AUTHOR

OBGOLF

16 February 2021

Pemain No. 4 Dunia Puji Sistem Bubble

Sistem bubble yang diterapkan European Tour ternyata efektif dalam menurunkan penularan Covid-19 kepada para pemain. Hingga saat ini, baru empat pemain yang positif Covid-19 sejak sistem ini mulai diterapkan pada Juli tahun lalu. 

Cara European Tour yang efektif menjalankan berbagai turnamen selama pandemi Covid-19 ini pun mengundang pujian. Pegolf No. 4 Dunia Collin Morikawa menilai protokol kesehatan yang diterapkan secara ketat selama berbulan-bulan--termasuk tes regular dan sistem bubble dalam operasionalnya--mampu meminimalisasi jumlah penularan.

Sistem bubble ini sendiri membatasi pergerakan para pemain dan staf selama turnamen. Mereka hanya diperbolehkan untuk melakukan perjalanan antara lapangan dan hotel selama pekan turnamen. Karena itu, Collin terkesan dengan langkah-langkah keamanan yang diterapkan untuk membatasi penyebaran Covid-19.

"Ini adalah event yang saya tahu bahwa saya akan keluar dan bermain, tidak perlu berpikir ulang," kata Collin, seperti yang dikutip SkySports. "Dengan apa yang terjadi dengan Covid dan peraturan serta larangan bepergian ke dalam dan ke luar negara, Anda hanya perlu waspada dan terus terinformasi soal apa yang akan terjadi pada kami.”

Collin sendiri berada di Eropa untuk bertanding di Omega Dubai Desert Classic akhir bulan lalu. "Saya rasa European Tour telah melakukan pekerjaan luar biasa dengan bubble ini. Ini sangat berbeda; Saya mengatakannya terakhir kali saya berada di sini, ini sangat berbeda dari apa yang kami miliki di AS, tetapi mereka melakukannya dengan benar.”

Pelanggaran terhadap sistem bubble ini berujung pada sanksi berupa pengusiran pada staf atau pendiskualifikasian bagi pemain ataupun kedi yang keluar dari sistem. Mantan pemain Asian Tour John Catlin pernah mengalami itu ketika mengikuti English Championship pada Agustus lalu.

Karena itu, pujian  Collin ini bukanlah omong kosong. Sejak mulai diterapkan pada Juli tahun lalu, hanya empat pegolf European Tour yang positif Covid-19. Pegolf Prancis Alex Levy menjadi pemain pertama yang positif pada Agustus 2020, kemudian Jbe Kruger (Afrika Selatan) pada Oktober dan Sergio Garcia (Spanyol). Terakhir, pegolf Thailand Jazz Janewattananond yang tidak menunjukkan gejala apa-apa pada akhir Januari kemarin.

A D V E R T I S E   W I T H   U S

For more information to learn about our advertising opportunities, please complete the following form:

FIND OUT MORE