AUTHOR

OBGOLF

11 February 2021

Kota Kinabalu Gerbang menuju Warisan Dunia

Kota Kinabalu adalah ibu kota Sabah, yang merupakan negara bagian Malaysia di Kalimantan bagian utara. Kota ini memiliki wajah yang sangat berbeda dibandingkan dengan Malaysia Barat. Dominasi alam menjadi magnet utama kota tepi pantai ini.

Menghadap Laut Tiongkok Selatan, Kota Kinabalu, yang juga dikenal dengan KK, terletak di tepi pantai Pulau Kalimantan bagian utara. Dikelilingi hutan hujan Kalimantan yang indah, Kinabalu yang memiliki luas 351 km persegi ini menjadi pintu gerbang ke Taman Nasional Kinabalu yang juga merupakan rumah bagi Gunung Kinabalu.

Anda yang pernah berkunjung ke Malaysia Barat akan merasakan atmosfer berbeda saat tiba di Kinabalu. Suasana pedesaan di kota tepi pantai ini terasa begitu kental. Pertumbuhan Kinabalu mungkin sedang bergerak menuju era modern di abad ke-21, tetapi pesona wajah lama dan sejarahnya tetap hidup. Ini yang membuat Kinabalu memberikan pilihan bagi wisatawan untuk bisa mengeksplorasi kota tetapi tetap dapat kesempatan untuk menjelajahi pedesaan yang indah dengan budaya Melayu timur yang apa adanya.

Anda bisa menemukan bangunan-bangunan bergaya klasik yang merupakan peninggalan dari sejarah kerajaan yang pernah berkuasa di Sabah. Kekayaan budaya Kinabalu disajikan dalam berbagai kegiatan wisata budaya. Salah satunya adalah Mari Mari Cultural Village. 

Destinasi lain yang sangat menarik perhatian wisatawan di Kinabalu ini adalah air: pantai-pantai dan juga beberapa area diving terbaik di wilayah ini. Karena itu, Taman Nasional Tunku Abdul Rahman yang merupakan spot untuk diving menjadi tujuan utama untuk para penyuka wisata bahari. Area di Taman Laut ini sangat mudah dijangkau dan tidak memakan waktu lama untuk mencapai area tersebut dengan sarana transportasi yang memadai.

Selain wisata bahari, wisata alam menjadi pilihan lain bagi wisatawan. Taman Nasional Kinabalu yang merupakan Situs Warisan Dunia pertama Malaysia yang diakui UNESCO ini menjadi titik awal petualangan di alam terbuka, seperti mengamati satwa liar di hutan dan hiking atau mendaki Gunung Kinabalu. Atau berkunjung ke lokasi pemandian air panas Poring Hot Springs sembari menikmati berbagai keindahan alam yang tersaji di sekitarnya.

Tujuan Favorit

Spot-spot Menarik di Kota

- Signal Hill Observatory Platform. Berlokasi di atas bandar Kinabalu, Signall Hill Observatory Platform memberikan sajian panorama Kota Kinabalu yang indah dari ketinggian. Pengunjung disarankan untuk datang pada sore hari, sehingga bisa menyaksikan sunset di Kota Kinabalu.

- Menara Jam Atkinson. Berlokasi di Signal Hill, Menara ini dibangun pada 1902, sebagai peringatan terhadap mendiang Francis George Atkinson—pejabat distrik pertama di kota itu (ketika masih bernama Jesselton).

- Kota Kinabalu Waterfront. Ini merupakan lokasi favorit para wisatawan. Mereka bisa bersantai di area yang menghadap laut, sekadar nongkrong atau menikmati makanan restoran sambil menyaksikan sunset yang indah.

- Masjid Kota Kinabalu. Ini merupakan masjid ke-2 terbesar di Kinabalu. Tampil seperti “masjid terapung”, masjid ini memiliki gaya arsitektural indah yang pastinya menarik minat Anda untuk berswafoto.

Mari Mari Cultural Villages

Jika ingin mengetahui lebih dalam mengenai kehidupan lima komunitas suku yang ada di Sabah, suku gipsi laut Bajau, petani padi Dusun, nelayan Lundayeh, pemburu Murut, dan pembangun rumah panjang Rungus, Anda wajib datang ke Mari Mari Cultural Village. Mereka akan hadir untuk menampilkan budaya, makanan, dan penampilan tradisional masing-masing suku (di tengah kehidupan modern ini).

Taman Nasional Tunku Abdul Rahman

Mengambil nama perdana menteri pertama Malaysia, Taman Nasional ini meliputi lima pulau: Gaya, pulau terbesar dan terdekat dengan Kota Kinabalu; Sapi yang berlokasi di barat daya Pulau Gaya; Manukan, pulau terbesar kedua yang memiliki fasilitas wisata yang paling maju; Mamutik, pulau terkecil; dan Sulug, pulau paling jauh dan terpencil. Masing-masing pulau menyodorkan keunikan dan keindahan tersendiri untuk wisata bahari.

Gunung Kinabalu

Jika Anda petualang sejati, pasti akan menjajal untuk mendaki Gunung Kinabalu yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO. Gunung ini dinilai mudah untuk didaki. Di samping kegiatan mendaki, Gunung Kinabalu pun tetap menyodorkan trek untuk hiking di kaki gunung. Begitu tiba di viewpoint, Anda bisa menyaksikan puncak Gunung Kinabalu dari dekat sambil merasakan kesegaran udara pegunungan.

 

A D V E R T I S E   W I T H   U S

For more information to learn about our advertising opportunities, please complete the following form:

FIND OUT MORE