AUTHOR

OBGOLF

12 October 2021

Kota Persinggahan ke Gunung Bromo

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru memang bisa dijangkau dari beberapa kota yang mengapitnya. Probolinggo pun menjadi tempat persinggahan bagi para petualang yang ingin berkunjung ke Gunung Bromo.

Kota Probolinggo memang kalah populer dengan kota tetangga, Malang. Namun, Probolinggo rupanya menjadi salah satu daftar destinasi para wisatawan yang berkunjung ke Jawa Timur. Kota Probolinggo, khususnya, menjadi tempat singgah sebelum berpetualang ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Dibanding kota-kota lainnya, akses ke Gunung Bromo lebih mudah jika melalui Probolinggo.

Berada di utara Jawa Timur, Probolinggo terletak di jalur yang strategis dalam kawasan tapal kuda, yang menjadi jalur utama pantai utara yang menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Bali.

Sebelum menelusuri Gunung Bromo yang menjadi tujuan utama, wisatawan menikmati satu-dua hari tinggal di kota untuk mengeksplorasi potensi wisata Probolinggo. Ada sebuah kawasan bernama BeeJay Bakau Resort, yang dulunya sebuah hutan bakau kemudian menjadi destinasi ekowisata bakau di Kota Probolinggo. Lalu, beberapa pantai yang kebetukan berada di wilayah Kabupaten Probolinggo bisa dijelajahi, yaitu Pantai Bentar, Pantai Duta, dan Pantai Bahak Indah, yang masing-masing memiliki kekhasan tersendiri. Ada pula pantai di Pulau Gili Ketapang yang menjadi perhatian para wisatawan yang disinggah di “Kota Anggur” ini.

Gili Ketapang jadi pilihan destinasi wisata Probolinggo yang akan menyuguhkan pemandangan bawah laut yang menarik untuk Anda nikmati dan kunjungi. Jadi untuk kamu yang doyan snorkeling atau bahkan diving tentunya akan sangat menyenangkan ada di sana.

TEMPAT FAVORIT

Pantai Bentar

Berada di timur kota Probolinggo, Pantai Bentar juga memiliki spot foto menarik yakni jembatan panjang yang terbentang di pinggir pantai sepanjang 50 meter.

Pulau Gili Ketapang

Pulau Gili Ketapang adalah sebuah pulau kecil yang berada di antara pulau Jawa dan Madura. Hanya berjarak 8 km dari Pelabuhan Tanjung Tembaga, pulau ini bisa dijangkau dengan menggunakan kapal motor kecil. Ombak di sekitar pulau cukup tenang. Hamparan pasir putih yang membentang luas dan warna air laut yang tampak biru menjadi daya tarik wisata Pulau Gili Ketapang.

Puncak Seruni Point

Plaza Puncak Seruni Point (The Great Wall Seruni) yang berada di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk menikmati panorama Bromo, lautan pasir, sunset serta sunrise yang indah di kawasan Gunung Bromo. Berada di ketinggian 2.400 di atas permukaan laut, Seruni Point yang dibuka 2019 merupakan destinasi wisata baru di kawasan Bromo.

Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura terletak dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Memiliki ketinggian 200 meter, air terjun ini termasuk salah satu air terjun tertinggi di Pulau Jawa. Kondisi air dan alam di sekitar air terjun masih asri dan bersih.

Gunung Bromo

Gunung Bromo merupakan salah satu gunung berapi aktif di Jawa Timur yang diapti empat kabupaten, Kabupaten Malang, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Lumajang. Berada di ketinggian 2.392 Mdpl, Gunung Bromo merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, yang memiliki hamparan padang pasir seluas lebih 10 kilometer persegi. Gunung ini memiliki kawah dengan garis tengah sekitar 800 meter. Matahari terbit menjadi wisata yang paling ditunggu-tunggu di Puncak Tanjakan. Ada juga Bukit Tetubbies yang berupa padang rumput sabana. Bukit tersebut menyajikan pemandangan yang menakjubkan dengan hamparan rumput hijau saat siang hari. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Gunung Bromo ini: jalan kaki, atau menyewa mobil Jeep atau Kuda dari Cemoro. Ada juga wisata religi dengan mengunjungi Pura Kidal, Pura Luhur Poten, Pura Agung Mandara Giri Semeru, dan Pura Jago untuk menyaksikan keindahan bangunan religi ini.

 

A D V E R T I S E   W I T H   U S

For more information to learn about our advertising opportunities, please complete the following form:

FIND OUT MORE