AUTHOR

OBGOLF

18 June 2021

5th Olympic Jabar Amateur Open: Pekan Golf Nasional

Olympic Jabar Amateur Open yang dibidani Pengurus PGI Provinsi Jawa Barat dan didukung penuh klub Olympic Golf Club kembali menggulirkan turnamen amatir kompetitif kebanggaan provinsi tersebut: Jabar Amateur Open. Turnamen yang tahun ini memasuki penyelenggaraan kelima ini digelar di Gunung Geulis Country Club, Bogor, pada 15-17 Juni.

Penyelenggaraan Olympic Jabar Amateur Open (OJAO) yang juga dipersembahkan Iron Card dan Oxyndo ini mendapat sambutan luar biasa dari peserta. Jumlah peserta yang berpartisipasi pun melebihi perkiraan target yang direncanakan panitia penyelenggara. Sebanyak 133 pegolf (99 putra dan 34 putri) terdaftar dalam turnamen yang sempat batal diselenggarakan pada tahun lalu karena pandemi.

 “Kami terpaksa menolak beberapa peserta karena jumlahnya sudah mencapai batas maksimal di lapangan,” kata salah seorang panitia.

Keberanian Pengrov Jabar dan Olympic mengadakan turnamen Jabar Amateur Open di tengah pandemi Covid-19 ini patut dipuji. Selama hampir satu setengah tahun, kompetisi golf di Tanah Air seakan terhenti karena pandemi yang mulai merebak pada Februari tahun lalu. Karena itu, kehadiran Jabar Amateur Open seakan menghapus dahaga akan turnamen golf yang kompetitif. Namun, kali ini panpel mendapat tugas tambahan: menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Tahun lalu kita nggak bisa apa-apa. Semua masih kaget. Namun, tahun ini kami lihat semua turnamen olah raga mulai aktif lagi. Kita semua sudah siap. Cuma yang jadi masalah kan sponsor, apalagi dalam kondisi pandemi seperti ini. Yang lebih berat lagi adalah bagaimana penerapan protokol kesehatannya. Ketika ada lampu hijau dari KONI, dengan tetap memperhatikan prokes, kami pun berani. Semua peserta harus tes antigen,” kata Herry Safari, Ketua Pengprov PGI Jabar.

Sementara, Au Bintoro dari Olympic Golf Club yang menjadi partner setia PGI Jabar untuk menjadi title sponsor turnamen ini menyatakan optimistisnya dengan keberlangsungan OJAO ini. “Kami para sponsor berupaya agar OJAO ini bisa berjalan lagi. Kita sudah sekian lama kosong (tidak ada kompetisi). Selama kita memenuhi protokol kesehatan, kenapa mesti takut? Kami fokus (pemain-pemain) lokal dulu,” jelas Au.

Putaran pertama akhirnya diikuti 127 pegolf (95 putra dan 32 putri). Ke-127 atlet-atlet terbaik ini berasal dari 17 provinsi, 15 kota-kabupaten, dan 27 golf club. Olympic Jabar Amateur Open ini seakan menjadi pekan golf nasional karena atlet-atlet dari sebagian besar provinsi di Indonesia hadir di turnamen ini.

“Karena kondisi pandemi yang tidak memungkinkan untuk mengundang pemain-pemain luar, kami fokus pada atlet-atlet lokal. Karena tidak ada turnamen-turnamen golf kompetitif, kami berharap para atlet daerah bisa bergairah lagi dengan turnamen OJAO ini. Kami memulai lagi dari awal,” tambah Herry. 

A D V E R T I S E   W I T H   U S

For more information to learn about our advertising opportunities, please complete the following form:

FIND OUT MORE