AUTHOR

OBGOLF

25 August 2021

Kota Harmonisasi Barat & Timur

Berkunjung ke Samarkand membawa imajinasi pengunjung ke masa lalu, ketika salah satu kota di Uzbekistan ini (bersama Bukhara) menjadi kota perlintasan perdagangan jalur sutera yang kemudian mewariskan pusat pendidikan Islam yang indah. Samarkand tidak hanya menjadi kota yang mempertahankan aura masa lalu, tetapi juga menjadi kota yang menatap masa depan.

For lust of knowing what should not be known, we take the golden road to Samarkand”

(Atas keinginan kuat {untuk} mengetahui apa yang seharusnya tidak diketahui, kami mengambil jalan emas ke Samarkand)

James Elroy Flecker

Potongan bait terakhir  dari puisi  The Golden Journey To Samarkand” pada 1913 ini mengekspresikan romansa penyair Inggris tersebut terhadap kota itu. Meski James sebenarnya belum pernah sekali pun mengunjungi Samarkand, puisinya itu mampu membangkitkan rasa penasaran dan ketertarikan wisatawan untuk datang ke Kota Jalan Sutra ini.

Karena berada di lokasi yang strategis, kota yang dibangun pada abad ke-8 BCE (Sebelum Era Umum) ini langsung menjadi satu jalur perdagangan yang sangat penting, dikenal dengan jalan sutera, menghubungkan Barat dan Timur. Popularitas  Samarkand makin lengkap sejak abad 13 dan 14 Masehi ketika kota itu di bawah kekuasaan Dinasti Temurid, khususnya Kaisar Temir (Tamerlane) yang merupakan penguasa paling sukses dari dinasti tersebut. Di masanya, Samarkand yang merupakan kota kecil menjadi ibu kota kekaisaran.

Dinasti Temurid meninggalkan banyak warisan budaya, yang dikombinasikan dengan berbagai warisan budaya sebelum dinasti tersebut dan juga pasca-Dinasti Temurid hingga di bawah bendera negara Uni Soviet. Kekayaan warisan budaya-budaya ini menjadi daya tarik utama Samarkand hingga saat ini. Bangunan-bangunan bergaya Soviet dan Persia seakan menggabungkan harmonisasi barat dan timur di kota Asia Tengah tersebut. Ini pun terpancar pada masyarakat Samarkand yang dinamis, dingin tetapi ramah. Mereka tetap bergaya ala Barat (Eropa) tetapi juga tidak meninggalkan jati diri orang Timur (Asia).

Kota modern Samarkand saat ini terbagi dalam dua atmosfer: kota tua dan kota baru, yang mulai dikembangkan saat Kekaisaran Rusia (1868-1918) dan Uni Soviet (1922-1991). Kota tua menampilkan monument-monumen bersejarah, toko-toko, dan rumah private tua, sedangkan kota baru menyajikan bangunan-bangunan administratif dengan pusat-pusat kebudayaan dan institusi-institusi pendidikan.

Tempat Favorit

Registan

Berada di kawasan kota tua Samarkand, Registan adalah sebuah alun-alun yang awalnya memang diciptakan oleh Kaisar Timur untuk “jantung” kebudayaan wilayah itu. Namun, putranya juga mengembangkan Registan sebagai pusat studi. Alun-alun itu diapit tiga bangunan madrasah, Ulugbek (di kiri alun-alun), Sher Dor (kanan), dan Tilla Kari, yang masing-masing memiliki fungsi bangunan sendiri-sendiri dengan desain eksterior-interior yang indah dan unik.

Taman Makam Shah-I-Zinda

Shah-I Zinda (yang berarti makam raja yang hidup) sebenarnya adalah kompleks pemakaman. Namun, tempat yang suci ini menjadi satu lokasi yang banyak dikunjungi karena tertata dengan bangunan-bangunan mosaik pirus dan terakota yang  indah. Beberapa makam adalah tempat peristirahatan dinasti Timurid dan kerabatnya, serta beberapa tokoh penting lainnya di dinasti tersebut.

Observatorium Ulugh Beg

Ulugh Beg merupakan satu dari observatorium terbaik dunia dalam dunia Islam. Observatorium dibangun astronom Ulugh Beg, cucu Kaisar Tamerlane, dari Dinasti Timurid pada 1420-an.

Pabrik Anggur Hovrenko

Bagi non-muslim, ada satu tempat yang bisa dikunjungi, yaitu pabrik anggur Hovrenko. Meski vodka merupakan minuman paling populer di Uzbekistan, Samarkand ternyata memiliki produsen anggur yang ngetop. Berjarak 4,5 km dari pusat kota Samarkand, pabrik ini menyediakan minuman anggur, cognac, dan balsam, yang dikombinasikan dengan minyak jeruk dan rempah-rempah. Jika datang saat low season, Anda akan sangat menikmati kunjungan di sini tanpa perlu melakukan booking terlebih dahulu.

 

A D V E R T I S E   W I T H   U S

For more information to learn about our advertising opportunities, please complete the following form:

FIND OUT MORE