AUTHOR

OBGOLF

04 December 2020

Dua Olahraga, Satu Destinasi

Pandemi Covid-19 yang saat ini masih berlangsung telah memukul berbagai sektor perekonomian. Salah satunya adalah pariwisata. Sektor ini memang mengalami pukulan yang sangat berat karena Covid-19 telah membatasi mobilitas siapa pun, termasuk melakukan kunjungan wisata. Beberapa daerah yang perekonomiannya sangat tergantung pada sektor pariwisata pun limbung, termasuk Bali.

 

Untuk kembali membangkitkan ekonomi pariwisata di Tanah Air, Kemenparekraf meluncurkan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk  mengaktifkan kembali wisata di Indonesia. Salah satu kegiatan yang digelar adalah “Golf & Bike Bali”.

 

Melalui Golf & Bike Bali, Kemenparekraf berupaya mengembangkan potensi pariwisata di Bali yang selama ini dikenal sebagai surga untuk wisata berbasis kebudayaan dan alam. Potensi ini kemudian dikembangkan dengan penyelenggaraan wisata olahraga.

 

Wisata olahraga melalui kegiatan “Golf & Bike Bali” mengemas aktivitas olahraga golf yang dipadukan dengan sepeda dalam satu tujuan wisata. Para peserta diajak untuk menjajal lapangan-lapangan golf berkelas internasional, yaitu Bali National Golf Club di Nusa Dua dan New Kuta Golf Club di Pecatu. Selain golf, mereka pun beraktivitas dengan mengeksplorasi daerah-daerah wisata di Bali melalui olahraga bersepeda yang menelusuri wilayah-wilayah di Bali sambil menikmati pemandangan alam Bali yang Indah serta kehidupan masyarakat Bali dari dekat.

 

Kegiatan Golf dan Bike Bali ini berlangsung dalam empat kali batch, dari 12 Oktober hingga 5 November. Para peserta Golf & Bike Bali ini berasal dari kalangan agen biro perjalanan, komunitas dan industri golf, serta media.

 

Dalam kegiatan golf dan bersepeda ini, para peserta diajak ke pusat oleh-oleh khas Bali, Krisna. Mereka menginap di Uma Sapna, sebuah kompleks vila mewah di area elite Seminyak, dan melakukan wisata kuliner di beberapa restoran terkenal di Bali.

 

Seiring dengan pelaksanaan kegiatan ini, Kemenparekraf pun melakukan sosialisasi penerapan panduan protokol CHSE (Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan) yang diberlakukan untuk semua kegiatan pariwisata. Golf & Bike Bali dijadikan sebagai media untuk mengedukasi para pelaku wisata golf agar tetap memperhatikan protokol kesehatan yang telah disepakati demi kemajuan pariwisata Indonesia.

 

Melalui kegiatan Golf & Bike Bali ini, para peserta mendapatkan pengalaman-pengalaman berbeda melalui sport tourism baru ini. “Ini kegiatan yang menarik dan menyenangkan. Memberikan pengalaman baru bagi saya. Ini sesuatu yang layak dicoba oleh wisatawan-wisatawan lokal,” ujar Deputy General Manager Rainbow Hills Golf Club, Widya Tirta Putra.

 

“Ini sebuah pengalaman berbeda. Saya baru pertama kali bersepeda lebih dari 3 km. Rasanya seru dan menyenangkan. Semoga pariwisata Bali bisa kembali bangkit, dan ramai lagi,” kata Joanna Sarah Pinontoan, penyanyi sekaligus presenter TV.

A D V E R T I S E   W I T H   U S

For more information to learn about our advertising opportunities, please complete the following form:

FIND OUT MORE