AUTHOR

OBGOLF

11 February 2021

5 WISATA SUPER-PRIORITAS

Pemerintah, melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), berencana akan menggenjot pengembangan Lima Destinasi Super-Prioritas. Kelima Destinasi Super-Prioritas tersebut adalah Danau Toba, Likupang, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo.

"Pengembangan tersebut mencakup infrastruktur, kesiapan sumber daya masyarakat, hingga Calendar of Event (festival) hingga setahun ke depan," jelas Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, seperti dikutip CNN Indonesia. Berikut profil lima Destinasi Super-Prioritas:

BOROBUDUR

Dikenal sebagai salah satu keajaiban dunia, Candi Borobudur merupakan sebuah situs arkeologi candi Buddha. Dibangun pada abad ke-9, Borobudur memiliki luas 123 X 123 meter dengan 2.672 panel relief dan 504 arca Buddha yang menghiasi setiap dinding candi. Satu stupa terbesar berada di tengah candi yang dikelilingi 72 stupa yang berukuran lebih kecil.

Borobudur memiliki bentuk bangunan yang berupa punden berundak-undak yang terdiri dari 10 tingkat. Kabarnya, setiap tingkatan melambangkan tahapan kehidupan manusia. Monumen dan kompleks stupa terbesar di dunia ini menjadi warisan budaya dunia yang diakui oleh UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization).

Pesona Borobudur ini telah dikenal di seluruh penjuru dunia. Meski kini muncul berbagai keajaiban dunia baru, Borobudur masih tetap menarik perhatian para wisatawan mancanegara, khususnya mereka yang tertarik dengan sejarah budaya dan arsitektur pada kompleks stupa ini.

LABUAN BAJO

Berlokasi di ujung paling barat Pulau Flores island, Labuan Bajo merupakan ibu kota Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Wilayah yang tadinya merupakan kampung nelayan ini menjadi pusat wisata bagi para pengunjung yang ingin mengeksplorasi pulau-pulau di sekitar Labuan Bajo untuk menyaksikan kadal raksasa yang dikenal dengan nama komodo. Labuan Bajo memang berada di wilayah Taman Nasional Komodo yang diakui sebagai Situs Warisan Dunia dan Cagar Biosfer ileh UNESCO sejak 1991.

Taman Nasional Komodo meliputi Pulau Komodo, Rinca, Padar, serta beberapa pulau kecil, dan Flores bagian barat, ditambah perairan di sekitarnya. Selain untuk melihat komodo, Labuan Bajo pun populer di kalangan para penyelam karena menyediakan beberapa lokasi yang cocok untuk menyelam.

DANAU TOBA

Danau Toba merupakan satu dari beberapa destinasi populer di Indonesia, khususnya di Sumatra Utara. Danau yang memiliki luas sebesar 1.707 km2 merupakan danau volkanik terbesar di Indonesia. Di tengah danau ini, terdapat sebuah pulau berpenduduk yang bernama Samosir. Dari Medan, danau ini bisa dijangkau dalam waktu 4 hingga 5 jam berkendara.

MANDALIKA

Mandalika menawarkan pesona wisata baru bagi para pengunjung yang datang ke Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Wisatawan dapat menikmati berbagai atraksi wisata, seperti, Pantai Kuta Mandalika, Tanjung Aan atau Pantai Sager, Monumen Putri Mandalika, Bukit Merese, serta Desa Adat Sade dan Desa Adat Ende, yang dihuni masyarakat Sasak, penghuni asli Pulau Lombok.

Kini, status Mandalika meningkat setelah daerah ini menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) sehingga Mandalika dan sekitarnya menjadi kawasan pariwisata unggulan di Pulau Lombok.

LIKUPANG

Bagi sebagian masyarakat, Likupang mungkin belum terlalu familiar. Wilayah ini berada di utara Provinsi Sulawesi Utara. Likupang menyodorkan destinasi ini dengan kekayaan alam yang memesona, dari berbagai pulau yang eksotik seperti Pulau Hilaga, Pantai Pulisan, Pantai Paal , hingga Ekowisata Bahoi.

Sejak ditetapkan sebagai KEK, Likupang mulai menarik perhatian para wisatawan. Mereka tentunya penasaran untuk mengeksplorasi potensi wisata bahari di sana. Panorama bawah laut dan pantai di kawasan wisata di Sulawesi Utara ini memang sangat menjanjikan sebagai salah satu “Bali” baru.  

A D V E R T I S E   W I T H   U S

For more information to learn about our advertising opportunities, please complete the following form:

FIND OUT MORE