AUTHOR

OBGOLF

03 March 2017

Antara Golf, Bisnis, dan Karier Profesional

Sementara berlangsungnya Permata IGT Seri-2 di Padang Golf Modern pada akhir Februari lalu, OB Golf menyempatkan diri untuk mewawancarai salah seorang pemain profesional yang juga dikenal dengan seorang pebisnis yang juga ikut serta pada pertandingan lokal Indonesia ini. 

Berikut adalah obrolan seru OB Golf dengan Sujarwo (Pemain Golf Professional Indonesia). 

1.       Bagaimana awal cerita mulai belajar golf ?

Saya mulai belajar golf itu saat saya mulai mengerjakan proyek pekerjaan saya di Jepang. Saat itu saya hanya belajar saja dan tidak ditekuni secara serius sekitar 10 tahun. Lalu, saya mulai beranjak ke professional pada tahun 2009.

2.       Mengapa memilih olahraga golf ?

Karena olahraga golf ini masih terus dapat dimainkan sampai umur 65 tahun atau sekuatnya saja. Beda dengan olahraga sepakbola yang mulai terbatas karena umur.

3.       Lalu, di luar golf Bapak juga masih terus menjalankan usaha/bisnis sendiri. Bagaimana caranya membagi waktu dengan golf ?

Saya mempercayakannya kepada asisten saya untuk menangani bisnis. Tetapi saya tetap mengawasi  sehingga saya dapat leluasa untuk berlatih golf. Bahkan, ketika saya harus melakukan perjalanan bisnis, saya tetap membawa club-set saya untuk tetap berlatih saat kerjaan sudah selesai.

4.       Menurut Bapak, apakah ada korelasi antara olahraga golf ini dan pekerjaan Bapak?

Untuk pebisnis, keuntungannya ini pasti banyak, khususnya membangun jaringan dengan banyak pengusaha lain. Terkadang akhirnya saya banyak membuka peluang bisnis baru dengan teman-teman yang saya temui di lapangan golf. Dan yang terpenting adalah olahraga ini melatih kejujuran, yang tentu saja dapat diterapkan saat menjalankan usaha.

5.       Sebagai profesional, adakah target yang ingin diraih di tahun ini?

Saya ingin terus bermain baik sampai umur saya mencapai 50 tahun.

6.       Saat ini sudah mulai banyak pemain muda yang terlihat bakatnya. Apa yang Bapak harapkan dari para pemain muda di Indonesia ini?

Saya sangat antusias melihat perkembangan mereka. Saya ingin berpesan kepada rekan-rekan yang belum sampai di umur 25-27 tahun untuk tetap fokus berlatih golf dan mengembangkan permainan. Jangan sampai hilang fokus, apalagi sampai terpengaruh dengan hal-hal buruk yang lain.

7.       Apa harapan Bapak terhadap golf di Indonesia untuk ranah internasional ?

Saya sangat positif terhadap perkembangan para pemain Indonesia saat ini. Keahlian mereka sudah tidak bisa diremehkan lagi, mereka terus berkembang dan mampu bersaing dengan pemain pemain dari luar negeri lainnya. Mudah-mudahan, dengan banyaknya turnamen local dan juga dukungan dari sponsor, dapat membantu mereka untuk terus berkembang dan meningkatkan permainan mereka.(end)

A D V E R T I S E   W I T H   U S

For more information to learn about our advertising opportunities, please complete the following form:

FIND OUT MORE