AUTHOR

OBGOLF

26 August 2021

Sajian Alam di Bukit Menoreh

Kabupaten Kulon Progo memiliki topografi yang menarik. Pegunungan Bukit Manoreh menjadi dasar topografi di bagian utara dan tengah. Di bagian utara ada wilayah dataran tinggi yang menyejukkan dengan puncak tertinggi Suroloyo, sedangkan peralihan dataran rendah dan perbukitan di bagian tengah. Di bagian selatan, ada dataran rendah dengan wilayah pantai.

Seperti halnya kota Yogyakarta, Kabupaten Kulon Progo pun memiliki atmosfer budaya lokal Jawa yang sangat kuat. Wajah-wajah kearifan khas penduduk Yogya pun terpancar di kabupaten ini, bahkan cenderung lebih kuat karena arus modernisasi tidak sekencang di Yogya. Namun, itu justru menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke kabupaten yang memiliki luas 586,27 km2.   

Hal lain yang juga menjadi magnet wisatawan adalah sebagian besar destinasi berada di pegunungan Bukit Manoreh. Ketika back to nature menjadi prinsip utama sebagian besar wisatawan yang bosan dengan hal-hal yang berbau modern, bertandang ke area-area yang menyajikan alam sebagai menu utama menjadi satu keharusan. Di sinilah Kulon Progo masuk dalam satu destinasi yang wajib didatangi.

Pegunungan Menoreh yang membentang dari barat laut Kabupaten Kulon Progo hingga bagian selatan Kabupaten Magelang (utara Kulon Progo) ini memang menawarkan berbagai wisata alam, dari air terjun, goa, perkebunan teh, hingga puncak Suroloyo.

Wisata alam Kalibiru menjadi destinasi utama kala berwisata ke Kulon Progo. Terletak di Pegunungan Manoreh, area yang berada di ketinggian 450 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini menyuguhkan pemandangan berupa Waduk Sermo dan hamparan hutan yang luas. Dengan penataan yang lebih kekinian, wisata alam Kalibiru yang mulai beroperasi pada pertengahan 2009 ini menjadi salah satu destinasi populer di kabupaten ini, yang kemudian disusul dengan wisata-wisata alam lainnya.

Tempat Favorit

Embung Banjaroya

Embung Banjaroya Kalibawang ini merupakan waduk mini tadah hujan, yang pengembangan proyek dari kebun monokultur durian menoreh. Berada di Desa Banjaroya, Kecamatan Kalibawang, waduk seluas 60 x 80 meter ini menjadi sebuah kawasan agrowisata di Kulon Progo.

Air Terjun Kedung Pedut dan Sidoharjo

Berada di barat laut Kulon Progo, berjarak 13 km dari kota tersebut, Kedung pedut (bahasa jawa: kolam kabut) memiliki sebuah kolam alami yang memiliki campuran warna biru dan putih sehingga tampak seperti kabut. Sementara, air terjun Sidoharjo yang berada di utara kota tersebut (sekitar 25 km dari Kulon Progo) masih terbilang alami, karena medan menuju lokasi tersebut cukup jauh dan lumayan menantang. Air terjun ini merupakan yang tertinggi di wilayah tersebut dengan ketinggian 75 meter.

Puncak Suroloyo

Kulon Progo berada di di Perbukitan Menoreh. Puncak Perbukitan Menoreh yang terletak di kabupaten tersebut bernama Puncak Suroloyo. Berada di ketinggian 1.019 mdpl, puncak ini bisa dicapai setelah menaiki sekitar 200 anak tangga. Sepanjang jalan menuju puncak, Anda bisa menemui banyak gardu pandang yang dibuka bagi wisatawan yang ingin menikmati pemandangan dari bukit Menoreh.

Kebun Teh Nglinggo

Perkebunan teh ini berada di kawasan desa wisata Nglinggo, kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Di sini, Anda bisa melihat panorama pedesaan Jogja dan Magelang yang asri. Berada di puncak Perbukitan Menoreh ini, kebun teh menjadi salah satu pilihan wisata. Ada beberapa puncak yang bisa dieksplorasi, yaitu puncak sebelah barat dengan pemandangan kebun teh. Sedangkan puncak sebelah utara, yaitu Puncak Dempok dan Puncak Kendeng, dengan panorama delapan gunung di Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Gua Kiskendo

Terletak di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, 15 km dari pusat kota Kulon Progo, goa ini ditemukan pada 2 abad lalu. Awalnya merupakan tempat bertapa bagi orang-orang dahulu, tetapi kemudian dialihfungsikan menjadi tempat wisata. Karena itu, goa ini telah dilengkapi dengan sarana pejalan kaki di dalamnya. Goa memiliki panjang 1,5 kilometer goa di dalam bumi Bukit Menoreh.

Pantai Glagah

Berada di selatan kota Kulon Progo, yang berjarak 16 km dari kota, Pantai Glagah merupakan salah satu destinasi yang paling banyak dikunjungi. Pantai yang menghadap Samudera Hindia ini memiliki spot yang bagus untuk foto-foto. Ada laguna untuk wisata air dan ada juga area dermaga pantai untuk pejalan kaki yang dihiasi tetrapod (benda pemecah ombak), yang justru menarik banyak perhatian wisatawan.

Rafting Kalibawang

Anda yang menyukai olah raga yang memicu adrenalin tinggi bisa menjajal destinasi ini. Rafting ini mengambil spot arung jeram Sungai Progo bagian bawah, yang berada di Dusun Kreo, Banjararum, Kalibawang, Kulon Progo. Titik awal dari arung jeram ini berada di bawah Jembatan Klangon, Kalibawang. Sungai Progo bawah kabarnya merupakan sungai dengan kesulitan pengarungan tertinggi se-Jawa dan Bali. Penasaran?

A D V E R T I S E   W I T H   U S

For more information to learn about our advertising opportunities, please complete the following form:

FIND OUT MORE