AUTHOR

OBGOLF

18 August 2016

Golf untuk Kekuatan Mental

Ada banyak cara yang menyenangkan dan mudah untuk melatih peningkatan kekuatan mental kita. Salah satunya adalah dengan bermain golf.

Apa makna kekuatan mental? Mengapa kita harus memiliki kekuatan mental yang baik?

Kekuatan mental adalah kemampuan untuk mengatasi stres dan masalah dalam kehidupan. Jika kita memiliki kekuatan mental yang baik, kita bisa menghadapi tantangan dengan optimisme dan mampu memecahkan masalah dengan baik.  Kita tidak terintimidasi oleh masalah hidup dan tidak mudah stres dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Di samping itu, jika memiliki mental yang rendah, kita lebih rentan untuk memiliki gangguan mental.

Orang berpikir bahwa untuk memiliki kekuatan mental yang baik, kita perlu memiliki gen bagus (yang merupakan bawaan lahir), atau lahir di lingkungan yang sangat mendukung sehingga memiliki kemampuan untuk secara konsisten berpikir positif. Namun, ini tidak sepenuhnya benar. Siapa pun dapat memiliki kekuatan mental yang baik. Kekuatan mental adalah sesuatu yang kita kembangkan dengan berlatih.

Berolahraga membutuhkan motivasi, kemauan, dan semangat tempur yang merupakan unsur-unsur dasar untuk memiliki kekuatan mental yang baik. Golf adalah salah satu olahraga yang mencakup semua elemen tersebut dan juga kekuatan untuk mengurangi stres dan kecemasan.

Sebuah penelitian di University of Maryland, Amerika Serikat menemukan bahwa olahraga moderat seperti golf tidak hanya dapat mengurangi kecemasan, tetapi juga dapat membantu kita tetap tenang, bahkan setelah usai bermain golf.

Berikut beberapa alasan mengapa golf dapat melatih kekuatan mental:

1. Berlatih kesabaran

Kita tahu bahwa bermain golf membutuhkan kesabaran. Kesabaran dibutuhkan untuk menghadapi kesulitan hidup. Jika tidak sabar, kemungkinan kita akan menghadapi masalah secara impulsif, bereaksi tanpa memikirkan solusi terbaik sehingga menghasilkan lebih banyak masalah atau keputusan yang buruk. Hal yang sama berlaku dengan bermain golf, tanpa kesabaran, akan sangat sulit untuk mencapai tujuan dan bersaing dengan pegolf lain.

2. Menjadi fleksibel

Menjadi fleksibel berarti harus mengubah pikiran kita dan beradaptasi dengan situasi baru. Kadang kita bahkan harus merelakan harapan untuk sementara waktu untuk mencapai tujuan tertentu. Bermain golf membutuhkan strategi. Jika tidak berhasil, kita harus melepaskannya dan menyusun rencana baru.

3. Menjaga emosi positif

Mempertahankan emosi positif sangat penting dalam memecahkan masalah kehidupan. Berpikir positif mencegah kita dari stres atau tertekan. Ini diperlukan saat menangani masalah kecil atau besar. Dalam upaya menjaga atmosfer positif, pikiran pun harus positif.  Dalam bermain golf, mengontrol emosi dan tetap tenang dibutuhkan untuk mencapai target. Oleh karena itu, kita perlu melepaskan pikiran negative dan perasaan yang dapat mengacaukan permainan kita. Dengan bermain golf, kita secara tidak sadar melatih diri untuk tenang dalam situasi tekanan tinggi dan mencari cara baru untuk menjaga pikiran positif. Kita secara tidak sadar belajar untuk tidak membiarkan pikiran negative dan emosi mempengaruhi perilaku kita yang bisa saja membuat kita kalah bermain.

4. Motivasi Tinggi

Motivasi adalah akar untuk mencapai tujuan. Tanpa motivasi kita mudah menyerah tanpa menunjukkan potensi kita yang sebenarnya. Dengan bermain golf, kita belajar bila percobaan pertama tidak selalu berhasil. Konsisten, dan terus berusaha hingga mencapai target sebagai tujuan utama.

5. Fokus Meningkat

Fokus itu sangat penting dalam memecahkan masalah. Mencoba untuk mengabaikan situasi dan masalah lain yang tidak berhubungan, dapat membantu kita lebih fokus dalam menemukan solusi yang lebih obyektif. Ketika bermain golf, jika kita tidak focus, kesempatannya adalah salah perhitungan atau membuat pukulan buruk.

Setiap orang berkemampuan untuk memiliki kekuatan mental yang baik. Pilihannya ada pada kita, apakah mau terus berlatih atau membiarkan diri terbawa kerumitan masalah kehidupan. Jika kita bisa memilih untuk melatih kekuatan mental dalam permainan golf, mengapa tidak?

A D V E R T I S E   W I T H   U S

For more information to learn about our advertising opportunities, please complete the following form:

FIND OUT MORE