AUTHOR

OBGOLF

13 December 2020

Destinasi Bali

Bali berada di antara Pulau Jawa bagian timur dan Pulau Lombok bagian barat. Provinsi yang sering disebut “Pulau Dewata” ini menjadi destinasi paling dituju para wisatawan lokal dan mancanegara. Selain itu, sebagai tempat transit untuk penerbangan ke dan dari Australia maupun Selandia Baru, Bali pun menjadi persinggahan favorit. Tidak mengherankan jika banyak wisatawan mancanegara memilih untuk berhenti sejenak di pulau yang indah selama beberapa hari sebelum melanjutkan penerbangan ke tujuan utamanya.

Keindahan lokasi wisata biasanya menjadi daya tarik kuat bagi para wisatawan untuk datang berkunjung. Namun, Bali lebih dari sekadar indah. Keindahan Bali berpadu dengan kekuatan budaya lokal yang dipengaruhi agama Hindu sebagai religi paling dominan di Bali. Kepercayaan yang kuat terhadap ajaran agama paling tua di dunia ini mempengaruhi gaya hidup sebagian besar penduduk di Pulau Bali. Kelebihan ini membuat Bali terlihat unik jika dibandingkan pulau-pulau lain di Indonesia. Pulau seluas 5.782 km2 ini menyodorkan sesuatu yang berbeda: budaya spiritual yang kuat dengan atmosfer mistis.

Pusat wisata Bali berada di selatan pulau ini. Awalnya Kuta menjadi destinasi yang paling banyak dikunjungi, kemudian merembet ke Legian, Seminyak, Nusa Dua hingga Ubud. Kini, Pecatu yang disebut-sebut “Kuta baru” pun masuk dalam destinasi yang tidak boleh dilewatkan para wisatawan.

Bali menawarkan berbagai lokasi wisata alam. Khusus di selatan, Pulau Dewata ini kaya akan pantai-pantai dengan pasir-pasirnya yang indah, berpadu dengan kehangatan air dari Samudera Hindia. Tidak hanya itu, sebagai bagian dari Segitiga Terumbu Karang, kawasan dengan keanekaragaman hayati spesies laut tertinggi, Bali memiliki lebih dari 500 spesies karang pembentuk terumbu di daerah yang menjadi rumah bagi ribuan makhluk laut. Beberapa tempat di Bali bahkan menjadi lokasi penyelaman dengan daya tarik tersendiri. Pulau ini juga merupakan destinasi selancar terkenal di dunia dengan beberapa lokasi surfing terkenal di dunia.

Bosan dengan suasana pantai? Anda bisa memilih berbagai pura dan istana kuno, daerah persawahan, atau gunung berapi aktif dan hutan liar sebagai pilihan atraksi-atraksi lain yang ditawarkan pulau ini. Bagi wisatawan yang hobi golf, ada tiga pilihan lapangan golf dengan tantangan dan kekhasan masing-masing, yaitu Bali National Golf Club, New Kuta Golf Pecatu, dan Bali Handara Golf Resort di Bedugul.

Waktu Tepat ke Bali

Seperti halnya daerah-daerah lain di Indonesia, Bali pun hanya memiliki dua musim: kemarau dan hujan. Musim kemarau berlangsung dari April ke Oktober, sedangkan musim hujan terjadi pada November hingga Maret. Selain itu, hal lain yang perlu dipertimbangkan adalh waktu yang tepat ke Bali. Pulau Dewata akan mengalami high season pada Juli dan Agustus, atau saat libur panjang seperti Tahun Baru China dan Natal. Jika bisa bertandang di luar waktu-waktu itu, Bali sedikit lebih lengang dari keramaian dan tarif hotel pun akan lebih murah.

Berbagai Apresiasi untuk Bali

Keindahan Bali memang telah diakui dunia. Menyandang berbagai julukan “Pulau Kedamaian”, the Morning of the World, dan “Pulau Cinta”, Bali menyabet berbagai penghargaan: “the World’s Best Island” pada 2009 dari Travel & Leisure Magazine, peringkat kedua di dunia dalam the Best of Travel 2010 dari situs pariwisata populer Lonely Planet, dan Pulau Terbaik Sedunia versi DestinAsian Reader Choice Award, dari 2006-2017.

BBC Travel pun pernah menempatkan Bali sebagai pulau kedua terbaik dari lima pulau top di dunia pada 2011. Media ternama asal Inggris itu menggambarkan Bali dengan menyebutkan, “Dikelilingi oleh air hangat Samudera Hindia, Bali adalah salah satu dari 17.500 pulau di kepulauan Indonesia. Banyak pulau lain yang penuh warna, bahkan setelah beberapa dekade pembangunan pariwisata. Namun, Bali tetap subur dan memiliki keindahan yang tak tertandingi.”

Dari lima pulau terbaik di dunia itu, Pulau Santorini, Yunani, berada di posisi pertama; Cape Breton, Kanada, di posisi ketiga; posisi keempat untuk Boracay, Filipina; dan the Great Barrier Reef, Australia, di posisi kelima.

Situs penyedia berbagai informasi tentang turisme yang berbasis di Amerika Serikat, TripAdvisor,  pun tidak ketinggalan memberikan penghargaan The World’s Best Destination kepada Bali dalam ajang TripAdvisor Travellers’ Choice Award 2017. Melalui Family Travel Australia, perusahaan media Australia, Bound Round, memberikan tiga penghargaan sekaligus yang menempatkan Bali sebagai destinasi pilihan utama keluarga Australia pada 2018. Tahun lalu, Bali lagi-lagi meraih penghargaan sebagai Destination of the Year dalam TTG Travel Awards 2019.

 

 

A D V E R T I S E   W I T H   U S

For more information to learn about our advertising opportunities, please complete the following form:

FIND OUT MORE