AUTHOR

OBGOLF

06 October 2020

Kota Jambi

Kota Jambi merupakan ibu kota provinsi yang menyandang nama yang sama. Terletak di timur pulau Sumatera, Kota Jambi dibelah sungai Batanghari yang bermuara di timur kota Jambi. Dengan luas kota yang hanya 205 km2 ini, Jambi sedikit lebih besar dari kota Bogor yang memiliki luas 119 km2. 

Lima tahun terakhir, kehidupan Kota Jambi terasa lebih hidup dengan beroperasinya beberapa tempat wisata baru di dalam kota. Ini pun menjadi daya tarik kota ini untuk menarik lebih banyak wisatawan-wisatawan dari kota lain. Namun, magnet utama Kota Jambi tetaplah Sungai Batanghari. 

Membelah pusat kota, area sekitar Sungai Batanghari menjadi pusat keramaian untuk penduduk lokal maupun wisatawan. Sore hari kawasan sekitar sungai ini, khususnya area bernama Tanggo Rajo, diramaikan para pengunjung yang ingin menyaksikan pemandangan cantik di sore hari. 

Sambil menikmati sunset di Sungai Batanghari dan lampu berwarna-warni yang menghiasi Jembatan Gentala Arasy mulai menyala satu per satu, pengunjung pun bisa melakukan wisata kuliner di area tersebut. Ini menjadi tempat yang tepat untuk berinteraksi dengan warga setempat, yang ramah dan bersahabat. 

Setelah puas mengeksporasi kota Jambi yang bisa diselesaikan dalam waktu 1-2 hari, destinasi-destinasi wisata di sekitar dan luar kota Jambi biasanya menjadi tujuan berikutnya. Salah satunya adalah kompleks candi di Muaro Jambi yang merupakan atraksi terbesar para wisatawan untuk datang ke kota ini. Peninggalan arkeologi di situs Muaro Jambi memberikan pengetahuan soal sejarah perkembangan agama Buddha di Jambi terkait dengan Kerajaan Sriwijaya. 

Ada pula kawasan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh bagi mereka yang menyukai wisata alam. Ada beberapa objek wisata yang menarik untuk dikunjungi, seperti Puputan Keling (panorama alam dan pengamatan satwa/tumbuhan), goa Pintu Tujuh, air terjun Tembelung Berasap, Dusun Lemang dan Siamang (suku tradisional Melayu), dan jika beruntung bisa berkunjung

Selain itu, Pulau Berhala dan Pulau Penyu yang berada di lepas pantai timur Jambi selalu masuk dalam daftar yang mesti dikunjungi. Mereka yang berjiwa petualang pastinya akan mengekplorasi Gunung Kerinci, yang kaya akan wisata-wisata alamnya. Untuk mencapai wilayah ini, mereka harus melakukan perjalanan darat sekitar 10 jam ke arah barat dari kota Jambi.

Destinasi Wisata

Jembatan Gentala Arasy

Jembatan ini menjadi ikon Kota Jambi. Menghubungkan kota Jambi dengan kawasan Jambi Seberang, pemandangan yang sangat indah dengan latar belakang air sungai Batanghari yang tenang. Sejak diresmikan pada 2015, Jembatan Gentala Arasy yang diperuntukkan untuk pejalan kaki ini menjadi lokasi favorit baru bagi warga Jambi maupun para wisatawan. Sore hingga malam hari, lokasi ini banyak dikunjungi oleh mereka yang ingin menikmati sunset hingga melakukan wisata kuliner. Di ujung jembatan, Jambi Seberang, terdapat Museum Menara Gentala Arasy setinggi 80 meter dan tempat hiburan lainnya. 

Kompleks Candi Muaro Jambi

Muaro Jambi adalah sebuah kompleks percandian agama Hindu-Buddha yang disebut-sebut terluas di Asia Tenggara. Dengan luas 3.981 hektare, situs purbakala ini diperkirakan merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu. Namun, hingga saat ini masih banyak candi yang belum dipugar. Kawasan ini bisa dijangkau dalam waktu 40 menit berkendara dari Kota Jambi. 

Pulau Berhala

Anda yang memiliki jiwa petualang pastinya tidak akan melewatkan kesempatan untuk datang ke Pulau Berhala ini. Pulau ini memiliki pasir putih, air jernih berwarna biru serta terumbu karang cantik di bawah laut karena belum banyak turis yang datang ke tempat ini. Satu hal lagi yang bisa dinikmati adalah pengunjung bisa menemui tempat pemeliharaan penyu di sekitar pulau ini. Perjalanan ke pulau ini memakan waktu hampir setengah hari melalui darat (3 jam) lalu dilanjutkan dengan perjalanan laut (2 jam). Namun, lamanya perjalanan ini akan terpuaskan ketika tiba di pulau yang menyodorkan keindahan yang luar biasa. 

Wisata di Gunung Kerinci

Gunung Kerinci dengan ketinggian 3.805 meter ini menawarkan wisata alam berupa air terjun (Telun Berasap dan Pancaro Rayo), danau (Kerinci dan Gunung Tujuh), gunung, taman nasional (Seblat) dan agrowisata (kebun teh Kayu Aro). Namun, perjalanan menuju ke Gunung Kerinci membutuhkan waktu lebih dari 10 jam (418 km) dari kota Jambi. Ada baiknya menyiapkan 2-3 hari untuk berpetualang di sekitar Gunung Kerinci ini. 

Kuliner Lokal

Gulai Tepek Ikan

Makanan ini berbahan dasar ikan yang dimasak dengan bumbu gulai. Biasanya ikan yang dipakai adalah ikan gabus atau ikan tenggiri. Berbeda dengan gulai ikan umumnya yang langsung memasak ikan dengan bumbu gulai, gulai ini merebus ikan yang telah dipipihkan dan dicampur dengan sagu dan bawang putih, sehingga sekilas mirip dengan makanan pempek. Kuah gulai tepek ikan terbuat dari santan, bumbu rempah, cabai, dan irisan buah nanas yang membuat rasanya jadi beragam, dan mengundang selera. 

Daging Masak Hitam

Daging masak itam mirip dengan semur, memiliki rasa manis dan gurih serta berkuah hitam pekat. Namun, kuah daging masak itam lebih kental. Daging diolah sampai bumbu meresap dan bertekstur empuk. Daging masak hitam ini merupakan makanan favorit di Jambi khusus penyuka daging.

A D V E R T I S E   W I T H   U S

For more information to learn about our advertising opportunities, please complete the following form:

FIND OUT MORE