shopping inside the Central Market

Datang ke Bishkek, rasanya tidak lengkap jika tidak mengunjungi Osh Bazaar—salah satu bazar terbesar di Bishkek.  Pasar terbuka ini menyediakan berbagai macam, dari makanan, bumbu dapur, barang-barang rumah tangga, pakaian, suvenir, hingga peralatan musik. Di tengah keriuhan pasar dengan aroma khasnya, Anda akan merasakan pengalaman berbeda sekaligus bersosialiasi untuk mengenal kultur budaya setempat.

Burana Tower

Visitors on top Burana Tower, with mountains in background. Burana Tower is the most visible remnant of the old city of Balasagun, in the Chuy region, that went to a ghost city in the 15th century. Built in the 11th century, the tower is thought to have been a minaret. It was originally double it’s current height of 24.6 meters. Historian’s believe the top half to have been destroyed in a 15th century

Menara yang dibangun pada abad ke-11 (masa Kekaisaran Karakhanid) berada di timur Bishkek, yang berjarak 80 km dari pusat kota. Menara setinggi 24,6 meter ini merupakan sisa peninggalan kota di masa kekaisaran itu, Balasagun. Kini, Burana Tower yang tadinya memiliki tinggi 45 meter itu diakui UNESCO sebagai situs warisan dunia.

Ala Archa National Park

footpath going through grassy field and hills on background, Ala Archa National Park, Kyrgyzstan

Anda yang menyukai kegiatan wisata alam perlu mengunjungi Taman Nasional ini. Letaknya tidak terlalu jauh dari Bishkek, hanya 40 km ke arah selatan. Berada di Pegunungan Tian Shan, Ala Archa National Park yang dibuka pada 1976 ini merupakan kawasan yang tepat untuk hiking dan trekking, bahkan ski di saat musim dingin.

Danau Issyk-Kul

Beautiful southern shore of Lake Issyk-Kul in the summer day, Kyrgyzstan.

Salah satu danau tertua di dunia ini berlokasi cukup jauh dari Bishkek, 4,5 jam berkendara. Namun, lamanya perjalanan menuju Issyk-Kul Lake akan terpuaskan dengan pemandangan indah danau yang dikelilingi Pegunungan Tian Shan yang menjulang, dengan tinggi 3.962 meter. Danau ini memiliki kedalaman 609 meter.

Danau Song-Kul

The ger camp in a large meadow at Song kul lake , Naryn of Kyrgyzstan

Ini merupakan danau terbesar kedua setelah Issyk-Kul. Berada di ketinggian 3.000 meter di pegunungan Tien Shan, danau terpencil ini dikelilingi oleh padang rumput pegunungan tinggi yang disebut jailoos. Karena itu, untuk mencapai ke danau ini, pengunjung harus menjalani trekking. Tetapi tersedia juga fasilitas kuda untuk mencapai danau ini. Danau ini sendiri menyediakan tenda penginapan (yurt) khas masyarakat tradisional Kyrgistan. Dari Bishkek, Song Kul bisa dicapai dalam waktu lebih dari 6 jam.

Share with

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on email

More News

Fakta di Balik Jeeno

Dari Wonderteen ke Wonderwoman

Musim Lengkap untuk McIlroy

Turnamen Khusus Kedi Se-Jawa dan Bali

Digital Edition

October - November 2022

Keputusan Berani Smith

Manifestasi Mimpi 3 Dekade
August - September 2022

Manifestasi Mimpi 3 Dekade

Major Selanjutnya Master Scottie?
June - July 2022

Major Selanjutnya Master Scottie?

Dunia Mengakui The Goat
April - May 2022

Dunia Mengakui The Goat