AUTHOR

OBGOLF

14 April 2021

Putting yang Simpel

Putting adalah salah satu elemen di golf yang bebas. Kenapa bebas? Karena putting lebih bertumpu pada feeling, serta juga penting pada kenyamanan dan kepercayaan diri.

GRIP

Untuk grip, tidak ada satu grip putting yang standar. Tapi, yang paling dasar untuk grip, ada dua opsi: 1) right hand low (grip seperti pegang stik iron), atau 2) cross grip (jadi untuk pemain tangan kanan cross grip artinya tangan kiri di bawah tangan kanan). Saya memilih cross grip (FOTO GRIP 0475 dan 0476).

SET-UP

(foto 1A)

Ada beberapa hal yang penting untuk set-up: pertama lengan kiri kita satu garis dengan tangan (jadi bisa lihat di set-up tangan kiri saya tepat di atas bola). Kedua, posisi bola kira-kira berada sedikit sebelah kiri dari center.

Ketiga, kita harus menjaga posisi segitiga kedua tangan sama dada untuk memastikan ketika kita putting segitiga ini tidak “patah”.  Jika “patah”, itu artinya kita lebih banyak menggunakan tangan ketika putting. Saat putting, kita sebaiknya melakukannya dengan bahu/chest saja.

Keempat, kalau dilihat set-up dari side angle (foto 1B), kita juga harus memastikan mata kita di atas bola atau bisa sedikit ke dalam. Karena itu, mata kita satu garis dengan titik pertemuan antara shaft dan putter head. Kalau empat elemen ini bisa dilakukan secara konsisten setiap kali kita putting, itu akan membuat putting lebih simpel dan mudah.

BACKSWING & FOLLOW-THROUGH

(Foto 2A dan 2Bàbackswing; foto 3A dan 3Bàfollow-through)

Untuk mulai backswing, ada dua alur atau dua cara pada saat memulai back swing putting.

Pertama, swing path putting harus lurus ke belakang lalu lurus ke depan. Dengan kata lain permukaan putter tetap menghadap bola saat backswing, impact dan follow-through. Putting swing path ini biasa disebut square to square atau vertical plane.

Kedua, swing path dengan arc (busur, yang memiliki pola melengkung). Jadi, swing path lebih mengikuti chest. Pastikan, saat backswing, tangan/club tetap berada di posisi depan dada hingga through selesai. Dengan kata lain kepala putter melengkung ke belakang, sedikit dan ke dalam pada saat backswing dan follow-through. Sementara, putter face kembali di posisi yang sejajar saat posisi impact, seperti saat setup awal. Putting swing path ini biasa disebut dengan inside- square-inside atau inclined (arched) plane.

Demikian dua alur/cara untuk swing path putting. Tidak ada metode yang salah. Kita harus merasakan feeling sendiri yang mana lebih enak. Misalnya saya, saya sendiri lebih suka menggunakan cara kedua (swing path dengan arc) karena saya bisa mendapatkan feeling-nya dan bisa disesuaikan dengan swing nya juga.

 

A D V E R T I S E   W I T H   U S

For more information to learn about our advertising opportunities, please complete the following form:

FIND OUT MORE