AUTHOR

OBGOLF

16 February 2021

Dua Elite yang Terperosok

Ketika terlempar dari daftar Top 30 Dunia, Jordan Spieth tidaklah sendiri. Dua nama elite lainnya, Jason Day dan Rickie Fowler, pun mengalami nasib yang sama.   

Jason Day

Dibanding Jordan dan Rickie, penurunan Jason dalam daftar peringkat dunia memang tidak terlalu parah. Ia hanya berada di posisi No. 43 Dunia. Namun, label pegolf No. 1 Dunia yang sempat tersemat di pundak pria asal Australia ini tetap saja menjadi salah satu penilaian bahwa performa Jason mengalami penurunan.

Persoalan cedera yang mulai menggerogotinya sejak 2009 membuat Jason tidak sepenuhnya tampil konsisten selama satu musim penuh. Meski demikian, ia masih bisa memegang tampuk pimpinan No. 1 Dunia dalam dua periode (pada 2015--empat minggu--dan 2017, 47 minggu). Ketika tergusur dari puncak Official World Golf Ranking, Jason masih bisa bertahan di Top 15-20 Dunia.

Namun, musim 2019, peringkat Jason mulai turun. Cedera punggung yang kronis dan on-off selama satu dekade ini masih terus mengganggu penampilan juara PGA Championship 2015, meski sudah menjalani berbagai pengobatan dan terapi. Peringkatnya pun makin merosot.

Untuk menyelamatkan kariernya, Jason memutuskan untuk mengubah swing. Ini membuat kerja sama dengan pelatih Col Swatton terputus pada Juli tahun lalu. Col sudah mendampingi Jason dengan koleksi 12 gelar PGA Tour selama dua dekade. Ini keputusan pahit Jason demi kariernya.  Jason terakhir menang pada Mei 2018.

Setelah mencari pelatih yang tepat, pilihan Jason jatuh pada Chris Como. Mantan

pelatih Tiger Woods dari 2015-2018 ini membantu Jason dalam perubahan swingnya sehingga bisa mengurangi cedera punggungnya. Dengan pelatih barunya ini, Jason menargetkan untuk kembali ke peringkat elite dunia.

“Jika melihat peringkat dunia saya, itu menjadi motivasi terbesar saya. Di mana posisi saya (saat ini), saya tahu saya lebih baik dari itu. Inspirasi saya adalah kembali ke No. 1 Dunia. Saya tahu saya masih memiliki kemampuan untuk melakukan itu,” kata pegolf yang saat ini berusia 33 tahun, seperti dikutip NCA NewsWire.

TABEL

 

Rickie Fowler

Ketika mampu mencapai peringkat No. 4 Dunia pada 2016, Rickie seakan memberikan harapan bahwa dia akan menembus Top 3. Namun, posisi No. 4 itu rupanya menjadi pencapaian tertinggi pegolf yang memiliki nama lengkap Rick Yutaka Fowler ini. Ia hanya berkutat di Top 10-20 hingga Masters 2019 (No. 10 Dunia).

Setelah itu, peringkatnya terus drop. Januari 2020, Rickie hanya menempati posisi 21 Dunia. Tahun ini, ia sudah tergusur ke posisi 60 Dunia pada Januari. Ia pun tidak memenuhi syarat untuk bertarung di Masters 2021. Jika ini terjadi, Rickie yang mengoleksi lima gelar PGA Tour ini bakal absen pertama kalinya setelah 10 tahun terakhir selalu hadir di Augusta National.

Pegolf yang kini berusia 32 tahun ini menyadari grafik permainannya menurun.  Sejak September 2019, dibantu pelatih John Tillery, ia memperbaiki swingnya. Prosesnya ini memang sedang berjalan menuju swing yang diharapkan. Ketika kompetisi PGA Tour sempat terhenti selama tiga bulan akibat pandemi Covid-19, Rickie tidak mampu memanfaatkannya untuk mengasah kemampuan swingnya.

“Itu adalah sebuah pertempuran,” kata Rickie, seperti dikutip GolfWeek. “Tapi itu bagian dari golf. Akan ada kemunduran, akan ada masa-masa sulit, dan saya pikir ini lebih mengenai bagaimana Anda menghadapi masa-masa sulit itu dan bertahan di akhirnya.”

Mantan jawara amatir ini mengakui dirinya membuat kemajuan. Puttingnya yang musim lalu selalu tercecer kini telah mengalami peningkatan, dan berfungsi dengan baik. Begitu pula pukulan drivenya yang berkontribusi dalam perolehan birdie di American Express pada pertengahan Januari lalu.

Rickie memang masih beradaptasi dengan perubahan swingnya ini. “Ini lebih ke mental daripada yang lain,” kata pemain yang terakhir juara pada Februari 2019 di Waste Management Phoenix. “Ini seperti mulai terbiasa pakai masker.”

“Tapi itu golf. Begitu Anda merasa sesuatu telah berada di tempat yang tepat atau menuju ke arah yang benar, itu akan membuat Anda menggila."

HASIL RICKIE DI PGA TOUR

A D V E R T I S E   W I T H   U S

For more information to learn about our advertising opportunities, please complete the following form:

FIND OUT MORE