AUTHOR

OBGOLF

30 August 2021

Rough Tebal? Siapa Takut

Usai men-drive dari tee, pegolf pasti berharap bolanya mendarat di fairway ataupun lie yang bagus. Sebisa mungkin pegolf biasanya menghindari area landing yang membuatnya harus berusaha lebih keras agar bola bisa segera mencapai green. Namun, kadang skenario pukulan itu tidak berjalan sesuai harapan. Salah satunya adalah bola jatuh di area rough.  Ketika mendarat di rough, perhatikan dahulu posisi bola: apakah bola itu nangkring di atas atau nancap/tertanam di dalam rough tebal. Kali ini, fokus berlatih adalah posisi bola kedua (yang nancap/tertanam di dalam rough).

Pemilihan club (FOTO 1)

Menghadapi kondisi begini, pemilihan club cukup penting agar bola bisa dikeluarkan dan terbang dengan jarak lebih jauh. Beberapa pegolf, umumnya amatir, memilih iron 4-5 dan berharap bisa mencapai green lebih dekat. Namun, kondisi bola yang menancap/tertanam di dalam rough memiliki spin lebih rendah. Karena itu, loft pada iron mesti diperhatikan. Untuk kondisi demikian, diperlukan loft yang lebih besar agar bisa mengeluarkan bola dari lie yang kurang bagus. Saya biasanya memilih iron 9 (maksimal, tapi memang tergantung

lie).

Posisi Bola (FOTO 2)

Saat setup, bola berada di antara dua kaki, dengan posisi lebih dekat ke kaki kanan (pegolf non-kidal). Posisi bola ini bisa membatasi jumlah rumput (di belakang bola) antara club face dan bola saat impact, yang bisa menghambat laju club face sehingga mengurangi launch dan akurasi.

Swing plan (FOTO 3A dan 3B)

Sebelum melakukan swing, ada dua hal yang mesti diperhatikan. Bola yang menancap ini membutuhkan swing yang cepat. Karena itu, lakukan swing dengan sudut (pukulan) yang lebih tajam agar mempercepat ayunan langsung ke  bola.

Jika swingnya terlalu shallow, pukulan akan mengenai rumput di belakang bola lebih dahulu sehingga--ketika mengenai bola--hasilnya tidak maksimal atau mungkin nggak maju sama sekali.

Yang kedua adalah posisi club face. Banyaknya/tebalnya rumput akan mengganggu laju club face. Karena itu, buka club face sedikit saat setup. Upaya ini dilakukan agar club face bisa langsung mengenai bola, tanpa terganggu oleh rumput.

Jadi, kalau nanti menghadapi bola yang jatuh di rough dan nancap, tetaplah tenang dan ingat untuk memilih club yang tepat, setup dan swing plan Anda. Jika bisa mengingat ini, Anda akan memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk melepaskan diri dari rough dan tidak kehilangan banyak pukulan di  setiap putaran. Selamat mencoba!

A D V E R T I S E   W I T H   U S

For more information to learn about our advertising opportunities, please complete the following form:

FIND OUT MORE