AUTHOR

OBGOLF

23 June 2021

Lolos dari Perangkap

Bunker yang didesain sebagai suatu halangan atau perangkap dalam permainan golf berada di fairway ataupun seputar green. Ketika pemain menemukan bolanya jatuh di bunker fairway, umumnya yang berhandicap besar—sudah khawatir duluan, tidak bisa mengeluarkan bola, dan memilih club panjang (loft-nya rendah). Ini sebenarnya bisa diatasi dengan berpikir jernih, menjauhkan diri dari kepanikan. 

Bunker fairway itu bisa bermacam-macam. Ada yang dangkal, ada pula yang dalam. Kali ini, saya akan menunjukkan cara untuk melakukan pukulan dari bunker fairway dengan bibir (bunker) yang tinggi.

Pemilihan Club

Setiap akan melakukan pukulan dari bunker fairway, Anda perlu memilih club yang tepat. Untuk bunker dengan bibir yang tinggi, pemilihan club menjadi hal yang sangat penting agar bola aman ketika keluar dari bunker. Menghadapi kondisi bunker seperti ini, club yang dipilih adalah yang memiliki loft tinggi agar bola bisa terbang tinggi. Nah, kali ini saya pilih iron 9 karena saya sudah paham dengan posisi bunker ini sehingga tahu bahwa bola saya bisa naik dari bibir bunker. Namun, jika Anda lebih cocok dengan pitching wedge atau wedge lain, silakan dilakukan. Jika banyak berlatih, tentunya tidak akan kesulitan mengeluarkan bola dari bunker setinggi itu.

Posisi Setup

Saat setup, tempatkan bola di tengah antara kedua kaki Anda, atau agak ke belakang sedikit (dari posisi tengah). Posisi ini memudahkan Anda untuk mendapatkan contact yang bersih. Jika posisi bola lebih ke dekat ke kaki kiri dalam Anda, bola akan terpukul tipis dan mungkin bisa mengenai bibir bunker. Lalu, grip club Anda lebih erat dari biasanya (menggunakan pukulan iron di fairway). Ini mencegah pasir “mengganggu” laju swing Anda (beberapa saat sebelum impact). 

Backswing

Sebelum backswing, posisi kuda-kuda (kaki) sedikit lebar dan kedua kaki sedikit terbenam di dalam pasir agar tubuh tetap kokoh saat melakukan gerakan. Ketika

backswing dilakukan, posisi tubuh tetap tegak. Jangan terlalu rendah atau miring ke kanan (untuk pegolf non-kidal), ini akan membuat posisi kaki dan stabilitas saat downswing hingga impact goyah sehingga hasil pukulan tidak maksimal atau bahkan miss kena bola.

Mendapatkan Clean Contact

Usaha terakhir adalah melakukan impact. Untuk ini, sebaiknya imajinasikan (seperti membuat garis lurus di antara dua kaki dan dari belakang bola di hadapan Anda), pastikan pukul bola terlebih dahulu, baru pasirnya. Jika sudah yakin, dan punya feeling dapat contact yang tepat, mulai melakukan pukulan.

A D V E R T I S E   W I T H   U S

For more information to learn about our advertising opportunities, please complete the following form:

FIND OUT MORE