AUTHOR

OBGOLF

14 December 2020

Atlet juga Pegolf

November lalu, sebuah turnamen golf charity kembali digelar. Pegolf top dunia Phil Mickelson turut serta dalam turnamen golf yang bertajuk “The Match: Champions for Charity”. Turnamen yang telah berlangsung untuk ketiga kalinya ini pun menghadirkan mantan atlet basket Charles Barkley. Phil yang berpartner dengan Charles berhadapan dengan pasangan bintang basket Stephen Curry dan mantan pemain sepakbola Amerika Peyton Manning dalam perebutan gelar juara yang berhadiah US$9 juta.

Golf saat ini rupanya telah menjadi olahraga yang universal bagi atlet-atlet olahraga lain, sekadar pilihan hobi atau olahraga yang ditekuni secara serius. Stephen dan Peyton rupanya mengambil pilihan kedua. Keduanya memiliki handicap bagus sebagai pemain golf. Stephen berhandicap (index) 0.0, sedangkan Peyton memiliki handicap index 3,5. Dari riset yang dilakukan Golf Digest, berikut beberapa olahragawan (termasuk Stephen) yang piawai mengayunkan stik di lapangan golf:

STEPHEN CURRY

Handicap index: 0.0

Bintang basket asal klub Golden State Warriors ini bisa dibilang penggila golf sejati. Memiliki handicap index 0.0, Stephen yang ikut mengantarkan Golden State meraih cincin juara NBA tiga kali ini pernah ikut turnamen Web.com dalam dua tahun terakhir, meski belum mencetak skor yang memuaskan. Kontribusi Stephen terhadap pembinaan golf untuk usia muda pun tidak terbantahkan. Point guard berusia 32 tahun ini menyediakan beasiswa (bekerja sama dengan PGA Reach) bagi pegolf muda yang ingin meningkatkan potensinya di golf dan pakaian golf (kerja sama dengan Under Armour). Stephen sendiri merupakan produser pelaksana acara golf di stasiun ABC, “Holey Moley”

HAL 2

MICHAEL JORDAN
Handicap index: 1.9
 

Handicap index Michael ini belum berubah sejak 2013, setidaknya itu menurut GHIN.com. Sepertinya dunia basket profesional, mantan bintang basket asal Chicago Bulls ini pun menggeluti golf sangat serius. Jangan coba-coba menantangnya di lapangan golf, Michael akan menanggapinya dengan serius. Hal ini dialami beberapa pegolf top seperti John Daly, Tiger Woods, dan Justin Thomas. Mantan pegolf No. 1 Dunia Brooks Koepka pun merasakan sendiri kegigihan Michael untuk mengalahkannya di dua hole terakhir setelah Brooks unggul 1 up di hole 16. Penyandang enam cincin juara NBA ini bahkan akan lebih serius jika tantangannya bernilai uang.

Michael membangun lapangan golf sendiri yang bernama the Grove XXIII (angka 23 adalah nomor kausnya semasa di Chicago). Lapangan itu yang berlokasi di Hobe Sound, Florida, AS, dibuka pada 2019 lalu.

RAFAEL NADAL

Handicap index: 2.5 

Petenis Spanyol ini memang dikenal sebagai salah satu raja tenis dunia dengan raihan 17 gelar juara Grand Slam. Rafael memang piawai mengayunkan raket tenis. Namun, petenis berusia 34 tahun ini hampir sama piawainya di lapangan golf. Ketika tidak tanding di tenis, Rafael biasanya menjalani putaran golf di lapangan golf di Mallorca.

Ia pun pernah tampil beberapa kali dalam turnamen profesional. Karena passion terhadap golf yang begitu besar, Rafael pun menggulirkan Rafa Nadal Golf Challenge untuk pertama kalinya pada 2018.

HAL 3

HARRY KANE

Handicap 4 

Ujung tombak klub Inggris Tottenham Hotspur ini pun memiliki ketajaman yang hampir sama jika diajak satu putaran di lapangan golf. Centurion Club di sebuah kota kecil Hemel Hempstead, yang berada di kawasan London Raya, merupakan homebase Harry. Ia rajin bermain di turnamen-turnamen pro-am. Harry terakhir kali main dengan dua pegolf elite European Tour, Tommy Fleetwood dan Andrew “Beef” Johnston, dalam sebuah turnamen pro-am.

GARETH BALE

Handicap 5 

Gareth yang baru bergabung dengan klub Inggris Tottenham Hotspur ini pun sangat menggilai olahraga golf. “Kegilaan”-nya ini diwujudkan dengan membangun beberapa replika hole-hole popular, seperti hole 17 TPC Sawgrass, hole 11 Augusta National, dan Hole 8 Royal Troon, di belakang rumahnya. Meski Golf Digest pernah menyebutnya sebagai pemain berhandicap 5, Gareth justru mengakui bahwa dirinya memiliki handicap 3 atau 4. Ada rencana untuk terjun ke golf profesional?

“Sepakbola adalah olahraga saya No. 1. Saya dibayar untuk bermain (bola) dan saya berikan yang terbaik. Golf adalah hobi saja seperti halnya yang lain punya sebuah hobi,” kata pesepakbola asal Wales ini, seperti dikutip Goal.com.  "(Golf) ini membuat saya lebih tenang di luar lapangan (sepakbola) dan memberikan waktu untuk menyepi dari sepakbola, dan itu bagus.”

 

A D V E R T I S E   W I T H   U S

For more information to learn about our advertising opportunities, please complete the following form:

FIND OUT MORE